Home Jawa Timur 01-Kediri Pematangan Petugas TPS Desa Watugede Menuju Pilkades

Pematangan Petugas TPS Desa Watugede Menuju Pilkades

6 min read
0
3
91

Kediri (MPN) – Antisipatif dan Koordinatif. Demikian inti yang dilakukan Panitia Pilkades bersama Pemerintah Watugede Puncu Kediri dalam acara persiapan dan pematangan Petugas TPS menjelang hari H pencoblosan. “Berbagai upaya meningkatkan kewasdaan dalam pelaksanaan pemilihan maupun pasca pencoblosan, Panitia Pilkades Watugede selalu koordinatif, dengan pihak terkait demi suksesnya pilkades yang aman, damai dan kondusif,” kata Sukma Ardiansyah, Ketua Panitia Pilkades Watugede, di Pendopo Balai Desa Watugede, sabtu malam (26/11).

Menurut Sukma, koordinasi ini sangat penting guna mengatasi bila terjadi persoalan menyangkut pencoblosan dan pasca pemilihan, agar suasana Desa selalu aman dan kondusif. Mengingat Desa Watugede merupakan area zona merah pilkades di seluruh Kabupaten Kediri. Sehingga semua antisipasi harus cepat diambil sebelum dan setelah pencoblosan. Diantaranya,i kegiatan pengarahan khusus kepada semua panitia pemilihan di setiap TPS, peran aktif Linmas, serta koordinasi intensif dengan petugas keamanan dari Koramil dan Polsek. “Bahkan Bawah Kendali Operasi, BKO, 1 tim juga akan didatangkan lebih awal pada hari H pencoblosan, sampai dengan kendali situasi pasca pemilihan,” ujarnya menyebut Personel Polres 1 tim BKO Polres Kediri akan standby di Desa Watugede hari H hingga pasca pemilihan..

Sebenarnya, lanjut Sukma, penghitungan suara Pilkades itu tidaklah rumit, namun yang menjadi kendala adalah munculnya para calon yang ekstrim dan tidak mengakui kekalahan dengan cara mengintimidasi.menakuti para pemilihih setelah pemilihan. Oleh karena itu, segala aspek dan komponen panitia di setiap TPS, Linmas, Petugas keamanan dari Polsek, Koramil, Polres selalu dilibatkan dalam proses tahapan pilkades,mulai awal pendaftaran, pencoblosan hingga setelah penghitungan suara, agar tercipta suasana desa Watugede yang kondusif, aman dan damai. Sedangkan para saksi akan memperoleh arahan khusus dari Kecamatan Puncu, pada beberapa hari menjelang hari H.

Pemerintah Desa Watugede dan seluruh staf, juga mendukung langkah panitia Pilkades ini, dengan mengambil kebijakan ekstra. Diantaranya, turut melakukan pengecekan lokasi yang dilakukan bersama panitia, mulai hari senin 28 november atau sepuluh hari sebelum hari H, dengan menyeting teknis lokasi TPS agar minim persoalan yang timbul.

Agar Tidak Terjadi Kerumunan

Disamping itu, kata Kades Watugede Joko Winarno, yang diamini Sekdesnya Benny Hermawan, diupayakan dalam radius 100 meter dari lokasi TPS tidak ada yang jualan, supaya tak terjadi kerumunan. Dan setiap jarak itu menuju TPS dipagari ring besi agar tidak terjadi antrian pemilih menuju TPS. Bahkan, penerapan ketat protokol kesehatan diberlakukan kepada setiap pemilih yang hendak melakukan pencoblosan, seperti memakai masker standar kesehatan hingga menutupi hidung, cuci tangan pakai sabun hingga bersih, memakai handsanitiser, pengecekan suhu tubuh yang tidak mencapai lebih 37 derajad celcsius. Dan kewajiban pula bagi panitia di TPS harus menggunakan sarung tangan standar kesehatan.

Panitia Pilkades selalu koordinatif dan antisipatif guna mensukseskan Pilkades Watugede agar damai, aman dan kondusif (26/11)

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan dan membagikan undangan sambil mensosialisasikan berbagai ketentuhan yang harus dipatuhi dalam Pilkades, minimal 3 hari sebelum hari H.

Kegiatan pematangan petugas TPS menuju Pilkades Watugede ini dihadiri selain nara sumber dari Kaetua panitia Sukma Ardiansyah, Emy Lisdiana Tenaga Kesehatan, Lilik Harwati anggota panitia bagian logistic, juga pihak keamanan dari koramil diwakili Babinsa Serda Wire S, Babinkamtibmas Bripka sahid, Pemerintah Desa Watugede (Kades dan Sekdes). Acara diikuti oleh semua anggota panitia TPS yang berjumlah 6 TPS, untuk setiap TPS diwakili 6 orang. Para perangkat Desa, para Kepala Dusun juga turut hadir.

Desa Watugede terdiri dari 3 Dusun yaitu Karanganyar, Watugede dan Sawahan. Berpenduduk total 3535 jiwa, dan yang masuk DPT sebanyak 2570 jiwa, terbagi dalam 6 TPS. Paling banyak berdiam di TPS satu yaitu 498 orang, lainnya tersebar di 5 TPS lainnya secara merata. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …