Home Jawa Timur 01-Kediri Kirab Kebangsaan NU Ranting Pare

Kirab Kebangsaan NU Ranting Pare

4 min read
0
5
242

Kediri (MPN) – Dalam rangka peringatan Hari Santri 2022 dan Maulid Nabi Muhamad SAW, Ranting Nahdlatul Ulama Pare Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Polres Kediri, selenggarakan Kirab Kebangsaan di Pare Senin siang (24/10). “Kegiatan ini merupakan wujud dari kebersamaan para santri dan komponen warga masyarakat tanpa melihat latar belakang keyakinan ataupun agama,” ujar Moch Khoirul latif, Ketua Panitia Penyelenggara Maulid Nabi SAW dan Hari Santri NU Ranting Pare.

Sebagai warga Bangsa, menurut Gus Latif, panggilan akrabnya, para santri yang notabene adalah warga masyarakat Indonesia berkewajiban menjaga ketentraman, kebersaamaan sebagai keluarga bangsa, serta kerukunan antar umat beragama demi. menjaga keberlangsungan dan keutuhan Negara Indonesia tercinta.

Barongsai Pare juga Ikut memeriahkan Kirab Kebangsaan di Kota Pare (24/10)

Para santri yang merupakan refleksi kebangkitan umat Islam pada saat sebelum dan sesudah Indonesia Merdeka, mempunyai tanggung jawab besar, selain menjaga NKRI, juga membangun Bangsa melalui aplikasi mental sesuai ajaran agama yang dituntunkan Nabi SAW, serta menjadi pelopor berkehidupan sosial dengan semua warga bangsa Indonesia yang beragama lain. “Hal inilah prinsip Ukhuwah Wathoniah,persaudaraan atas dasar kebangsaan diterapkan oleh Warga Nahdliyin dalam kehidupan sehari-hari yang saling menghormati meskipun berbeda keyakinan ama, untuk bahu membahu membangun, dalam Berbangsa dan Bernegara,” Tukas Gus Latif.

Kirab Kebangsaan inilah, terang Gus Latif yg juga purna AKP Polri, merupakan refleksi, tindakan nyata warga Nahdliyin untuk selalu bersatu dan mengisi pembangunan Bangsa. Dengan mengakomodir semua komponen warga bangsa, PCNU melalui Ranting Pare, menampilkan Kirab Kesenian Daerah dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Berbagai kesenian daerah Nusantara digelar, terdiri dari lebih 40 grup peserta, diantaranya Tari Reog Warok Ponorogo, Tari Jaranan, Barong, Drumband,  seni hadrah, Silat Pagar Nusa, hingga kesenian saudara kita Tioghwa yaitu Barongsai..

Peserta Kesenian Reog Warok Ponorogo dalam Kirab Kebangsaan NU Kota Pare (24/10).

Atraksi berbagai kesenian tersebut, dipertontonkan kepada masyarakat sambil berjalan menyusuri Kota Pare. Mulai Start di Basecham NU Tambora Utara Pasar Pamenang Pare, ke timur perempatan ke selatan Jalan Jombang dan Jalan WR Supratman, kemudian Jalan lawu,ke utara jalan Puncak jaya, ke barat Jalan PB Sudirman, kemudian samping timur Polres ke utara dan finish di basechamp NU semula.

Anggota DPR Provinsi H Subianto (tengah berkopiyah) bersama Panitia dan Pengurus NU Pare (24/10).

Antusiasme masyarakat begitu membludak memenuhi kanan kiri jalan yang dilewati peserta kirab. Kirab Kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri 2022 di Kabupaten Kediri. Bahkan, malam harinya di tempat yang sama, juga digelar Kota Pare Bersholawat Bersama Grup Sholawat Syubbanussalimiyyah Sumbersari Kencong. Acara ini didukung penuh oleh Polres Kediri, juga H Subianto, anggota DPR Provinsi Jatim serta para Donatur di Pare dan sekitarnya. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …