Home Iptek Riset Terbaru, Program Ulang Sel Pankreas untuk Pengobatan Diabetes

Riset Terbaru, Program Ulang Sel Pankreas untuk Pengobatan Diabetes

5 min read
0
0
21

SURABAYA (MPN) – Penyakit diabetes menjadi ‘momok’ bagi manusia di seluruh belahan dunia. Penyakit ini. Berdasar data dari International Diabetes Federation (IDF) pada 2021, tercatat 537 juta orang dewasa (umur 20 – 79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia.

Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik. Tiongkok menjadi negara dengan jumlah orang dewasa pengidap diabetes terbesar di dunia. Kondisi ini memantik para ilmuwan kesehatan terus melakukan penelitian.

Kabar terbaru, ilmuwan meneliti metode dengan cara meregenerasi sel-sel untuk mengobati diabetes.

Dikutip dari fiercebiotech.com, Minggu (18/9/2022), para peneliti di Universitas Jenewa (UNIGE) telah mengubah sel pankreas lain menjadi sel yang dapat mengeluarkan insulin, dan mereka telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengobati model tikus diabetes.

Lima jenis sel yang menghasilkan hormon berbeda berkumpul bersama di pankreas untuk membentuk apa yang dikenal sebagai pulau pankreas. Di antara mereka, sel endokrin alfa dan gamma manusia dapat dimodifikasi untuk mengisi sel beta dan menghasilkan insulin. Tim Swiss melaporkannya dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di media Nature.

Pedro Herrera dan kawan-kawan, di UNIGE sebelumnya telah memaparkan, bahwa pankreas tikus dapat secara spontan mengubah identitasnya untuk memproduksi insulin. Untuk menguji apakah mekanisme serupa ada dalam sel manusia, para ilmuwan membangun pulau semu yang hanya terdiri dari satu jenis sel penghasil noninsulin.

Menggabungkan sel-sel yang berfungsi tunggal merangsang ekspresi gen yang terkait dengan produksi insulin, “Seolah-olah sel ‘non-beta’ secara alami mendeteksi tidak adanya ‘saudara perempuan mereka,'” ujar Kenichiro Furuyama, penulis pertama studi tersebut.

Namun, sel-sel ini tidak mulai memproduksi insulin sampai para peneliti menambahkan protein yang mengontrol transkripsi gen spesifik sel beta.

Peningkatan ekspresi dua faktor transkripsi utama, PDX1 dan MafA, memungkinkan sel alfa dan gamma untuk memproduksi insulin, tim menemukan.

Ketika pulau semu ini ditransplantasikan ke tikus yang kekurangan sel beta penghasil insulin, tikus pulih dari diabetes tipe 1, karena toleransi glukosa dan kadar darah mereka menjadi normal, menurut tim. Sel-sel terus mengeluarkan insulin manusia enam bulan setelah transplantasi, dan hasilnya sama dengan sel-sel yang berasal dari donor diabetes dan nondiabetik.

Karena diabetes tipe 1 ditandai dengan serangan autoimun terhadap sel beta, para peneliti ingin memastikan sel mereka yang dimodifikasi tidak menjadi target baru dari sistem kekebalan. Untuk melegakan mereka, sel-sel tersebut, ketika dikulturkan dengan sel T dari pasien dengan diabetes tipe 1, memicu respons kekebalan yang lebih lemah, membuat para peneliti optimis bahwa sel-sel tersebut mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk dihancurkan daripada sel beta asli.

Mengganti sel beta yang hilang atau disfungsional tetap menjadi target populer di antara para peneliti yang mencoba menemukan obat untuk diabetes.

Para ilmuwan di Universitas Stanford baru-baru ini menggunakan seng untuk memandu obat regeneratif ke sel beta, misalnya. Sebuah tim di University of Miami menemukan sel induk pankreas yang mereka tunjukkan dapat berkembang menjadi sel beta. Dan AstraZeneca dan Ionis bekerja sama pada oligonukleotida antisense untuk membungkam gen yang terkait dengan penurunan produksi insulin.

Temuan UNIGE memberikan bukti awal untuk kemampuan sel pankreas manusia untuk mengubah fungsi ketika kondisi seluler tertentu terpenuhi. Tetapi Herrera memperingatkan bahwa lebih banyak pekerjaan perlu dilakukan sebelum penemuan itu dapat diubah menjadi pengobatan.

“Kita memang harus menemukan cara—farmakologis atau terapi gen—untuk merangsang perubahan identitas ini pada sel yang bersangkutan di dalam pankreas pasien itu sendiri, tetapi tanpa menyebabkan efek buruk pada jenis sel lain,” katanya. (mpn/sumber: fiercebiotech.com)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sidang MKMK, Denny Indrayana Minta Anwar Usman Dipecat

JAKARTA (MPN) – Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) berwenang bukan hanya …