Home Iptek Digitalisasi Potensi Desa Sendang Tulungagung Oleh PMM Kelompok 3 Gelombang 11 UMM

Digitalisasi Potensi Desa Sendang Tulungagung Oleh PMM Kelompok 3 Gelombang 11 UMM

5 min read
0
9
36

Tulungagung (MPN) – Digitalisasi dikembangkan di Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang sejak awal oktober 2022. “Program ini, efektif sesuai perkembangan era modern yang serba digital, agar membantu masyarakat Desa Sendang, mengenalkan potensi desa di masyarakat luas,” tukas Fika Fitriasari, SE, MM, Dosen Pembimbing PMM Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Bisnis UMM.

Program digitalisasi merupakan sistem yang perlu diterapkan pada Instansi, lembaga maupun masyarakat umum, guna mensosialisasikan hasil karya, potensi daerah kepada publik. Karena di era digital saat ini, setiap berkomunikasi melewati Handphone. Sehingga, penguasaan program digitalisasi akan lebih mengena, efektif, efisien dan tepat sasaran, dalam rangka memasarkan produk maupun semua potensi positif yang dimiliki suatu daerah. Hal inilah yang diperlukan, Desa Sendang Kabupaten Tulungagung Jatim untuk Go Public.

Desa Sendang terletak di lereng Gunung Wilis Kabupaten Tulungagung. Layaknya daerah pegunungan, desa ini memiliki area yang indah, asri dan alami dengan udara yang segar, sejuk, impresif. Desa Sendang memiliki luas 312.000 km2 atau 312 ha, dengan populasi penduduk berkisar 3000 jiwa.

Potensi Sumber Alamnya sangat besar, seperti tempat wisata panorama alam, Air Terjun (Jeram), wisata edukasi, serta beraneka ragam potensi lainnya. Diantaranya, Wisata Edukasi Ori Green Park, Air terjun Kedung Minten, serta Perkemahan Jurang senggani. Demikian pula, wisata perah susu juga perlu dikembangkan, karena sumber pendapatan utama dan terbesar warga adalah peternak sapi perah, sehingga bila dijadikan wisata, akan memberikan nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraannya. Yang terakhir, hasil sapi perah yaitu susu olahan dari Desa Sendang ini belum memperoleh sertifikat BPOM, mengingat keterbatasan pengetahuan dan waktu untuk mengurusnya.

Tasyakuran Kegiatan PMM prodi ekbang Fakultas Ekonomi Bisnis UMM atas suksesnya Program digitalisasi di Desa Sendang Kabupaten Tulungagung (13/11).

Solutif dan Bermanfaat

Oleh karena itu, Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, kelompok 3 Gelombang 11, ini sangat solutif dan bermanfaat bagi masyarakat dan lembaga terkait, melalui sosialisasi dan aplikasi program digital dalam semua bidang. Dilakukan  secara terstruktur dan smart kepada para pemuda, Lembaga, serta organisasi kemasyarakatan yang berkaitan dengan pengembangan desa. Mekanismenya, melalui aplikasi penerapan teknologi digital, seperti android, website, you tube, Instagram, Facebook dan segainya.

Sasaran program digitalisasi ini adalah mempromisikan atau mengenalkan berbagai potensi wisata alam, wisata buatan untuk edukasi, wisata kreativitas, wisata peternakan serta berbagai potensi produk home industri, UMKM dan sebagainya. “Ini bertujuan mengenalkan potensi Desa Sendang tersebut kepada masyarakat luas yang tak terbatas ruang dan waktu,” ujar Andrawangsa Budi Sadewa, koordinator Kegiatan PMM UMM tersebut.

Berdasarkan persoalan dan potensi Desa Sendang itu, PMM Kelompok 3 Gelombang 11 Prodi Ekbang Fakultas Ekonomi Bisnis UMM, menerapkan dan mengembangkan program digitalisasi di semua bidang, fokus promosi. Bertitel Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Inovasi Pelaku Ekonomi Kreatif di Desa Sendang Tulungagung. “Dilakukan agar potensi wisata dan peternakan sapi perah yang ada di desa lebih berkembang serta masyarakat dapat menggunakan teknologi digital ini untuk memperluas jaringan pasar secara luas dan global,” kata para mahasiswa PMM itu berharap.

Para Mahasiswa Universitas Muhammadiyyah Malang (UMM), prodi Ekbang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini tergabung dalam kelompok 3 gelombang 11 melakukan PMM di Desa Sendang sejak tanggal 1 oktober 2022 . Dosen pembimbing lapangan adalah Fika Fitriasari, SE, MM, sedangkan koordinator Andrawangsa Budi Sadewa, sekretaris Dito Ardianto Suwito, Bendahara Alan Hafiluddin, publikasi dokumentasi Abdillah Rafi Athallah dan Humas Dipa Sultan Bintang. – (Red) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In Iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …