Home ekonomi Cara Beli Barang Luar Negeri, Ini Caranya!

Cara Beli Barang Luar Negeri, Ini Caranya!

4 min read
0
0
20

SURABAYA (MPN) – Seiring perkembangan teknologi yang makin maju, dan akses yang semakin mudah. Membuat kita juga makin gampang untuk berselancar, menjelajah ke berbagai situs-situs menarik yang tersebar di se-antero penjuru dunia.

Bagi Anda yang suka shopping, suka mencari barang-barang baru, sampai barang-barang unik, dan aneh. Barangkali bisa mencoba mencermati situs-situs belanja yang sudah populer dan terpercaya. Di antaranya aliexpress.com, ebay.com, dhgate.com, amazon.com, hingga situs e-commerce terbesar di dunia alibaba.com.

Anda bisa langsung menjajal melalui browser chrome, firefox, dan browser lainnya. Bahkan Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore.

Belanja di situs luar negeri ini kadang sangat perlu dilakukan, dikala kita tak bisa mendapatkan barang tersebut di situs dalam negeri. Misanya sparepart smartphone, sparepart laptop, dan sebagainya. Kadang kita tertarik belanja melalui situs luar, karena pertimbangan harga yang jauh lebih murah.

Bila Anda tertarik, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, temukan dulu situs yang akan Anda jelajahi. Hal itu bisa melalui pencarian melalui google. Sebagai tahap awal, coba masuk situs yang paling populer ini, aliexpress.com. Kemudian tinggal masuk ke situs tersebut. Namun ada cara lebih mudah, yakni download aplikasi aliexpress melalui playstore.
  2. Selanjutnya, silakan registrasi, seperti Anda mendaftar di situs-situs yang lain. Masukkan data-data Anda secara benar. Data nama, alamat, termasuk data kartu kredit, bila punya.
  3. Bila registrasi selesai, saatnya berselancar. Pilih barang yang sesuai. Seperti belanja di market place lokal, Anda juga bisa chat, bertanya-tanya soal barang yang akan dibeli. Tentunya pakai bahasa Inggris ya. Kalau gak paham, coba minta tolong mbah google untuk terjemahkan.
  4. Sebelum check out, perhatikan lagi barang dan total harganya. Beberapa situs luar negeri, saat ini sudah langsung memperhitungkan harga + ongkos kirim + pajaknya. Bila tidak ada rincian pajak, nanti akan ditarik oleh petuga kantor pos/bea cukai saat barang tiba.
  5. Sebagai pertimbangan, cari tahu kredibilitas situs dengan mencermati testimoni yang ditinggalkan oleh para konsumennya. Atau predikat dari tokonya, misal bintang 1, bintang 2, dan sebagainya.
  6. Bila sudah yakin akan barang dan harganya, lanjut dengan checkout. Pilih metode pembayaran yang tersedia. Paling umum pakai kartu kredit. Tetapi juga bisa melakukan melalui cara pembayaran lain, seperti kartu debit, paypall, wertern union, dan sebagainya.
  7. Setelah pemesanan dan pembayaran dilakukan, lacak terus jalur ekspedisi pengiriman barang. Simpan bukti pembayaran, nomor konfirmasi pemesanan, dan nomor pelacakan paket yang ada. Jika ada masalah yang nantinya timbul, ketiga resi ini bisa digunakan untuk melayangkan atau mengajukan keluhan.

Mudah bukan? Semoga bermanfaat. (tim mpn)

  • TikTok Resmi Hadirkan TikTok Now di Indonesia

    Jakarta (MPN) – TikTok resmi meluncurkan aplikasi terbaru bernama TikTok Now di Indo…
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Enam Partai Dukung Khofifah-Emil

SURABAYA (BM) – Nama Khofifah Indar Parawansa masih unggul dalam survei Pilgub …