Home Jawa Timur 01-Kediri Optimisme dan Tepat Sasaran Polsek Kandangan Perduli

Optimisme dan Tepat Sasaran Polsek Kandangan Perduli

7 min read
0
4
85

Kediri (MPN) – Bersahabat dan Berbagi. Bersahaja tatkala menyentuh hati setiap individu para anggota, menepuk bahu sejawat untuk bersatu dan membantu pada warga yang tak berdaya. “Apa yang kami berikan, meski tidak banyak, semoga bermanfaat bagi mereka, minimal dapat meringankan beban dalam kehidupannya sehari-hari,” tandas Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, dalam acara Bakti Sosial Jumat Berkah, di Banaran Kandangan jumat (11/11).

Tak sekedar memberi bingkisan sembako dan berbagi nasi kotak kepada masyarakat, lanjut  Wahyu, sentuhan psikologi kejiwaan masyarakat juga menjadi prioritas kegiatan yang dilakukan Polsek Kandangan.  Karena dengan pendekatan personal itu dapat menumbuhkan optimisme dalam jiwa masyarakat penerima bantuan yang kondisinya tua renta tak berdaya. Sehingga, minimal mereka lebih bersemangat lagi untuk mengatasi persoalan ekonomi yang terus menghimpitnya.

Sentuhan kemanusiaan inilah yang selalu ditekankan Wahyu kepada semua anggotanya di Polsek Kandangan, Seperti setiap hari untuk menyisihkan sebagian kecil rejekinya, meski itu hanya seribu rupiah, dimasukkan kotak yang disediakan di Kantor. Sehingga, pada suatu waktu akan terkumpul banyak untuk didonasikan pada masyarakat fakir miskin, secara bergilir, di wilayah Kecamatan Kandangan.

Penyerahan Bantuan Bingkisan Sembako kepada warga Dusun Banaran, jumat (11/11)

Gerakan kemanusiaan Bantuan Sosial Sembako dan nasi kotak pada dilakukan jumat pagi hingga siang (11/11). Dalam pelaksanaan, Kapolsek membawa 6 anggota. Acara itu juga dihadiri dan didukung penuh TNI, melalui Danramil 0809/Kandangan, Kapten Czi Roberto Hutabarat beserta 2 anggotanya. Camat Kandangan yang diwakili Kasi Trantib Sugeng Riyanto SE, MSi, Tokoh Agama/ Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Gus Ali Nasuhan SPd.I, Kepala Desa Banaran Catur Wasono beserta beberapa perangkatnya.

Program Baksos ini sangat positif dan luar biasa, karena dapat meringankan beban ekonomi kehidupan para penerima bantuan. Sehingga, TNI melalui Koramil Kandangan sangat apresiatif dan selalu membantu Polsek Kandangan untuk berbagi pada masyarakat tidak mampu. “Sangat apresiatif, semoga bantuan sosial ini tepat sasaran dan dapat menyemangati masyarakat untuk meningkatkan ekonomi kehidupan yang lebih baik,” tutur Kapten Czi Roberto Hutabarat, Danramil Kandangan, yang menegaskan bahwa kebersamaan sinergi TNI-POLRI bersama Pemerintah dan semua komponen masyarakat selalu terjalin, demi Kepentingan Masyarat dan Keutuhan NKRI.

Gus Ali sebagai Ketua FKUB Kecamatan Kandangan, juga mengamini semua langkah gerakan kemanusiaan yang dilaksanakan Polsek Kandangan. Tanpa terkecuali. Karena kegiatan sentuhan kemanusiaan seperti Bansos Polsek Berbagi ini dapat menjadi suri tauladan Instansi, Lembaga-lembaga yang lain, untuk selalu berbagi kepada masyarakat yang tidak mampu di sekitarnya. “Keberadaan seseorang itu berarti dan bernilai, apabila mereka dapat bermanfaat bagi orang lain,” kata Gus Ali yang berharap agar Kegiatan ini bisa menginspirasi orang lain peduli dan berbagi pada sesama.

Meningkatkan Semangat Hidup

Distribusi Bantuan Bingkisan Sembako, Nasi Kotak, Nasi Bungkus disalurkan kepada warga miskin di Desa Banaran. “Memang pendistribusian dilakukan secara bergantian dalam setiap minggunya. Dari Desa satu ke yang lain di seluruh wilayah Kecamatan Kandangan,” tambah Wahyu mengaku jumat ini Bantuan sosial dilakukan untuk warga yang membutuhkan di Desa Banaran. Dilakukan langsung Door to Door.

Diantaranya, Solikastiyah, 71 tahun, Ponisih 75 tahun, warga Rt.03 Rw.01, Mariyem 70 tahun dari Rt,04 Rw,01, yang kesemuanya berasal dari Dusun Banaran. Bahkan, salah satu penerima bernama Walimin itu kondisi sedang sakit, duduk tertegun di atas ranjang, tak berdaya, tak sepatahpun kata keluar dari mulutnya, hanya anggukan kepala menandakan rasa terima kasih tak terhingga kepada Polsek dan jajarannya. Untuk distribusi nasi kotak dan nasi bungkus, juga dilaksanakan di area Dusun Banaran tersebut, kepada setiap warga yang melintasi jalan, terlihat para pekerja bangunan yang sedang bertengger di atap rumah, menuruni tangga untuk menikmati nasi program Polsek Berbagi ini.  

Bersinergi : Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi sH, Danramil Kapten Czi Roberto Hutabarat, Gus Ali Nasuhan SPd.I (FKUB), Sugeng Riyanto SE, MSi, (Kecamatan) dan Kades Banaran Catur Wasono (11/11)

Catur Wasono, Kades Banaran, mengapresiasi program Polsek Kandangan Berbagi itu dan berterima kasih kepada Kapolsek beserta anggota, Danramil dengan jajarannya, Pemerintah Kecamatan, Tokoh Agama, serta berbagai pihak yang mendukung kegiatan sosial Kemanusiaan ini. “Kami sangat bersyukur, beberapa warga masyarakat Desa Banaran berkesempatan mendapatkan Bantuan Sosial dari Polsek Kandangan Berbagi. Semoga bantuan yang diberikan membawa dampak positif bagi penerima serta meningkatkan semangat hidup dan bekerja,” ujarnya seraya mengetuk pintu hati para warga mampu agar ikut berbagi dan membantu warga tidak mampu di sekitarnya.

Sebelum berangkat berbagi, Kapolsek beserta seluruh jajaran anggotanya dan Ibu-ibu Bhayangkari, melaksanakan acara Kirim doa dengan Baca Yasin, Tahlil, yang dipimpin Gus Ali di aula Polsek Kandangan. Menikmati bersama nasi tumpeng lengkap lauk pauk yang lezat dan hygenis.  Alhamdulillah…– (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kreativitas Bernilai Spiritual Tinggi dalam Melaspas Peresmian 1000 Candi Nusantara di Banaran Kandangan Kediri

Kediri (MPN) – Spiritual Bermakna. Tak sekedar kreativitas berkehidupan namun pemban…