Home Jawa Timur 01-Kediri Pelatihan Olahan Kue Di Kayendoyong Ringinpitu Plemahan

Pelatihan Olahan Kue Di Kayendoyong Ringinpitu Plemahan

5 min read
0
0
59

Kediri (MPN) – Kegiatan Pelatihan Olahan Kue dilaksanakan di Dusun Kayendoyong Ringinpitu Plemahan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri, bekerjasama dengan Anggota DPRD Kabupaten Kediri, selasa (15/11). “Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mampu menguasai pengolahan produk kue serta melakukan pemasaran dengan baik, agar  mampu berusaha sendiri, berbisnis, serta meningkatkan pendapatan ekonominya,” tandas Muhammad Yusuf Azis SP, Anggota DPRD Kabupaten Kediri.

Menurut Yusuf, dari Fraksi PAN, program ini dimaksudkan untuk memberdayakan Usaha Menengah, Usaha Kecil dan Usaha Mikro di Kabupaten Kediri, agar mampu meningkatkan produktivitasnya, melalui pelatihan Olahan Kue, sert mampu menerobos pemasaran global dan efektif.

Penyerahan Bantuan Gratis dari Anggota Dewan M Yusuf Azis, SP dari Fraksi PAN kepada peserta secara simbolis, selasa(15/11)

Program Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat ini, selain sebagai ajang meningkatkan potensi diri dalam pembuatan olahan kue, juga sebagai wadah komunikasi ineteraktif antara pelaku UMKM dengan pemerintah dan masyarakat luas di kabupaten Kediri dan luar Daerah. “Mengingat ajang ini dapat memperluas jaringan pemasaran meningkatkan kualitas pembuatan olahan kue. Karena pelatihan ini dipandu oleh koki professional sebagai pembicara sekaligus tester semua produk olahan kue di Kabupaten Kediri,” lanjutnya.

Program usulan dari masyarakat, merupakan salah satu agenda Dewan untuk memberdayakan Masyarakat. Masukan ide dari masyarakat inilah akan dibawa oleh para anggota Dewan agar direalisasi dalam program pemerintah Daerah.”Ini merupakan sinergi antara pemerintah dan anggota dewan untuk pengembangan pembangunan kesejahteraan masyarakat. Seperti pelatihan olahan kue ini.,” katanya. Berharap agar nantinya para peserta dapat menjadi pengusaha bisnis tersendiri dan tidak malu untuk berpromosi.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka Pelaksanaan Program Pemberdayaan Usaha Menengah, Usaha Kecil dan Usaha Mikro (UMKM) tahun anggaran 2022 ini diikuti para pelku usaha kuliner se Kecamatan Plemahan, anggota masyarakat dari Desa-Desa di Seluruh Kecamatan Plemahan yang berminat terhadap produksi potensi olahan kue serta pemasarannya.Tercatat, sebanyak 30 orang hadir dan mengikuti pelatihan ini.

Materi Kegiatan Pelatihan itu disampaikan oleh Hj Muslimah, Praktisi Ahli Tata Boga di Kabupaten Kediri, didampingi asisten, praktisi kuliner di Kecamatan Plemahan dan Desa Ringinpitu. Yusuf berharap, setelah pelatihan ini dipraktekkan oleh para peserta, untuk menjadi pengusaha mandiri dan mampu meningkatan kesejahteraan ekonomi warga.

Jenis Olahan Kue yang dihasilkan dalam pelatihan ini adalah Dadar gulung, nasar, Roti Kukus, Kue Bolu, Donat, Cake, Roll Tape, Onde-Onde, Bikang, Mendut, Nogosari, Dadar Gulung. Bahan-bahan kue untuk praktek pelatihan, disediakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Sedangkan, keseluruhan kue yang dihasilkan dalam pelatihan ini, dibagikan kepada semua peserta. Tak hanya itu, para peserta, selain gratis dalam pendaftarannya,juga memperoleh cuma-cuma satu bahan serta set peralatan untuk membuat olahan kue.

Kegiatan Pelatihan Olahan Kue ini diikuti oleh 30 peserta, dan dihadiri wakil dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kepala Desa Ringinpitu, serta para peserta berasal dari Wilayah Kecamatan Plemahan serta warga masyarakat Desa Ringinpitu dan Dusun Kayendoyong, yang mempunyai usaha berkategori UMKM.   – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…