Home Jawa Timur 01-Kediri Sosial Budaya Kemanusiaan Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri Mengorbit

Sosial Budaya Kemanusiaan Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri Mengorbit

6 min read
0
6
253

Kediri (MPN) – Resmi dan Perduli. Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri mendeklarasikan diri dan mengabdi kepada masyarakat bidang sosial budaya kemanusiaan. Uri-uri budaya leluhur Jawa Dwipa tentang tata karma kehidupan, budi pekerti luhur, gotong royong dan prioritas kepentingan umum adalah Paugeran atau pedoman dasar dalam bertindak, berjalan demi masyarakat umum dalam bingkai NKRI. “Hal ini menjadi prinsip inti gerak dan tujuan berdirinya Yayasan Panjalu Jayati Khadiri,” tukas Andreas Suko Riyanto, Pendiri Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri dalam Syukuran dan pelantikan pengurus, di Cagar Budaya Prasasty Tangkilan, Padangan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, minggu pagi (1/1).

Menurut Andreas, berkembangnya budaya asing secara global yang menjangkiti anak muda, kaum milenial, saat ini menjadi persoalan serius yang harus ditangani secara bersama-sama demi kesejahteraan masyarakat, Bangsa dan Negara. Efek negatif teknologi menyelimuti kalangan pemuda yang makin menjauh dari tata krama, etika santun, serta karakter berbudi pekerti luhur yang diwariskan oleh para sesepuh. “Khususnya wong jowo maleh ora ngerti jowone, sehingga hal ini harus menjadi pemikiran dan tindakan kita semua untuk mengatasinya, agar mereka mampu meningkatkan keperdilian yang tinggi pada sesama, uri-uri budaya jawa hingga menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya mewanti-wanti agar semua manusia Indonesia, terutama para pemuda, selalu mengedepankan kebersamaan, saling membantu, gotong royong, kerja keras dan perduli kemanusiaan untuk berbagi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bangsa dan Negara.

Para Anggota, pengurus dan pendiri Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri, serta para undangan,bertekad menjalankan aktivitas berdasar Paugeran, untuk mengabdi pada negeri (1/1)

Sementara itu, dalam ritual peresmian kepengurusan disebutkan bahwa dinten meniko ing pangesti, siji wulan siji tahun rongewu telulikur, mugi-migi sedoyo karaharjan ingkang nguri-nguri budoyo jawi, tumrap budi pekerti ingkang luhur, dateng sedoyo sedayaning manungso ing dalem Yayasan Panjalu Jayati Khadiri, saget miwiti ugi mandegani dumateng ingkang sae marang manungso lintu lan migunani kagem nuso lan bongso. Gusti Angkaryaning Jagad sageto amberkahi sedoyo puniko. Aamiin.

Paugeran

Dalam upaya keberlangsungan dan aktivitasnya, Yayasan berpedoman pada sebuah Pondasi yang kokoh paugeran, agar dapat meraih kamukten kamulyan sasami. Pondasi itu diterjemahkan dalam pokok atau dasar organisasi, Paugeran Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri yaitu pertama, adalah manusia berKetuhanan Yang Maha Esa, serta menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Kedua, Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri adalah manusia susila, berbudi luhur, penuh cinta kasih terhadap sesama titah, serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan. Ketiga, Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri adalah manusia teladan, baik ucapan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri adalah manusia yang mengabdi berlandaskan tekad suci “Sepi ing pamrih, rame ing gawe” demi memayu hayuning bawana. Kelima, Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri adalah manusia kerta membina terwujudnya ketentraman, kerukunan dan kebahagiaan / karahayon lahir dan batin.

Kebersamaan dan gotong royong para anggota, pengurus dalam Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri, saat peresmian pengurus di area prasasty Tangkilan, Dusun Tangkil Desa Padangan Kayen Kidul, minggu (1/1).

Sejarah berdirinya Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri bermula dari keprihartinan tentang perkembangan era digital modern yang terus menggerus keluhuran budi pekerti Bangsa di kalangan milenial. Sehingga Andreas Suko Riyanto bersama kerabat dan kolega, bertekad mendirikan organisasi legal formal berbentuk yayasa. Sehingga pada 15 Desember 2022, SK Kemenkumham telah resmi dikantongi. Sejak itulah, Andreas sebagai pendiri berkolaborasi dengan berbagai kalangan untuk menjalankan dan mengembangkan peran Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri ini. Dan hingga saat inilah, pada 1 januari 2023, Andreas meresmikan kepengurusan awal yang diketuai oleh Budi Darmawan ST dari Tangkil Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Uri-uri budaya dan mengembalikan budi pekerti luhur, untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara, dalam acara peresmian pengurus Yayasan Panjalu Jayati Khadiri, di Tangkil Desa Padangan Kayen Kidul (1/1)

Untuk sementara, sekretariat ditempatkan di Studio 35 Desa Katang Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Sekaligus tempat koordinasi dan pusat aktivitas Yayasan Panjalu Jayati Kadhiri, yang bergerak bidang sosial budaya, mengembalikan tatanan budi pekerti leluhur, demi kemajuan, kedamaian NKRI. Padamu negeri kami berbakti, bagimu negeri jiwa raga kami. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …