Home Jawa Timur 01-Kediri Aksi Tanggap Bencana Kecamatan Kandangan

Aksi Tanggap Bencana Kecamatan Kandangan

4 min read
0
10
97

Kediri (MPN) – Kecamatan Kandangan Kediri, gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana di Rest area Lapangan Lodenan Putuk Banaran Kandangan, jumat pagi (21/10). “Seiring perkembangan situasi saat ini, kita harus selalu siap dan tanggap bila terjadi situasi bencana di wilayah Kandangan ini,” ujar Eko Wahyudi, SE,  MM, Sekcam yang mewakili Camat Kandangan dalam pidatonya sebagai Inspektur Upacara.

Kebersamaan antara semua komponen masyarakat merupakan poin terpenting, sehingga sinergi kebersamaan itu dapat menjadi modal yang utama dalam kegiatan sosial seperti dalam penanggulangan bencana. Sehingga, persiapan sejak dini mesti dilakukan agar dapat mengatasi persoalan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi, Pelda Suwito Koramil, mengecek peralatan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana.

Oleh karena itu, menurut Eko, komunikasi dan kesiapan akan selalu terjalin serta saling info dan mengingatkan. Semua komponen Pemerintah, Lembaga, Organisasi Kemasyarakatan serta anggota masyarakat umum, harus tanggap setiap saat. Bahkan,katanya, mulai alat-alat yang kecil seperti sabit, cangkul, Linggis, Sekrup dan seterusnya hingga mobilisasi umum motor, ambulance, obat-obatan juga harus tersedia. Tak hanya itu, Eko menuturkan, bila terjun langsung ke lokasi kejadian bencana, agar para anggota dan sukarelawan harus memakai identitas baju yang berwarna cerah, atribut jelas. Sehingga, itu akan memudahkan koordinasi dan komunikasi terkait penanggulangan bencana. Dan itu bisa mempercepat proses evakuasi dan penyelamatan warga untuk ditangani lebih lanjut.

Tim Tanggap Bencana Kecamatan Kandangan Kab Kediri (21/10)

Acara Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Kecamatan Kandangan itu diikuti oleh berbagai komponen kelembagaan dan Pemerintah. Diantaranya, anggota Forkompimda yaitu Pemerintah Kecamatan dipimpin Sekcam bersama stafnya, Koramil dipimpin Pelda Suwito diikuti anggotanya, serta Polsek Kandangan dipimpin Iptu Wahyu Hariadi beserta anggotanya. Satpol PP,Tim Siaga Bencana BPBD Kabupaten Kediri, Para Kades se Kecamatan Kandangan, Banser, RPU Lokal Mlancu 737, Perhutani (Polhut), Paguyuban Bolorodo, Hansip, Dinas Kesehatan / Puskesmas Kandangan, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI),Destana Desa Medowo dan Karangtengah, TSBD Desa Mlancu, serta berbagai organisasi masyarakat dan kepemudaan di wilayah Kecamayan Kandangan.

“Kebersamaan ini kedepan menjadi langkah sinergi yang kokoh, demi meningkatkan aksi tanggap darurat dan membantu mengatasi berbagai persoalan sosial kemasyarakatan,” pungkas Eko. Kecamatan, Koramil, Polsek juga terus selalu melakukan persiapan matang dalam Kesiapsiagaan Tanggap Bencana, berkomunikasi secara intens dengan BPBD Kabupaten Kediri.

Dan diharapkan setiap desa bisa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan bencana, seperti Sepatu Boot, Pelampung, HT Radio Komunikasi, Lampu Senter, Ban Penyelamat dan sebagainya. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kreativitas Bernilai Spiritual Tinggi dalam Melaspas Peresmian 1000 Candi Nusantara di Banaran Kandangan Kediri

Kediri (MPN) – Spiritual Bermakna. Tak sekedar kreativitas berkehidupan namun pemban…