Home Jawa Timur 01-Kediri Kecamatan Puncu Tanggap Pilkades

Kecamatan Puncu Tanggap Pilkades

4 min read
0
11
141

Kediri (MPN) – Kecamatan Puncu, sigap. Mulai hari ini gelar pengambilan nomor urut bagi calon-calon peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di masing-masing Desa. “Sesuai program Pemerintah Kabupaten, antisipasi semua persoalan yang muncul di masyarakat dalam pilkades, adalah sangat utama, karena kesuksesan Pilkades menjadi barometer dalam pelaksanaan Pemilu-pemilu berikutnya, ” tutur Hadi Muljo, SPd, SH, MM, Camat Puncu, senin (31/10).

Menurut Hadi, antisipasi semua masalah yang muncul dan mencari solusi bila timbul friksi di masyarakat langsung diselesaikan. Di Kecamatan Puncu, penyuluhan dan pembinaan terhadap semua komponen masyarakat selalu dilakukan, bahkan melalui forkompimcam, bersama Kapolsek, Danramil, berkeliling ke desa-desa untuk berdialog teknis agar selalu mewaspadai terjadinya friksi-fiksi yang akan muncul dalam Pilkades, baik sebelum maupun sesudahnya.

Komunikasi intensif, dialog langsung menjadi penting untuk menjaga kondusifitas warga. Minimal seminggu sekali Camat bersama Polsek, Koramil lakukan lawatan keliling Desa, baik di acara formal maupun santai saat berolah raga, atau sekedar anjang sana.

Kecamatan juga membuka ruang dialog bersama pemerintah Desa dan berbagai kelompok masyarakat di kantor kecamatan setiap saat. “Kami siap menerima berbagai aduan bila terjadi persoalan di desa-desa, khususnya terkait situasi menjelang Pilkades serta antisipasi persiapan Pemilu 2024,” kata hadi. Bahkan, Camat bersama Kapolsek, Danramil juga adakan sosialisasi kepada lembaga-lembaga pendidikan mulai TK hingga SMA, guna  mengajak, memotivasi anak muda berpikir dan bertindak positif terkait maraknya konten-konten di era digital saat ini.

Terkait Pilkades yang akan diselenggarakan akhir tahun ini, Camat berserta seluruh jajarannya terus memantau terjun langsung ke setiap desa, mengikuti tahapan dalam prosedur pelaksanaan Pilkades, mulai pengambilan nomor urut yang dimulai hari ini senin (31/10), hingga selesai dalam beberapa hari ke depan.

Di Kecamatan Puncu, terdapat 5 Desa yang akan selenggarakan Pilkades. Diantaranya, Desa Watugede dengan 3 Calon(Sumiran, Iwantoro, Novita Sylviani ST), Desa Wonorejo 2 Calon (Zainal Abidin, Wahyu Wiyono), Desa Satak 3 Calon (Kriswanto Hadi Cahyono, Linawati, suyanto), Desa Puncu dengan 3 calon (Bambang Widodo, Hengki Dwi Setyawan, Kukuh Hartoyo), Desa Gadungan 5 calon (Dari Purwanto, Sukardi, Imanuel Subakti, Moedji Santoso, Ageng Setiaji, SE).

Pada saat pengambilan nomor urut Pilkades, dilaksanakan oleh masing-masing desa. Dihadiri oleh Panitia Pilkades Kabupaten, Forkompimcam (Camat, Kapolsek, Danramil),  Panitia Pilkades 5 orang (ketua, wakil, 3 anggota), BPD 1 orang, RT RW LPMD PKK (masing-masing 1 orang), Calon, Bidan Desa/tenaga kesehatan satgas Covid, Perwakilan Pemdes.  – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…