Home Jawa Timur 01-Kediri Ngetrail Adventure Wisata Kelud Koramil Puncu Hingga Ekonomi Melaju

Ngetrail Adventure Wisata Kelud Koramil Puncu Hingga Ekonomi Melaju

9 min read
0
3
119

Kediri (MPN) – Seru Melaju dan Ekonomi Terpacu. Begitu kesan tertanam saat Kuda Besi melompat menyusuri hutan, ladang perkebunan, meniti Puncak Kelud secara serentak mulai pagi hingga siang, “Saat ini masih posisi pandemi waspada covid, agar tidak berkerumun, pemberangkatan Trail Adventure ini bertahap sesuai kelompok masing-masing. Agar sasaran kegiatan tercapai yaitu menyatu dengan masyarakat, membangun bersama, dan maju bersama karena TNI adalah kita,” tandas Lettu Inf. Dwi Agus Hariyanto, Pjs Danramil Puncu Kabupaten Kediri, di acara puncak HUT TNI ke-77, Koramil Puncu, Kabupaten Kediri, yaitu Trail Adventure ke Puncak Gunung Kelud minggu siang (6/11).

Bak Singa Liar yang mengaum kelaparan di tengah hutan belantara, deretan Motor Trail itu berjajar mengantri lambaian bendera catur kotak-kotak start, dikibarkan ke atas, tanda Motor trail mulai melaju, melompat seolah menyapa dengan salam Satu Jiwa, Bersatu  dengan masyarakat menuju puncak keindahan kawah Gunung kelud. Destinasi Wisata yang mendunia yang letaknya tak jauh dari Lapangan Mangli Puncu, tempat Start dan Finish Trail Adventure 2022 dalam HUT TNI ke-77, Koramil Puncu.

Bersikap sportif, jujur, disiplin dan berhati ikhlas mengabdi, TNI merangkul semua komponen warga demi persatuan dan kesatuan bangsa. Tak hanya itu, setiap terjadi kesusahan, musibah bencana alam, TNI selalu berada di tengah warga, membantu, menghibur, serta selalu partisipatif dalam Kegiatan kemanusiaan. Gotong royong, bahu membahu yang dapat berefek pada produktifitas warga demi peningkatan kesejahteraan ekonomi.

Kebersamaan antara TNI dan Masyarakat, telah menjadi tradisi terun temurun sejak nenek moyang Bangsa Indonesia. Melindungi Rakyat, Membantu Rakyat merupakan rutinitas dalam setiap aktivitasnya. Oleh karenanya, pengabdian TNI kepada rakyat tak diragukan lagi. Bahkan, masyarakat juga merasa aman, nyaman dan selalu termotivasi dalam berupaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Itulah Eksistensi TNI di mata masyarakat.

Koramil Puncu, sangat merasakannya bila keberaan TNI selalu diterima di masyarakat. “Alhamdulillah, dalam setiap kegiatan yang kami adakan dalam rangka HUT TNI ke-77 ini, memperoleh respon sangat positif dari masyarakat,” lanjut Agus. Terbukti rangkaian kegiatan selama hampir seminggu yang diselenggarakan Koramil Puncu, selalu diikuti banyak peserta, mulai Hiburan Rakyat, Jalan sehat Gratis Berhadiah, Pentas Seni Rakyat (Tari Jawa, Nyanyi), lomba kompetensi pelajar, Bantuan sosial (Bingkisan sembako), Khitanan massal Gratis, serta Trail Advanture.

Rangkaian Kegiatan Trail Adventure ke Puncak Gunung Kelud, minggu (6/11)

Khusus Trail Adventure, animo partisipatif masyarakat sangat besar. Lebih dari 600 peserta dari berbagai daerah di seluruh Jawa Timur, turut apresiatif. Hal ini otomatis menunjukkan, wisata adventure Trail Puncak Gunung Kelud dari Puncu, akan makin dikenal, yang suatu saat akan menyebar ke komunitas lainnya, guna berwisata adventure ke Gunung kelud. “Ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi warga Kediri, khususnya Puncu dan sekitarnya,” tukas Danramil yang diangguki oleh Forkompimcam lainnya (Camat  dan Kapolsek).

Bahkan, sebagian dari wilayah Jawa Tengah, juga turut serta, diantaramya Komunitas Trail Adventure (IMI), yakni IMI Solo dan Semarang. Pemberangkatan dilakukan di Lapangan Mangli langsung menuju arah selatan dan timur, menyusuri Alas-alas Perkebunan Mangli, Satak, Sugih Waras, terus menuju puncak area wisata alam Kawah Gunung Kelud, sekembalinya, para peserta melenggang melewati jalur yang sama hingga Finish di tempat semula yakni Lapangan Dusun Mangli Puncu.

Dalam suasana yang sangat lelah karena sekitar 3 jam PP melenggang di jalanan berbukit, berpasir dan bebatuan itu ribuan trail itu memenuhi lapangan dan bergoyang dengan iringin live music  rakyat. “Kami juga memberikan berbagai doorprize dari para sponsor, donatur untuk menghangatkan suasana,” kata Agus Fina, pengurus Komunitas Trail IMI Kabupaten Kediri. Meriah dan Mengesankan.

Rangkaian Kegiatan sosial Kemanusaiaan

Sehari sebelumnya, Koramil Puncu juga berbagi langsung kepada masyarakat sebagai wujud pengabdiannya, melalui Kegiatan Kemanusiaan Bantuan Sosial Bansos dan Khitanan Massal,pada sabtu pagi (5/11), di Kantor Koramil Puncu. Bekerjasama dengan Puskesmas Puncu, Koramil mengakomodir masyarakat, khususnya yang kurang mampu, melayani 10 warga untuk khitan (8 anak dari Kecamatan Puncu dan 2 anak dari Kecamatan Kepung). “Insyaalloh, di kesempatan lain kita dapat mengembangkan pelayanan dan bantuan kepada warga, lebih banyak lagi,” ujar Lettu Dwi Agus Hariyanto, Pjs Danramil Puncu.

Khitanan Massal diberikan layanan Gratis, bahkan diberi bantuan seperangkat sarung, pakaian, kopiah dan uang saku. Mulai dari pemeriksaan, pelaksanaan, perawatan pasca khittan,control check sampai anak-anak benar sembuh, kesemuanya dilayani penuh tanpa biaya. Para orangtua Peserta juga diberi Bantuan Sosial berupa Bingkisan Sembako.

Kegiatan Khitanan Massal dan Bansos di Koramil Puncu pada HUT TNI ke-77, sabtu (5/11).

Peserta Khitanan Massal tahun ini dari beberapa Desa yaitu  Mohamad Reza Sidomulyo, Leo Satria Pratama Manggis, Nadarul Jihan asnawi Manggis, Dimas Al Ubaidah Manggis, Oktian Dekan Pratama Kepung, Ahmad Wildan Maulana Badawi Kepung, Apda Azzaka Laudzail Firdaus Manggis, Ananda Alamzah Pamungkas dan Reza dari Desa Margomulyo.

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT TNI ke-77 Koramil Puncu, juga disupport berbagai Instansi Pemerintah, maupun Kelompok Masyarakat di Wilayah Puncu dan Kabupaten Kediri. Diantaranya hadir adalah Kesatuan Batalyon Infantri 521 DY, Mekanis yang dipimpin Komandan Letkol Inf. Yuda Sancoyo M.Han, yang diwakili Kapten Inf. M. Harbin, dari Wakil Rakyat Ketua DPRD Kabupaten Dodi Purwanto juga hadir dan ngikuti kegiatan tour trail dan distribusi bansos. Forkompimcam, juga mengikuti Kegiatan Sosial Kemasuniaan ini yaitu Camat Puncu diwakili Sekcam Sutrisno SE, Kapolsek Puncu AKP Pesantoro SH, Puskesmas Puncu, Polhut  Perhutani,  Pemerintah Desa dan LMDH di wilayah Puncu, serta masayarakat umum. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pertahankan Martabat Kepengurusan HPK

Malang (MPN) – Berjatidiri Eksis. Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Terhadap Tuha…