Home Jawa Timur 01-Kediri Era Baru Universitas Terbuka Solusi Belajar Resmi Di Segala Situasi

Era Baru Universitas Terbuka Solusi Belajar Resmi Di Segala Situasi

10 min read
0
4
402

Kediri (MPN) – Kuliah Resmi dan Fleksibel. Pendidikan resmi berjenjang Perguruan Tinggi Negeri, dapat ditempuh dalam segala kondisi dan situasi. Bahkan jarak, sistem, usia berapapun maupun  biaya tak bermasalah jika digeluti sambil beraktivitas normal setiap hari dan dimanapun mahasiswa berdomisili. Tiada kata terlambat untuk kuliah. “Dimanapun mahasiswa berada, pendidikan itu dapat diikuti hingga lulus ujian untuk meraih gelar sesuai program jurusan yang ditempuh,” tukas Turmudzi SPd, MM, pendiri Pokjar dan pengurus Sosialisasi Universitas Terbuka, SALUT, Kabupaten Kediri (6/1).

Menurut Turmudzi, belajar dalam perkuliahan di UT sangatlah fleksibel, dapat ditempuh secara berjenjang melalui jarak jauh, bisa di rumah, di kantor di tempat terpencil hingga di perantauan saat bepergian. Karena disamping sudah terakomodir dalm sistem online, mahasiswa pun dapat menempuh ujian di cabang Kelompok Belajar, Pokjar, terdekat sesuai mahasiswa saat itu berada. “Karena di setiap kota-kota besar provinsi di seluruh Indonesia sudah terdapat Kantor perwakilan Resmi Universitas Terbuka. Sehingga, bila mahasiswa menempuh ujian, di pertengahan dan akhir semester, dapat bergabung di seluruh Kota yang terdapat pengurus pokjar dan Salut di Seluruh Indonesia dan beberapa kota di Luar Negeri,” ujarnya pasti.

Turmudzi SPd, MM dkk, Pengurus Pokjar Kediri, Salut, Universitas Terbuka, UT (6/1)

Dalam masa perkuliahan, lanjut Turmudzi, usia berapapun dapat diakomodir, asal telah lulus sekolah menengah atas atau sederajad. Universitas Terbuka, UT, menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Jarak jauh artinya pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak berupa modul, materi yang tersusun dalam paket, maupun non-cetak diantaranya audio/video, komputer/ internet, siaran radio dan televisi. Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. “Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas, SMA atau yang sederajat,” tandasnya.

Cara Belajar Mandiri dan Online

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Artinya belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri, dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam pokjar, kelompok belajar maupun kelompok tutorial. Dalam hal ini, UT menyediakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif memanfaatkan bahan bacaan lain di perpustakaan mengikuti tutorial, baik secara tatap muka atau online melalui internet, radio dan televisi; serta memanfaatkan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. “Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka, UPBJJ-UT, setempat,” papar Turmudzi. Sekatang telah polpuler penggunaan aplikasi online WA, Instagram, FB, Skype dan sebagainya, semua itu dapat digunakan sebagai palur pembelajaran di UT. Sangat simple dan terjangkau.

Suasana Ujian Online (UO) Akhir Semester pada 31 Desember 2022 di SMAN 1 Pare (6/1).

Dijelaskan pula, mengenai Ujian Online, UO, dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam berbagai hal. Pertama, mengikuti ujian yang jam ujiannya bentrok (salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui ujian Online selama mata kuliah tersebut ditawarkan melalui ujian Online ). Kedua, mengikuti Ujian Akhir Semester, UAS, di luar jadwal UAS tertulis yang telah ditentukan dalam kalender akademik UT. Bentuk soal ujian Online berupa tes objektif (pilihan ganda) atau tes uraian (esai). Untuk ujian Online objektif, jawaban langsung dikerjakan pada komputer secara Online, sedangkan untuk ujian Online uraian, jawaban dikerjakan pada BJU. Informasi mengenai Ujian Online, dapat dibaca pada Katalog Sistem Penyelenggaraan di masing-masing pokjar.

Pokjar Kediri, berdiri sejak 2002, era guru SD dari SPG harus penyetaraan D2. Dan awalnya, hanya mengelola jurusan PGSD,namun kini telah mengeembangkan berbagai jurusan, seperti jurusan PGPAUD, Perpustakaan, Bahasa Inggris, Hukum. “Bahkan era sekarang telah meningkat persyaratannya bahwa bagi mahasiswa PGSD dan PGPAUD, harus berpengabdian mengajar selama 2 tahun,” tutur Turmudzi menambahkan hingga saat ini awal 2023, UT melalui pokjar Kediri telah meluluskan mahasiwa jurusan PGSD sebanyak 1000 lebih, yang berasal dari daerah Kediri, Trenggalek, Tulungagung, Jombang dan Kasembon. Sementara jurusan yang lain, UT juga telah melululuskan ratusan orang melalui pokjar Kediri.

Output dan Jurusan di UT

Realitas output UT juga cukup memuaskan. Terbukti, serapan lulusan UT di dunia kerja hasilnya sangat menggembirakan. Seperti dalam penerimaan cpns 2019, lulusan UT menempati urutan terbanyak. Sekitar 9400 lulusan ut diterima cpns. Luar biasa, UT dapat mengalahkan lulusan dari Universitas ternama di Indonesia.

Turmudzi, meyakinkan bahwa masyarakat tak perlu khawatir kuliah di UT, karena status UT adalah Universitas Negeri yang tentu kredibilitasnya tidak diragukan, biaya kuliah sangat terjangkau, dan yang terpenting adalah sistem pembelajarannya, bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, tanpa harus datang ke kampus, tidak ada batasan umur, serta program studi tak dibatasi.

Biaya Pendidikan di UT per semester (6/1).

Untuk Biaya, relatif terjangkau, seperti edaran yang dikeluarkan Kantor UT Malang, bahwa jenjang S-1 biaya administrasi pendaftaran hanya Rp. 100 ribu, untuk semua program Diploma dan Sarjana strata 1,semua jurusan yang ada. Sedangkan biaya perkuliahan bervariasi mulai Rp. 1.150.000,- hingga Rp.3.300.000,- per semester. Jurusan yang tersedia diantaranya, program Diploma, Diploma IV Kearsipan, hingga S1 PGSD, PGPAUD, Pariwisata, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi. Sedangkan S1 Fakultas Sains dan Teknologi meliputi Matematika, Statistika, Biologi, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi. Untuk Fakultas Ekonomi meliputi jurusan Ekonomi Pembangunan, Ekonomi syariah, Manajemen, Akuntansi, akuntansi Keuangan Publik, Pariwisata. Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat Administrasi dan Manajemen kepegawaian, Administrasi Bisnis, Pemerintahan, Komunikasi, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penterjemah, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Hukum, DIII Perpajakan. Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  adalah jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Pancasila dan Kewarganegaraan, Ekonomi, Teknologi Pendidikan.

Selamat Tahun Baru 2023 dari Salut dan pengurus Pokjar Kediri UT (6/1)

Sedangkan Program Pasca Sarjana (S2), meliputi jurusan Pendidikan Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Periklanan, Administrasi Publik, Manajemen Bidang SDM/Pemasaran/Keuangan, dan Studi lingkungan. Sementara S3 adalah Ilmu Manajeman dan Administrasi Publik. Semua bentuk  pembayaran, dapat dilakukan melalui BRI, Bank Mandiri, BTN, BNI, Alfamaret. Begitu simple. Info lebih lanjut dapat kontak pengurus Pokjar Kediri di nomer 081259413829. Selamat berkuliah di UT Pokjar Kediri. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kreativitas Bernilai Spiritual Tinggi dalam Melaspas Peresmian 1000 Candi Nusantara di Banaran Kandangan Kediri

Kediri (MPN) – Spiritual Bermakna. Tak sekedar kreativitas berkehidupan namun pemban…