Home Global Enam Laptop Terbaik 2022 Versi IDC dan Gartner

Enam Laptop Terbaik 2022 Versi IDC dan Gartner

26 min read
0
0
15

SURABAYA (MPN) – Banyaknya merk laptop, kadang membuat orang bingung menentukan pilihan. Laptop apa yang paling cocok, laptop apa yang menjadi pilihan terbaik saat ini? Nah, artikel ini mungkin bisa jadi referensi awal untuk memandu Anda memilih laptop.

Berdasar data riset International Data Corporation (IDC), total unit pengiriman laptop dan PC yang dikapalkan pada kuartal 2 (Q2) tahun 2022 turun hingga 15.3% dibanding Q2 tahun 2021. Total unit yang dihitung termasuk: PC, laptop, Chromebook, dan workstation.

Merk PC terbaik di Q2 2022 versi IDC

Pada tahun 2022, permintaan unit PC dan laptop menurun karena pandemi dan tantangan geopolitik. PC jenis Chromebook yang banyak digunakan di lingkungan pendidikan pertumbuhannya melambat di awal tahun 2022. Namun begitu, semua permintaan PC komersial tetap kuat. Permintaan PC untuk segmen komersial pada kuartal selanjutnya diprediksi akan meningkat.

Penjualan PC tradisional pada Q2 2022 mencapai 71.3 juta unit. Penurunan penjualan PC pada 2022 disebabkan oleh ketidakseimbangan suplai dan permintaan. Lockdown di China akibat melonjaknya kasus Covid 19 membuat kondisi perekonomian kurang stabil.

Berikut ini daftar merk laptop dan PC terbaik di tahun 2022 versi IDC:

Merk Laptop Terbaik di Q2 Tahun 2022

Berikut ini daftar merk laptop terbaik di Q2 2022.

  1. Lenovo. Market Share 24.6%
  2. HP. Market Share 18.9%
  3. Dell. Market Share 18.5%
  4. Acer. Market Share 6.9%
  5. Apple. Market Share 6.7%
  6. ASUS. Market Share 6.6%.
Merk laptop terbaik di Q2 2022 versi IDC

Pada Q2 tahun 2022, peringkat pertama merk laptop terbaik masih dipegang oleh Lenovo dengan pangsa pasar 24.6%. Di posisi kedua dan seterusnya ada HP, Dell, dan Acer. Sedangkan HP dan ASUS adalah brand laptop terbaik yang mengalami penurunan pertumbuhan paling besar dibanding periode waktu yang sama di 2021.

Merk Laptop Terlaris 2022 Versi Gartner

Pengiriman PC dan laptop di seluruh dunia mencapai 72 juta unit pada Q2 tahun 2022. Pengiriman turun 12.6% dibanding kuartal kedua tahun 2021. Menurut data yang dirilis Gartner penurunan pada Q2 2022 disebabkan oleh berbagai faktor, seperti: tantangan geopolitik, ekonomi, dan rantai pasokan yang tidak seimbang pada semua pasar regional.

Penurunan permintaan PC dan laptop di Q2 2022 juga disebabkan oleh invasi Rusia dan Ukraina, tekanan inflasi pada pengeluaran, dan penurunan tajam pada permintaan Chromebook. Selain itu, keterlambatan pengiriman PC dan kekurangan komponen menjadi gangguan logistik.

Ditambah lagi banyak tempat usaha yang tidak lagi memberlakukan WFH, sehingga permintaan laptop dan PC untuk kelas konsumen mulai menurun. Orang-orang sudah kembali ke kantor dan menggunakan PC dan laptop yang sudah disediakan perusahaan. Berikut data perbandingan merk laptop dan PC paling laris di tahun 2022 versi Gartner:

Merk Laptop Terlaris di Q2 Tahun 2022 Versi Gartner

Berikut ini daftar merk laptop terlaris di Q2 tahun 2022.

  1. Lenovo. Market Share 24.8%
  2. HP. Market Share 18.8%
  3. Dell. Market Share 18.5%
  4. Apple. Market Share 8.8%
  5. Acer. Market Share 7.1%
  6. ASUS. Market Share 6.6%.
Merk laptop terlaris di Q2 2022 versi Gartner

Data Gartner Inc. adalah total unit PC yang terdiri dari: desktop, laptop, ultrabook, dan Chromebook. Data tidak termasuk iPad. Dibanding Q2 2021, pertumbuhan Apple adalah yang paling tinggi yaitu sebesar 9.3%. Sedangkan merk laptop yang lainnya mengalami penurunan pangsa pasar. Secara total, market share laptop dan PC terbaik di Q2 2022 turun sebesar 12.6%.

Merk Laptop dan PC Terbaik 2022 Menurut Canalys

Sama seperti data IDC dan Gartner, data dari Canalys juga menunjukan penurunan tajam penjualan laptop dan PC. Lockdown di Cina akibat lonjakan Covid 19 menghambat manufaktur laptop dan PC dunia. Data total dari Canalys menunjukan total pengiriman laptop dan PC Desktop turun 15%. Ini merupakan penurunan paling tajam dibanding Q1 2020 yang memiliki gangguan serupa.

Merk laptop dan PC terbaik Q2 2022 versi Canalys

Ditambah lagi, permintaan konsumen juga turun karena inflasi dan kondisi ekonomi yang tidak menentu di banyak negara. Pengiriman laptop turun sampai 18.6% pada Q2 2022. Sebaliknya, PC Desktop sedikit lebih baik karena mendapat kenaikan penjualan sebesar 0.6% karena tingginya permintaan komersial premium. Hingga beberapa waktu ke depan segmen komersial premium tetap jadi andalan penjualan PC Desktop.

Berikut ini data penjualan PC, laptop, dan tablet pada Q1 tahun 2022:

Merk Laptop dan PC Terbaik di 2022 Versi Canalys

Berikut ini daftar merk laptop dan PC terbaik di Q2 tahun 2022 menurut Canalys.

  1. Lenovo. Market Share 25%
  2. HP. Market Share 19.2%
  3. Dell. Market Share 18.9%
  4. Acer. Market Share 7.3%
  5. Asus. Market Share 6.7%.
Merk laptop dan PC paling laris Q2 2022 versi Canalys

Lenovo menduduki peringkat pertama merk laptop terbaik di 2022 meskipun jumlah pengirimannya turun hingga 12% dibanding Q2 2021. HP jadi merk laptop dan PC yang mengalami penurunan paling besar, yakni hingga -27.5%. Posisi Acer lumayan rentan karena memiliki penurunan cukup besar sebesar 18.5%. Sementara itu, Dell dan Asus juga mengalami penurunan tapi tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar 5%.

Merk Laptop dan PC Terbaik di Tahun 2022

Untuk pengguna pribadi atau bisnis, 5 merk laptop terbaik ditempati oleh: Lenovo, HP, Dell, Apple, dan Acer. Kelima merk laptop tersebut punya kualitas terbaik. Layanan After Sales-nya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

1. Lenovo

Lenovo (Lenovo Group Limited) adalah produsen PC terbesar asal Beijing, Tiongkok. Pada tahun 2004, Lenovo jadi produsen PC urutan ke-8 di dunia. Performa bisnisnya terus meningkat hingga kini Lenovo jadi produsen laptop nomor 1 di tahun 2021.

Selain menjual laptop dan desktop PC, Lenovo juga menjual server, smartphone, tablet, dan aksesoris komputer. Kesuksesan Lenovo tidak lepas dari usahanya mengambil alih divisi PC IBM asal Amerika Serikat pada tahun 2004. Setelah akuisisi IBM, peringkat Lenovo sebagai produsen PC terbesar langsung naik pesat.

Lenovo punya 5 seri laptop yang ditargetkan untuk segmen yang berbeda-beda. Berikut ini seri laptop Lenovo dan kelebihannya:

Seri Laptop Lenovo

  • Thinkpad. Performa premium untuk konsumen bisnis
  • Lenovo seri V. Desain inovatif dan performa responsif untuk karyawan
  • Ideapad. Laptop tipis, performa kencang untuk anak muda dan profesional
  • Yoga. Seri laptop 2 in 1 untuk pengguna profesional
  • Legion. Laptop untuk gaming.

2. HP

HP (Hewlett-Packard) adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. HP dibangun pertama kali oleh Bill Hewlett dan Dave Packard. HP bermarkas pusat di California, Amerika Serikat. Selain memproduksi PC dan laptop, HP juga memproduksi peralatan kantor seperti: server, printer, scanner, dan aksesoris komputer.

IBM adalah pesaing terdekat HP. Semenjak HP diakuisisi oleh Lenovo, laptop dan PC HP jadi ikut bersaing dengan Lenovo. HP punya image yang kuat dari sisi produk yang bagus untuk bisnis. Tampilan produk dibuat minimalis dan lebih mengedepankan fitur.

HP punya 9 seri laptop untuk segmen yang berbeda-beda. Berikut seri laptop HP dan kelebihannya:

Seri Laptop HP

  • Spectre. Laptop dengan teknologi terbaru untuk profesional
  • Envy. Memudahkan Anda bekerja di perjalanan
  • Pavilion. Cocok untuk kerja dan nikmati hiburan
  • HP Laptop. Harga lebih terjangkau untuk sekolah, kuliah, dan kerja
  • Omen. Laptop untuk gaming
  • ZBook. Laptop untuk content creator yang bagus untuk editing
  • Elite. Punya baterai besar dan fast charging
  • ProBook. Memiliki keamanan tinggi dan desain elegan
  • Thin Clients. Laptop dengan proteksi keamanan berlapis.

3. Dell

Dell adalah perusahaan teknologi berbasis di Texas, Amerika Serikat. Sebagian pasar Dell ada di produk laptop dan desktop PC. Sisanya ada di Server, storage, switch, dan perangkat komputer untuk enterprise.

Pada 2005, Dell menjadi perusahaan paling terpadang dan membanggakan berdasarkan majalah Fortune. Menurut sejarah bisnis perusahaan, Dell kerap memasarkan unit baru dengan biaya seminimal mungkin. Ini membuat banyak produknya terkesan kurang inovatif. Karena alih-alih berinovasi, Dell lebih fokus mengurangi biaya.

Dell punya 5 seri laptop dengan segmentasi yang berbeda. Berikut seri laptop Dell dan kelebihannya:

Seri Laptop Dell

  • Inspiron. Cocok untuk penggunaan di rumah dan kantor
  • Vostro. Cocok untuk Anda yang punya mobilitas tinggi
  • G Series. Seri laptop gaming dari Dell
  • XPS. Laptop untuk pekerja kreatif dan content creator
  • Alienware. Laptop performa tinggi untuk gaming.

4. Apple

MacBook adalah laptop buatan Apple yang menarik banyak perhatian. Berbeda dari laptop lainnya, MacBook bekerja dengan sistem operasi macOS. Sistem operasi buatan Apple membuat sinkronisasi antar perangkat dan OS berjalan lancar.

MacBook banyak disanjung karena performanya. Dibanding Windows, performa MacBook dengan macOS memang lebih stabil. Laptop Apple juga sangat bagus untuk mengolah konten multimedia, desain grafis, atau merancang program atau website.

Seri Laptop Apple

  • MacBook Air. Ukuran lebih tipis dan ringan
  • MacBook Pro. Performa lebih powerful untuk olah konten multimedia.

5. Acer

Acer adalah merk laptop 5 besar terbaik di dunia. Acer punya banyak varian laptop dan PC. Selain punya produk komputer, Acer juga punya produk server, storage, monitor, dan perangkat peripheral lainnya. Produk Acer cocok untuk penggunaan pribadi, bisnis, dan pendidikan.

Acer berkantor pusat di Taipei, Taiwan. Perusahaan ini didirikan pada 1976 oleh JT Wang. Acer pertama kali diperkenalkan dengan nama Multitech. Baru pada 1987, diganti namanya jadi Acer.

Seri Laptop Acer

  • Swift. Laptop stylish ultra tipis cocok untuk mobile
  • Spin. Laptop 2 in 1 dengan desain dan performa menawan
  • Aspire. Cocok untuk sekolah, kuliah, dan kerja
  • Nitro. Varian laptop untuk gaming.

Daftar Laptop Terbaik di Tahun 2022

Merk laptop terbaik di tahun 2022 ditempati oleh: Lenovo, HP, Dell, Apple, Acer, dan Asus. Setiap merk laptop punya produk unggulannya masing-masing. Berikut ini rekomendasi laptop yang bagus dari merk laptop terbaik versi IDC, Gartner, dan Canalys.

1. Lenovo Yoga 9i

Laptop terbaik 2022 Lenovo

Meskipun memiliki bodi tipis, Lenovo Yoga 9i adalah salah satu laptop terbaik untuk multimedia. Laptop dengan layar 14 inci ini memiliki soundbar di engsel putarnya. Ini berarti Anda bisa mendengar suara dengan jelas dari berbagai mode laptop. Laptop 2 in 1 terbaik dari Lenovo ini dapat Anda gunakan dalam mode laptop, tent, stand, atau tablet.

Lenovo Yoga 9i diperkuat prosesor Intel Core generasi ke-11, grafis Intel Iris Xe bawaan, memori RAM 16GB LPDDR Dual Channel, dan storage SSD PCIe 1TB. Keunggulan lainnya adalah memiliki layar sentuh beresolusi UHD atau FHD (sesuai model). Layarnya didukung Dolby Vision dan 90% DCI-P3. Daya tahan baterainya mencapai 10 jam (diukur MobileMark 2014).

Spesifikasi Laptop Terbaik Lenovo Yoga 9i

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: Intel Core 11th Gen, Intel Core i7-1185G7
  • Grafis: Integrated Intel Iris Xe
  • Memori: 16GB LPDDR Dual Channel
  • Storage: SSD PCIe 1TB
  • Layar: 14 inci UHD (3840 x 2160 piksel), Dolby Vision, DCI-P3 90%
  • Audio: Rotating Sound Bar dengan Dolby Atmos Speaker System
  • Konektivitas: up to WiFi 6 (2×2 802.11ax) dan Bluetooth 5.0
  • Port: USB Type A Gen 2, USB Type C Gen 1, dan Headphone Jack Combo.

2. HP Envy x360 Convert 13

Laptop terbaik 2022 HP

HP Envy x360 Convert 13 adalah laptop 2 in 1 terbaik dari HP yang memiliki kemampuan grafis baik dan baterai tahan lama. Harga laptop HP ini juga tidak terlalu mahal jika dibanding laptop kelas premium lainnya. Laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 5000 Series terbaru, RAM 16GB, dan storage PCIe SSD 1 TB. AMD Radeon bisa mengolah konten grafis dengan lancar.

HP Envy x360 Convert 13 memiliki layar 13 inci dengan resolusi tinggi. Bezel super tipis membuat layarnya lebih besar. Engsel layar fleksibel bisa diputar 360 derajat dan digunakan dalam 4 mode berbeda. Kamera web sudah dilengkapi Shutter untuk keamanan saat tidak digunakan, dan tombol khusus untuk mute microphone.

Spesifikasi Laptop Terbaik HP Envy x360 Convert 13

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: AMD Ryzen 7 5800U clock up to 4.4 GHz
  • Grafis: AMD Radeon Graphics
  • Memori: 16GB DDR4-3200 MHz
  • Storage: SSD PCIe 1TB
  • Layar: 13.3 inci FHD (1920 x 1080 piksel), IPS Multi Touch, 100% sRGB
  • Audio: Dual Speaker, Audio by Bang & Olufsen
  • Konektivitas: up to WiFi 6 (2×2 802.11ax) dan Bluetooth 5.2
  • Port: USB SuperSpeed Type C 10 Gbps, USB type C 5 Gbps, dan Headphone Jack Combo.

3. Dell XPS 13

Laptop terbaik 2022 Dell

Dell XPS 13 adalah salah rekomendasi terbaik untuk karyawan dan mahasiswa. Laptop ini memiliki sasis elegan dan layar berasio 16:10. Ukuran rasio layar yang memanjakan Anda yang sering mengolah data di spreadsheet atau membuat karya tulis. Dapur pacu Intel Core generasi ke-11 dengan RAM LPDDR4x menjanjikan performa handal saat bekerja dengan banyak aplikasi.

Dengan layar 13.4 inci dan berat mulai dari 1.27 kg membuatnya ideal dibawa ke mana saja. Anda tidak kesulitan untuk membawanya bekerja di kafe, perpustakaan, atau di perjalanan ke luar kota. Tersedia opsi port Thunderbolt untuk memudahkan Anda transfer data dengan cepat.

Spesifikasi Laptop Terbaik Dell XPS 13

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: Intel Core 11th Gen, i5-1135G7 clock up to 4.2 GHz
  • Grafis: Intel Iris Xe Graphics
  • Memori: 8GB LPDDR4x-4267 MHz
  • Storage: SSD PCIe 512 GB
  • Layar: 13.4 inci FHD (1920 x 1080 piksel), 500 nits, InfinityEdge
  • Audio: Stereo Speaker with Waves MaxxAudio Pro
  • Konektivitas: up to WiFi 6 (2×2 802.11ax) dan Bluetooth 5.1
  • Port: USB Type A, USB Type C Thunderbolt Port, dan Headphone Jack Combo.

4. Apple MacBook Air (M2)

Laptop terbaik 2022 Apple MacBook

MacBook Air terbaru dengan prosesor M2 Apple adalah rekomendasi terbaik untuk semua kebutuhan. Chip terbaru M2 memiliki 8 core dan GPU 8 core serta memori 8GB. Meskipun tidak sekuat chip M1 Pro atau M1 Max, namun Anda masih bisa mengandalkan MacBook Air untuk kerja kantor yang berat atau multitasking yang intens.

MacBook Air sangat direkomendasikan untuk Anda yang senang bekerja mobile. Karena tipis dan ringan, Anda bisa bekerja di mana saja, bahkan di tengah perjalanan keluar kota. Daya tahan baterai hingga 18 jam jadi alasan utama kenapa banyak orang suka bekerja dengan MacBook.

Spesifikasi Laptop Terbaik Apple MacBook Air (M2)

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: Apple M2 Chip, 8 Core CPU , 16 Core Neural Engine
  • Grafis: 8 Core GPU
  • Memori: 8GB
  • Storage: SSD 256 GB
  • Layar: 13.6 inci 2560 x 1664 piksel, 500 nits, Wide Color P3
  • Audio: 4 Speaker Sound System, Wide Stereo Sound
  • Konektivitas: up to WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0
  • Port: USB Type C (Thunderbolt), MagSafe 3, dan Headphone Jack 3.5 mm.

5. Asus ROG Zephyrus G15 (2022)

Laptop terbaik 2022 Asus

Asus ROG Zephyrus G15 adalah laptop gaming 15 inci paling ringan yang pernah ada. Meskipun ringan, Anda tetap bisa memainkan game AAA terberat pada resolusi QHD. Laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series terbaru dan VGA diskrit NVIDIA GeForce seri RTX 30. Laptop ini dibekali MUX Switch untuk hadirkan performa maksimal saat gaming.

Layar WQHD dengan refresh rate 165 Hz dan waktu respon 3ms sudah divalidasi dengan PANTONE. Cakupan DCI-P3 100% dan Dolby Vision membuat visual game lebih nyata. Laptop ini juga dibekali 6 speaker Dolby Atmos dan teknologi Noise Cancelling dua arah. Baterai 90Wh yang tahan lama dapat diisi ulang dengan USB Type C. Fitur Fast Charging bisa mengisi baterai 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Spesifikasi Laptop Terbaik Asus ROG Zephyrus G15 (2022)

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: AMD Ryzen 7 6800HS, 8-Core/16 Thread up to 4.7  GHz
  • Grafis: NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti
  • Memori: 16GB DDR5
  • Storage: SSD 1 TB PCIe NVMe
  • Layar: 15.6 inci WQHD (2560 x 1440 piksel), 165 Hz/3ms, DCI-P3 100%
  • Audio: 4 Speaker Sound System, Dolby Atmos, AI Noise Cancelling
  • Konektivitas: up to WiFi 6E (802.11ax) dan Bluetooth 5.2
  • Port: USB Type A Gen 3.2, LAN, USB 3.2 Type C, DisplayPort.

6. Acer Swift 3 (2022)

Laptop terbaik 2022 Acer

Acer Swift 3 (2022) adalah laptop yang bagus untuk kuliah dan kerja. Kinerjanya cepat berkat prosesor Intel Core generasi ke-12 terbaru. Di dalam prosesor terdapat 4 core performance dan 8 core efficiency. Performa laptop jadi lebih efisien dan tangguh saat dibutuhkan.

Acer Swift 3 (2022) memanfaatkan platform Intel Evo agar dapat meningkatkan respon sistem, memperpanjang masa pakai baterai, fast charging, dan dukungan instant wake. Pendinginnya menggunakan Acer TwinFans dengan kipas 118 bilah. Kekuatan semburan angin meningkat hingga 35%.

Spesifikasi Laptop Terbaik Acer Swift 3 (2022)

  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Prosesor: Intel Core 12nd Gen, 12-Core up to 4.4 GHz
  • Grafis: Intel Iris Xe Graphics
  • Memori: 8GB LPDDR4X
  • Storage: SSD 512 GB M.2
  • Layar: 14 inci FHD (1920 x 1080 piksel), ComfyView
  • Audio: 2 Speaker Stereo
  • Konektivitas: up to WiFi 6E (802.11ax) dan Bluetooth 5.2
  • Port: USB Type A Gen 3.2, USB Type C, HDMI.

Nah itulah 6 merk laptop terbaik dan PC paling laris di tahun 2022. Semua merk laptop terbaik 2022 punya kualitas laptop paling bagus, spesifikasi canggih, dan segmentasi konsumen yang luas.(bhineka/mpc)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Global

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bupati Sidoarjo Berpeluang Jadi Tersangka Pemotongan Dana ASN

Bupati Sidoarjo …