Home Jawa Timur 01-Kediri Drs. H Subianto, SE, MM, Anggota DPRD Provinsi Berdidikasi Tinggi Demi Kesejahteraan Petani

Drs. H Subianto, SE, MM, Anggota DPRD Provinsi Berdidikasi Tinggi Demi Kesejahteraan Petani

14 min read
0
12
413

Kediri (MPN) – Sehjahtera dan Mengabdi. Anggota DPRD Provinsi Jatim Drs. H Subianto SE, MM, merealisasikan bantuan prioritas untuk petani, berupa puluhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), khusus akhir tahun 2022 ini senilai Rp. 500 juta disalurkan kepada para Kelompok Tani Desa Ngampel dan Sukomoro Papar Kediri,serta Rp.100 juta untuk 2 Desa di Kecamatan Kepung. “Semua itu kami lakukan demi masyarakat, khususnya kelompok tani, agar kesejahteraan para petani lebih meningkat dan mandiri,” tandasnya dalam acara serah terima realisasi bantuan alat mesin pertanian di Tlanak Desa Ngampel Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, sabtu (24/12).

Bantuan yang diberikan itu merupakan bentuk kepeduliaan H Subianto sebagai Wakil Rakyat di Provinsi Jatim, agar produk tanaman pangan khususnya gabah atau beras, jagung, kedelai semakin berkualitas sesuai standar yang berlaku, sehingga petani dapat mengerjakan sawah secara serentak, proses ekstra cepat, memelihara tanaman lebih gampang, serta ketika memanen dapat memperoleh harga yang lebih layak. Lebih Efektif dan Efisien. “Oleh sebab itu bantuan harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan berkelanjutan,” kata Subianto saat melakukan Serah Terima Bantuan Alat mesin Pertanian di antaranya berupa 4 Handtractor bajak, 3 Hand tractor Rotari pencacah tanah, 1 Handtractor Transplanter alat penanam padi, serta 3 Diesel air. Untuk  10 Kelompok Tani di Desa Ngampel dan 1 Desa Sukomoro Kecamatan Papar Kediri. Penyerahan dilakukan di Dusun Tlanan Desa Ngampel Papar.

Salah satu Bantuan Handtractor Rotari untuk poktan Karya Makmur Ds Sukomoro oleh Drs. H Subianto, SE, MM (24/12)

Subianto menegaskan kepercayaan menyalurkan bantuan Alsintan kepada petani, khususnya di Desa Ngampel dan Sukomoro ini, berkat sinergi, kolaborasi dan kebersamaan. Karena disamping para kelompok tani sangat membutuhkan, juga peran H Zaini anggota DPRD Kabupaten Kediri dan Ir Subekti Suhandoko sebagai petugas POPT (Pengendalian Organisme Penganggu Tanaman) di wilayah Kecamatan Papar, mengkoordinir kelompok tani yang layak untuk mendapatkan bantuan dari Provinsi Jatim itu. Bahkan, turut membantu dan mempersiapkan penyetoran data secara cepat dalam waktu singkat. Begitu pun, peran aktif Pemerintah Desa Ngampel yang dipimpin Kades Kholaif ST dan juga Candra sebagai Kades Sukomoro, sangat membantu.

“Bentuk kebersamaan, kolaborasi antara saya sebagai Wakil Panjenengan, Pak Zaini anggota DPRD Kabupaten Kediri, petugas pertanian, kelompok tani, pemerintah desa itulah yang mampu menghasilkan mudahnya turunnya bantuan ini,” papar Subianto jujur. Dan karenanya, anggota DPRD Provinsi Jatim selama 3 periode ini, memberikan waktu penuh kepada masyarakat, khususnya para petani, agar kesejahteraan petani lebih meningkat dan makmur.

Bantuan program Pemerintah melalui Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur ini, direalisasikan Subianto, untuk 10 Kelompok Tani di Desa Ngampel dan 1 Kelompok Tani Desa Sukomoro Kecamatan Papar, senilai Rp.500 juta. Sedangkan yang Rp. 100 juta pada akhir thun ini disalurkan ke Kelompok Tani Desa Sumberpancur dan Desa Siman Kecamatan Kepung. Bantuan itu berupa alat mesin pertanian berupa Handtractor untuk membajak, Handtranctor Rotari pencacah tanah, Hantractor transplanter alat penanam padi, Diesel penyedot air.

Handtractor Tranpalnter untuk Poktan di Desa Ngampel Papar oleh Drs H Subianto SE, MM (24/12)

Bantuan Alsintan untuk kelompok tani, Poktan di Desa Ngampel dan Desa Sukomoro Kecamatan Papar itu, terdiri dari 1 Diesel Air untuk Poktan Sari Bumi Sejati Bajulan dan 2 diesel air untuk 2 Poktan di Ngampel, 1 Handtracktor Transplanter pencacah tanah untuk Poktan Dipo Tani Sejati Ngampel. Handtractor Rotari untuk Poktan di Desa Ngampel yaitu Poktan Sari Pathi Jaya, Poktan Sumber Sari Satu, Poktan Karya Makmur Boro Desa Sukomoro, sedangkan Handtractor Bajak untuk Poktan Sumber Sari Karanglo Ngampel, Poktan Ploso Makmur Ngampel, Poktan Sumber Sari Karanglo Ngampel, Poktan Sumber Sari Tiga Ngampel, Poktan Ploso Makmu Ngampel, serta Poktan Serayu Berkah Abadi, Ngampel.

Selalu Menyediakan Waktu Untuk Masyarakat

H Subianto wakil rakyat dari Partai Demokrat dari Dapil Kediri Kabupaten/Kota itu menegaskan bahwa kehidupan para petani di era globalisasi saat ini mengalami pasang surut, dan dipaksa untuk mengikuti perkembangan jaman dalam meningkatkan hasil produksinya. Dan karena itulah, teknologi modern harus diterapkan untuk mengolah lahan pertanian agar hasilnya lebih maksimal, cepat dipanen, meminimalisir gangguan tanaman, penerapan teknologi ilmu pertanian serta manajemen pemasaran yang tepat. Sehingga, berbagai tuntutan jaman itulah, para petani berbenah, terutama menerapkan teknologi alat mesin pertanian yang memadai dan mumpuni. “Dari berbagai persoalan inilah, saya sebagai wakil mereka di Dewan Provinsi, merasa bertanggung jawab dan berusaha merealisasikan aspirasi masyarakat petani tersebut,” tukas Subianto yang kemudian memilih para Kelompok Tani yang perduli di Kecamatan Papar dan Kecamatan Kepung ini. Hal ini bukan berarti para kelompok tani daerah lain di wilayah Kediri tak diperhatikan, namun harus sabar menunggu giliran serta para kelompok petani dapat berdiskusi, berkomunikasi setiap saat dengannya. Karena H Subianto selalu menyediakan waktu dan membantu untuk masyarakat.

Drs. H Subianto SE, MM, selalu menyediakan waktu untuk masyarakat (24/12)

Anggota Komisi B yang membidangi pertanian dan perekonomian di DPRD Jatim itu, tak ingin para petani selalu menjadi obyek dalam setiap kebijakan pemerintah maupun kepentingan pasar, karena petani berproduksi untuk memberikan supply makanan kepada semua anggota masyarakat. Sehingga, apabila petani itu merugi dan tak sehat untuk berproduksi, akan mengakibatkan krisis pangan dan jurang kemiskinan makin tingga. Maka itu H Subianto dengan segala daya upaya, berkomitmen dan terus membantu para petani untuk mandiri, berkreasi, berinovasi agar bisa menjadi penentu atau subyek dalam pembangunan nasional maupun peningkatan kesejahteraan ekonominya. “Realisasi Bantuan Alat mesin pertanian inilah yang dapat menjawab berbagai persoalan yang dialami petani itu,” tuturnya.

Sebenarnya, H Subianto sudah sejak lama bahkan dilahirkan dari seorang petani di daerah yang kurang subur, namun dia berusaha keras dalam setiap aktivitas awalnya sebagai guru dan pedagang bahan-bahan pertanian itu untuk berbuat dan membantu masyarakat, khususnya petani di lingkungannya. Setelah berkomunikasi mohon petuah sowan ke para kyai dan tokoh masyarakat untuk mengutarakan niatnya dan berprinsip mengabdi dan membantu masyarakat, akhirnya H Subianto melenggang menjadi Wakil Rakyat, khususnya petani, menjadi Anggota DPRD Provinsi Jatim, hingga 3 periode ini. “Semua itu untuk merealisasikan, prinsip yang saya pegang yaitu sebagai manusia agar bermanfaat bagi orang lain,” aku H Subianto jujur.

Sebenarnya,tak hanya bidang pertanian saja yang direngkuhnya, H Subianto juga membantu tak hanya bidang pertanian saja, bidang-bidang keagamaan,UMKM, Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda dan para Kelompok Masyarakat, juga telah dilakukannya. Berprinsip demi Kemaslahatan Umat. Diantaranya di Desa Ngampel sendiri, jalan rabat sawah Lapen (Lapisan Penetrasi), saluran irigasi, jalan usaha tani bernilai ratusan juta rupiah juga telah diturunkan beberapa tahun lalu. Bahkan Masjid Darul Jannah Ngampel juga pernah disentuhnya, melalui Bantuan bernilai puluhan juta.

Sedangkan di daerah lain, tak bisa dikata. Bantuan senilai milyaran rupiah telah digelontorkan untuk kelompok masyarakat di daerah Puncu dan Kepung. Fatayat, Muslimat dan Kepengurusan NU, di seluruh wilayah Kabupaten Kediri, juga telah dibantu oleh wakil rakyat di DPRD Provinsi Jatim itu. Terkini, Kelompok Senam Srikandi Karangdinoyo juga memperoleh bantuan sound sistem canggih yang setiap minggu dipergunakan latihan senam lebih dari 500 anggotanya. Musholla Al Huda RT.26 RW.06 Karangdinoyo, serta Masjid di Jatimulyo, juga memperoleh bantuan senilai 100 juta dan 150 juta, MTs Mujtahiddin Purworejo Kepung yang dipimpin Parmujiono, juga memperoleh Bantuan Rehab Gedung senilai 150 juta.

Para Penerima Bantuan melalui H Subianto, tetep bersemangat mendukungnya untuk menjadi Wakil Rakyat di DPRD Provinsi Jatim (24/12)

Secara pribadi, Subianto juga telah membantu mobil ambulan kepada Jamaah Kawulo Pinggiran (JKP) Kediri. Bahkan, 9 mobil multi peran telah disalurkan kepada Muslimat NU di Kabupaten Kediri. Belum lagi, Alat-alat pesta lengkap untuk pernikahan hajatan, juga telah dinikmati kelompok masyarakat dan fatayat. Perangkat sounds sistem canggih juga telah diperuntukkan untuk Desa Asmorobangun, Kelompok Senam, Generasi Muda Kreatif dan Mandiri dan sebagainya. Sampai Kelupaan siapa saja yang pernah dibantu.

Guna mendukung kiprahnya mewakili rakyat dari Kabupaten Kediri, H Subianto juga berkolaborasi dengan H Zaini, wakil dari Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Kediri Dapil 1 meliputi Gampengrejo, Ngasem, Kayen Kidul, Gurah dan Papar. Zaini yang juga duduk di Komisi 2 Bidang Pertanian, turut mengkoordinir Kelompok Tani yang layak untuk mendapatkan bantuan Alsintan dari Jatim. “Dalam segala bidang demi kepentingan rakyat, bekerjasama dan bersinergi adalah sangat penting karena, demi merealisasi kepentingan umum, terutama membantu dan memperjuangkan petani adalah tanggung jawab semuanya, tak memandang, baju atau bendera yang dibawanya. Berkolaborasi dan saling mengisi harus dilakukan untuk kepentingan rakyat semata,” jelas Zaini.

Kini H Subianto legowo, mengikuti arus untuk terus mengabdi. Bila masyarakat masih menghendaki, dia pun tak segan untuk mewakili lagi suara mereka di Provinsi. Namun, prinsipnya, tetap membawa aspirasi masyarakat, petani, generasi muda, para ttokoh agama, serta kelompok masyarakat lainnya. Dan paling penting, adalah merealisasi aspirasi masyarakat itu, agar tetap bersatu dan saling membantu. Monggo….. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pertahankan Martabat Kepengurusan HPK

Malang (MPN) – Berjatidiri Eksis. Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Terhadap Tuha…