Home Jawa Timur 01-Kediri Berhasil Upayakan Bantuan Ke Masyarakat, Anggota DPRD H Masykur Lukman Sambangi Desa Tunglur

Berhasil Upayakan Bantuan Ke Masyarakat, Anggota DPRD H Masykur Lukman Sambangi Desa Tunglur

8 min read
0
2
49

Kediri (MPN) – Anggota DPRD Kabupaten Kediri dari PKB, Drs. H Masykur Lukman, SH, MSi, MPd.I, berhasil mengupayakan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM), Melalui Program Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi Kabupaten Kediri, untuk masyarakat peternak, perikanan dan usaha Pracangan (UMKM) di Wilayah Kecamatan Pare dan Badas. “Ini merupakan bentuk nyata keseriusan kami untuk berupaya membawa aspirasi masyarakat yang diusulkan, hingga bener-bener berhasil dan dapat dicairkan langsung kepada penerima yang mengusulkannya,” tandas HM Lukman, di Balai Desa Tunglur, rabu (16/11).

Lukman yang juga berprofesi pendidik itu, juga mengakui bahwa tingkat keberhasilan aspirasi masyarakat yang dibawanya adalah mendekati 100 persen. Sebanyak 120 orang yang mengusulkan, menyetorkan data, yang memperoleh jawaban positif, berhasil lolos verivikasi, survey dari 3 Dinas (Peternakan, Perikanan, Koperasi)., sementara hanya sedikit (tidak lebih dari 6 orang) dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual oleh Dinas ketika disurvei. Sedangkan mereka yang tidak lolos itu, memang orang tersebut sudah tidak memelihara ternak lagi, kandangnya kosong, tidak ada ternak, serta bternyata populasi ternaknya hanya tinggal 7 ekor. “Sehingga, keenam orang tersebut memang kenyataannya tidakberhasil terverifikasi, sehingga data yang dikirim sudah tidak sesuai dengan kenyataan saat disurvey,” kata Lukman yang menambahkan bahwa Data itu harus jujur dan tidak fiktif, agar lolos dalam verifiksi faktual.

Namun Lukman juga menyebut bahwa, bagi masyarakat yang belum lolos seleksi verifikasi, diharapkan tidak putus asa untuk mengajukan bantuan lagi, asalkan data yang disetor harus sesuai kenyataan di lapangan. “Insyaalloh, masih ada kesempatan untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah meskipun namanya berbeda,” tuturnya optimis, karena itu semua dilakukan Lukman hanya demi aspirasi dan membantu kepentingan rakyat.

Paling tidak, berbagai jenis bantuan dari Pemerintah, melalui usulan yang dibawa oleh Dewan, tidak hanya BLT BMM, tapi terdapat Bantuan Bedah Rumah, Modal Pracangan Usaha Kecil, Perikanan, Pemberdayaan UMKM , Fasilitas jalan umum dan sebagainya. Kesemuanya itu dapat dilalui oleh Lukman sebagai anggota DPRD, untuk mengusulkan dan membawa aspirasi masyarakat, khususnya para konstituennya. Terbukti hingga saat ini, 3 tahun lebih menjabat, MH Lukman, telah berhasil menurunkan bantuan pembangunan desa sebanyak 100 juta per desa (di wilayah Dapil Pare, Badas, Kunjang, Purwoasri dan Plemahan). Lukman juga merealisasikan bantuan program Bedah Rumah dari Pemda Kabupaten Kediri berjumlah lebih 100 Warga Miskin, tersebar di Dusun Jombangan, Semanding, dan Tertek. Tercatat pula Bantuan 23 orang yang punya usaha (UMKM) sudah cair sebesar 1,5 juta per orang. Untuk tahun 2023, melalui jaring aspirasi ini, akan ditingkatkan menjadi 100 orang melalui RT/RW.

Suasana bahagia penerima Bantuan Subsidi BBM yang berhasil diupayakan Drs. H Masykur Lukman SM, MSi, MPd.I, anggota DPRD Kab Kediri dari Fraksi PKB Dapil Pare Badas, Plemahan, Kunjang dan Purwoasri, di Desa Tunglur rabu (16/11)

Program pembangunan senilai 100 juta setiap tahunnya yang sudah dinikmati Masyarakat Desa Tertek, dan Desa-desa lain di wilayah Dapilnya itu, juga akan ditingkatkan menjadi 200 juta per Desa “Makanya, Monggo bagi seluruh masyarakat, dapat memanfaatkan keberadaan saya sebagai wakil rakyat agar benar-benar berfungsi, bahkan prinsip saya adalah sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” tutur Lukman fair.

Sangat Membantu

Penerima Bantuan Subsidi BBM, meliputi bidang peternakan, perikanan dan pracangan, yaitu  saat ini berhasil diupayakan dan cair kepada 120 orang peternak dari Desa-desa yaitu di wilayah kecamatan Badas dan Pare.

BLT Subsidi BBM ini sangat membantu dan membahagiakan warga penerima bantuan. Bahkan diantara mereka, merasakan bahwa BLT Subsidi BBM  ini dapat mendorong semangat untuk bekerja lebih keras karena sehari-hari Bantuan itu dapat digunakan memenuhi kebutuhan rumah tangga yang meningkat, sehingga bantuan ini dapat meringankan beban pengeluaran keluarga seharihari yang terus bertambah, akibat kebutuhan pokok banyak yang naik. “Alhamdulillah, bantuan ini barokah bagi saya dan keluarga, kami berterima kasih banyak kepada Pemerintah, khususnya Bapak H Masykur Lukman sebagai wakil rakyat, yang telah membawa aspirasi usulan kami Bantuan Subsidi BLT BBM, dapat sepat turun dan dicairkan,,” ujar Umi Lestari, warga Desa Krecek, yang mengaku, Bantuan BLT BBM ini sangat membantu guna meningkatkan perekonomian keluarga. Sehingga bantuan ini, meski tidak terlalu banyak, tapi sangat membantu, meringnkan beban dan bermanfaat dalam mengatasi kesulitan ekonomi yang dialaminya.

Demikian pula diakui Tri Hidayati Desa Pelem, yang telah menerima Subsidi BLT BBM, yang telah lama berharap memperoleh bantuan dari Pemerintah, ternyata baru kali ini mendapatkannya. “Matur suwun sanget kepada Bapak Masykur Lukman anggota DPRD Kabupaten Kediri, yang telah membawa usulan dan merealisasikan permintaan kami, terima kasih,” katanya bersemangat. Semua penerima bantuan Subsidi BLT BBM yang berhasil diupayakan H Masykur Lukman adalah sebanyak 120 orang ini merasakan hal yang sama, yaitu kebutuhan ekonomi keluarga sangat terbantu, serta menumbuhkan semangat untuk bekerja lebih giat lagi dan Barokah, Aamiin, seru mereka.

Acara Penerimaan Bantuan Subsidi BLT BBM di Balai Desa Tunglur ini, dihadiri juga oleh Kepala Desa Tunglur, Perwakilan dari Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi Kabupaten Kediri, dan 120 orang peserta penerima BBM. Bahkan untuk memperlancar proses pencairan Bantuan Subsidi BLT BBM tersebut, Drs H Masykur Lukman  SH, MSi, MPd.I, juga mendatangkan Bank Jatim untuk mendaftar peserta sebagi syarat memperoleh rekening, karena proses pencairan BLT BBM tersebut melwlui Bank Jatim. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Suci Kasih Sesama dan Toleransi dalam Dharma Shanti se Jatim di Chandra Wilwatikta Pandaan Pasuruan

Kediri (MPN) – Suci Bersinergi. Bernuansa suci dalam inti acara Dharma Shanti tahun …