Home Jawa Timur 01-Kediri Koordinatif dan Evaluatif Dalam Tahapan Pilkades di Puncu dan Kepung

Koordinatif dan Evaluatif Dalam Tahapan Pilkades di Puncu dan Kepung

6 min read
0
1
33

Kediri (MPN) – Koordinasi dan Evaluasi Tahapan Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Kepung dan Puncu, dilaksanakan oleh Tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri di Balai Desa Gadungan, selasa (22/11). “Hal ini sangat penting mengingat pelaksanaan tahapan Pilkades sudah mendekati hari H Pencoblosan, serta menjaga situasi agar tetap kondusif pada pelaksanaan maupun pasca pilkades,” tukas Agus Cahyono S.Sos. Kepala DPMPD Kabupaten Kediri.

Agus Cahyono, menjelaskan bahwa tahapan Pilkades di wilayah Kabupaten Kediri mulai saat seleksi penerimaan calon sampai dengan pengambilan nomor urut calon sudah dilaksanakan, dan hingga saat ini tahapan tersebut telah dilalui dan lancer, bahkan sesuai hasil pantauan dari Forkompimda Kabupaten Kediri, terdiri Bupati, Kapolres, Dandim, Kajari, dinyatakan lancar,aman dan kondusif. “Mencapai lebih 90 persen bahwa proses tahapan Pilkades di Kabupaten Kediri dinyatakan kondusif, meskipu ada sedikit ketegangan di tengah masyarakat, masih dalam batas wajar, serta tidak mengganggu ketertiban dan keamanan di masyarakat,” ujar Agus.

Dia juga menyebut, dari 57 Desa yang melaksanakan Pilkades, hanya ada 1 Desa Ngadiluwih, terdapat keadaan perkecualian, yaitu sehari setelah selesai pengambilan nomor urut, salah satu calon dari 2 calon, meninggal dunia. Sehingga, lanjutnya, proses Pilkades tetap jalan terus, meski cakades tersebut meninggal dan itu tidak dapat digantikan atau pendaftaran diulang. Dan bila nanti, dalam pencoblosan hari H, calon yang meninggal itu menang, maka tetep sah, namun yang menjadi Kepala Desa adalah Camat dengan menunjuk stafnya sebagai Pejabat Kades. Hari pencoblosan Pilkades serentak di kabupaten Kediri dilaksanakan pada Rabu 7 Desember 2022.

Sementara, dalam koordinasi dan Evaluasi itu Agus juga menjelaskan tentang berbagai persiapan Surat Suara, Bilik Suara, Kotak Suara, Penataaan Saksi, Pencoblosan hingga penghitungan dan pengawalan hasil penghitungan suara. Sedangkan, peran Forkompimcam (Camat, Kapolsek,Danramil) sebagai fasilitator yang membina, memelihara dan menjaga agar Pilkades berjalan lancar, aman dan kondusif. Setiap tahapan proses pelaksanaan Pilkades, komunikasi intensif dengan Pemerintah Desa terkait, memantau serta partisipatif dalam mensosialisasikan slogan pilkades yang jujur, adil, transparan dan memelihara persatuan dan kesatuan bermasyarakat, Berbangsa, Bernegara.

Peserta Koordinasi dan Evaluasi Tahapan Pilkades wilayah Kecamatan Kepung dan Puncu di Balai Desa Gadungan (22/11).

Kecamatan Puncu Tanggap

Mendukung kegiatan Koordinasi dan Evaluasi Tahapan Pilkades itu Kecamatan Puncu, juga apresiatif, selalu tanggap dan koordinatif, dalam menjaga kualitas dan kontinuitas Pilkades. Pasalnya, telah berjalan beberapa waktu sejak dimulainya pembekalan, pendaftaran hingga pengambilan nomor urut Cakades 5 Desa di Kecamatan Puncu, hingga kini diperlukan koordinasi, arahan serta evaluasi agar pelaksanaan hari-H Pilkades dapat berjalan sukses sesuai rencana dan kondusif masyarakatnya. “Oleh Karena itu, kami mengumpulkan beberapa panitia pilkades dan semua calon Kepala Desa guna mengikuti arahan, koordinasi dan evaluasi Tahapan Pilkades oleh Tim Kabupaten,” kata Hadi Muljo, SPd, SH, MM, Camat Puncu, di Balai Desa Gadungan, selasa (22/11).

Menurut Hadi, Koordinasi dan Evaluasi tahapan Pilkades ini sangat penting mengingat, seiring berjalannya waktu telah terjadi berbagai persoalan yang jika dibiarkan akan menganggu  tahapan pilkades itu sendiri. Sehingga diperlukan koordinasi, arahan dan evaluasi pelaksanaannya agar Pilkades dapat berhasil sesuai rencana dan menjadikan masyarakat makin kondusif, aman, damai.

Acara yang diikuti 11 Desa dari 2 wilayah Kepung dan Puncu ini dihadiri oleh Tim Evaluasi dari Kabupaten (DPMPD), masing-masing dari 2 kecamatan yaitu anggota Forkompimcam (Camat, Kapolsek, Danramil), panitia Pilkades (5 orang per desa) dan semua Calon Kades dari 11 Desa yang sedang melakasanakan Pilkades. Dari wilayah Puncu tampak hadir adalah Camat Hadi Muljo, SPd, SH, MM, Koramil diwakili oleh Batuud Peltu Iswoyo, Perwakilan Kapolsek.

Di wilayah Kecamatan Puncu, terdapat 5 Desa yang sedang menyelenggarakan Pilkades. Diantaranya, Desa Watugede dengan 3 Calon(Sumiran, Iwantoro, Novita Sylviani ST), Desa Wonorejo 2 Calon (Zainal Abidin, Wahyu Wiyono), Desa Satak 3 Calon (Kriswanto Hadi Cahyono, Linawati, Suyanto), Desa Puncu dengan 3 calon (Hengki Dwi Setyawan, Kukuh Hartoyo, Bambang Widodo,), Desa Gadungan terdiri 5 calon (Dari Purwanto, Sukardi, Imanuel Subakti, Moedji Santoso, Ageng Setiaji, SE). Sedangkan di wilayah Kecamatan Kepung terdapat 6 Desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak. . – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…