Home Jawa Timur 01-Kediri Berbagi Dan Perduli Polsek Kandangan Patut Diteladani

Berbagi Dan Perduli Polsek Kandangan Patut Diteladani

7 min read
0
7
94

Kediri (MPN) – Berinovasi meski hanya berbagi. Tak sekedar membantu, tapi niat tulus yang menyelimuti hati, makin meninggi. Kian Perduli . Begitu yang dilakukan Polsek Kandangan dalam kegiatan jumat berkah (18/11). “Mungkin apa yang kami lakukan hanya terbatas dan sedikit, namun kami sangat bersyukur dapat membantu, Ikut perduli pada anak-anak difabel, penderita Tuna (cacat). Keberadaan mereka dan para gurunya yang tulus ikhlas, menyadarkan kita semua untuk selalu Bersyukur atas karunia Alloh SWT dan harus lebih perduli pada sesama, khususnya pada anak berkebutuhan khusus itu,” Ujar Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, dalam Kegiatan Polsek Berbagi di Sekolah Luar Biasa Raharja Sejahtera Kandangan jumat (18/11).

Diakui Wahyu, kegiatan berbagi jumat berkah kali ini memang sengaja kami lakukan untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SLB Raharja Sejahtera Kandangan serta untuk para pendidiknya. Karena bagaimanapun, kehidupan kita dengan segala problematika sebagai manusia biasa, masih sangat bersyukur dibandingkan keberadaan anak-anak itu dan perjuangan yang besar para gurunya. “Sehingga harus prioritas untuk kita bantu,” ujarnya tulus.

Dalam kesempatan sebelumnya, Danramil 0809/Kandangan, Kapten Czi Roberto Hutabarat, menandaskan bahwa misi sosial kemanusiaan kepada semua anggota masyarakat yang membutuhkan ini wajib kita bantu dan dukung. Karena sinergi kebersamaan Polsek, TNI Koramil, Kecamatan, Desa serta berbagai komponen masyarakat ini patut disyukuri, ditindaklanjuti, khususnya membantu kepada yang tak mampu, demi menggalang Persatuan Kesatuan dan Keutuhan Bangsa Indonesia tercinta ini. Bahkan, membantu dan perduli pada anak-anak yang kurang beruntung karena mengalami cacat atau ketunaan sejak lahir ini merupakan sentuhan kemanusiaan yang mesti dilakukan oleh siapa saja, warga Negara Indonesia. Demi Persatuan Negeri.

Penyerahan Bantuan Sosial Polres Kediri, diberikan simbolis kepada para guru yang diterima Kasek SLB Raharja Sejahtera oleh Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, jumat (18/11)

Sentuhan Kemanusiaan

Menurut KH Ali Nasuhan SPd.I, Ketua Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kandangan, Perhatian dan keperdulian Polsek Kandangan untuk para ABK dan para gurunya di SLB Raharja Sejahtera Kandangan ini, merupakan sentuhan kemanusiaan dan langkah kongkret para Abdi Negara untuk membantu dan perduli pada sesamanya. Patut diteladani. Bahkan sikap seperti ini dianjurkan dalam agama, agar setiap manusia selalu menyayangi sesamanya, seperti Alloh SWT menyayangi semua umatNya. “Kegiatan seperti inilah dapat dijadikan contoh pada semua umat manusia, untuk selalu membantu, melindungi dan menyayangi sesamanya seperti kita menyayangi diri kita sendiri,” tukas Gus Ali, berharap kepada semua orang mampu, khususnya rmasyarakat Kandangan dan sekitarnya, untuk berbagi kepada Anak-anak cacat sejak lahir dan para guru yang tulus ikhlas mengabdi di SLB Raharja Sejahtera itu.

Sepintas terlihat normal di SLB Raharja Sejahtera Kandangan itu, namun jika diamati, ditelusuri, proses pembelajaran sangat berbeda dibanding sekolah biasa. Tampak beberapa murid membaur di halaman, kategori seluruh Ketunaan (Netra, Rungu, Grahita, Daksa/cacat fisik, Autis) Seorang guru bernama rulynere, menggerakkan tangan sebagai bahasa isyarat kepada seluruh murid di halaman, agar mengucapkan salam kepada Kapolsek, beserta para staff nya dan seluruh tamu yang berkunjung. Para ABK itu serentak menjawabnya dengan isyarat tangan pula dan bertepuk tangan. “Selamat Datang Bapak-Bapak ke Sekolah Kami, dan terima kasih,” begitu arti isyarat gerakan tangan para siswa tersebut. Sementara, di ruang lain, tampak beberapa siswa Tuna Netra, Tuna Grahita (mengalami hambatan berpikir), serta beberapa anak difabel yang lain.  Mereka semua terlihat antusias menerima uluran tangan berisi nasi kotak dari anggota Kapolsek dan Koramil, Kecamatan itu. Tersenyum dan merunduk, penuh makna.

Bingkisan sembako dari Polsek Kandangan juga diberikan kepada para guru dan karyawan SLB Raharja Sejahtera. Betapa setia dan tulusnya para guru ABK , karena bertahun-tahun mengabdi dengan penuh kesabaran luar biasa. Mendidik, membimbing, mengayomi, melindungi siswa penuh cinta kasih yang tak ternilai. Maka itu patut dihargai dan diapresiasi. “Semoga bingkisan ini bermanfaat meski hanya sedikit, paling tidak dapat memberi arti akan keperdulian kami terhadap Bapak Ibu Guru serta para siswa Anak Difabel ini,” tutur Wahyu.

Siap Berangkat menuju SLB Raharja sejahtera Kandangan (18/11).

Kegiatan ini didukung penuh oleh Danramil / Koramil Kandangan, Kecamatan, Kepala Desa Kandangan, Para Tokoh Agama yang diwakili Gus Ali FKUB, serta para tokok masyarakat.

Anak Difabel SLB Raharja Sejahtera Kandangan, tampak bahagia menyambut para tamu Kapolsek beserta jajarannya, Gus Ali (FKUB), serta para tokoh masyarakat. Sambil melambaikan tangan, wajah ABK itu berseri-seri. Memberi Arti. Seperti mimpi menyelimuti di malam hari. Menunggu mentari muncul di pagi hari. Untuk mendapat cintamu, kasih sayangmu, wahai saudaraku. Bersemangatlah. Ayo kita tiru, gerakan Polsek Kandangan Berbagi dan Perduli kepada SLB Raharja Sejahtera ini.– (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Suci Kasih Sesama dan Toleransi dalam Dharma Shanti se Jatim di Chandra Wilwatikta Pandaan Pasuruan

Kediri (MPN) – Suci Bersinergi. Bernuansa suci dalam inti acara Dharma Shanti tahun …