Home Jawa Timur 01-Kediri SLB Raharja Sejahtera Kandangan Menggali Potensi Anak Difabel Sambil Berenang

SLB Raharja Sejahtera Kandangan Menggali Potensi Anak Difabel Sambil Berenang

6 min read
0
2
76

Kediri (MPN) – Menata Anak Difabel sambil Berenang. “Sesuai kemampuan setiap anak, kami selalu fokus meningkatkan potensinya agar mereka berinovasi dan berprestasi,” tukas Renny Kusumawardhani SPd, Kasek SLB Raharja Sejahtera Kandangan dalam kegiatan rutin praktek Olahraga Berenang di Kolam renang karangkitri, Sabtu (21/1).

Sekolah Luar Biasa, SLB Raharja Sejahtera Kandangan merupakan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, ABK, yang menanungi anak difabel dari jenjang tingkatan SD hingga SMALB. Jenis ketunaannya meliputi  tuna netra (buta), tuna rungu (tuli), tuna grahita (hambatan berpikir), tuna daksa (cacat tubuh) dan Autis (hambatan perilaku individu dan sosial yang berlebihan). Berdiri tahun 2013, SLB Raharja Sejahtera Kandangan kini dikelola oleh 8 Guru dan 1 Tenaga Administrasi, serta mempunyai 65 siswa.

Guna meningkatkan pelayanan pendidikan bagi semua siswa, kata Renny, berbagai upaya dilakukan. Pembelajaran Sumber Daya Manusia, SDM, melalui pendidikan formal sesuai kemampuan daya pikir setiap siswa, juga melakukan inovasi program dengan meningkatkan kemampuan melalui kegiatan ekstrakulikuler, seni dan olah raga seperti senam dan berenang. “Pantauan dan bimbingan khusus diterapkan kepada setiap siswa sesuai kemampuan dan hobi masing-masing siswa,” tukas Renny, menunjukkan potensi murid SLB Raharja Sejahtera yang telah meraih prestasi di berbagai bidang seni. Dan kini, tengah menggali dan meningkatkan potensi ABK melalui olahraga Berenang.

Para Siswa SLB Raharja Sejahtera Kandangan, selalu bersemangat untuk meningkatkan potensi bidang Olahraga Ekstrakulikuler Berenang. Hal ini juga didorong oleh para guru dan orang tua siswa (21/1).

Terdapat beberapa siswa, kini tengah dibina khusus secara inten oleh Guru Fery Setiawan SPd, untuk menekuni berenang yaitu Anjel 10 tahun dan 2 siswa lainnya. Dengan postur bongsor, atletis dan tekun berlatih, siswa kelas 2 SDLB ini berbakat, tampak dari kekuatan fisik dan ayunan kaki dan kepakan tangan saat berenang, gadis cantik Tuna Rungu itu sangat berpotensi menggaet prestasi nantinya. “Maka kami, rutin membina Anjel dan kawan-kawannya, berlatih Renang seminggu 2 kali rutin, dengan mempelajari berbagai gaya, seperti Gaya Bebas, Gaya Katak, Gaya Punggung serta Gaya Kupu-kupu,” ungkap Ferry jujur. Tak hanya itu, Anjel pada awal januari 2023 lalu juga berhasil meraih prestasi juara 2 Fashion Online level Nasional yang diselenggarakan sebuah Yayasan Pendidikan difabel di Semarang.

SLB Raharja Sejahtera Kandangan selalu berjuang dan menggali potensi ABK sambil berenang (21/1)

Berjuang Sambil Berenang

Ditambahkan Renny, dalam meningkatkan kemampuan SDM  siswa ABK itu tak selalu menggunakan konsep praktek pendidikan pada umumnya, namun harus menyelami kemampuan dan karakter setiap siswa yang mengalami jenis ketunaan tersebut. Tak jarang anak yang kelihatan normal, dimata publik, mengalami keterlambatan mental yang mengganggu motorik pemikirannya, sehingga sering berbuat aneh dan tak mematuhi instruksi Guru. Sebaliknya, ABK yang nurut dan mematuhi perintah, justru asyik menekuni hobi dan keinginannya yang meledak-ledak dan tak mau diganggu. “Sehingga, itu semua harus menjadi perhatian kita sebagai guru. Dan melatih kemampuan, berketrampilan anak, dengan sabar dan berulang-ulang, tanpa lelah,” tutur Renny. Bahkan, semua ABK di SLB Raharja Sejahtera deprogram untuk selalu tampil dan mengikuti setiap kegiatan apapun dan dimanapun, agar mereka tak minder menampilkan semua kreasi yang dimiliki.

Keceriaan dan Kebersamaan selalu diciptakan oleh para Guru SLB Raharja Sejahtera Kandangan, agar keperdulian dan ketekunan berlatih selalu muncul untuk menggapai prestasi di suatu ketika (21/1)

Berdasar itulah, kini Renny dan semua guru SLB Raharja Sejahtera Kandangan, terus mengejar target “Keberanian” ABK untuk selalu berpartisipasi dalam aktivitas di depan publik. Termasuk, melatih renang bagi semua siswa agar mereka dapat meningkatkan potensi yang dimiliki serta bahagia bermain bersama. Melatih kreativitas sambil berenang. Agar semua guru dan ABK tetep berjuang dan bersenang-senang. Ayo bergabung dan berperduli…. – (Ajie)-.

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …