Home Jawa Timur 01-Kediri Drs H Subianto MM, Anggota DPRD Jatim Resmikan Jalan Kutilang Jomblang Puncu Demi Perekonomian Warga

Drs H Subianto MM, Anggota DPRD Jatim Resmikan Jalan Kutilang Jomblang Puncu Demi Perekonomian Warga

12 min read
0
1
344

Kediri (MPN) – Aspiratif dan Nyata. Tak hanya membantu, namun berusaha memperjuangkan kepentingan masyarakat umum demi peningkatan perekonomian dan pendidikan warga masyarakat Dusun Jomblang Desa Asmorobangun Kecamatan Puncu Kab Kediri. “Hal itu telah menjadi prinsip dan tekad kami sebagai wakil masyarakat, dan dulunya juga berasal dari daerah tersebut,” ungkap Drs H Subianto MM, jujur dalam Kegiatan Peresmian Jalan Kutilang Dusun Jomblang pada sabtu siang (22/1).

Jalan Kutilang Dusun Jomblang Desa Asmorobangun merupakan Jalur utama warga dari area persawahan dan permukiman warga menuju sekolah dan pasar di Kota. Sehingga keberadaan Jalan itu sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Jalur ini dulunya rusak dan belum pernah dibangun, apalagi saat musim hujan jalan kutilang ini menjadi rusak tergerus aliran air hujan yang dilewati kendaraan truk untuk angkut hasil pertanian warga. “Sehingga dengan dibangunnya melalui Rabat Beton, jalan ini menjadi sangat istimewa dan bagus, bahkan kendaraan berat dapat lancar bila melewati jalur sepanjang 900 meter ini,” tukas Sunardi SE, Kades Asmorobngun. Dia mengakui terealisasinya pembangunan jalan kutilang Jomblang ini berkat usaha dan perjuangan Drs H Subianto MM, anggota DPRD Jatim, sebagai aspirator dan tanggap dalam membawa keinginan warga masyarakat khususnya Dusun Jomblang Desa Asmorobangun ini.

Jalan Kutilang Dusun Jomblang Desa Asmorobangun Puncu sepanjang 900 m, direalisasikan bantuan programnya oleh Drs. H Subianto MM, anggota DPRD Jatim (22/1).

Program pembangunan Jalan Rabat Beton ini, diajukan dan dilaksanakan oleh masyarakat langsung melalui Kelompok Masayarakat (Pokmas) Bangun Maju Dusun Jomblang. Diakui Budiono, ketua Pokmas Bangun Maju, program pembangunan ini dapat berhasil karena usulan dan aspirasi warga dibawa dan diperjuangkan langsung oleh Drs H Subianto MM, anggota DPRD Provinsi Jatim, yang mewakili masyarakat di Daerah Pemilihan Kota dan Kabupaten Kediri. “Selain itu beliaunya, memang dari kecil berasal dan pernah tinggal di Dusun Jomblang ini, sehingga rasa ikatan kekeluargaan dengan masyarakat disini sangat kental dan erat sekali,” ujar Budiono. Tentu sangat wajar bila Drs H Subianto MM, selalu membantu dan merealisasikan berbagai bantuan yang sangat banyak dan tak ternilai, untuk masyarakat di daerah Kepung, Puncu, Pare, Badas, Kandangan, Papar dan sebagainya.

Dalam RAB 800 M Direalisasikan 900 M

Program pembangunan jalan Rabat Beton di Jalan Kutilang Jomblang ini direalisasikan Drs H Subianto MM, melalui Anggaran Pemprov Jatim Tahun 2022, senilai Rp.363.567.000,- Sesuai RAB, total dana tersebut diperuntukkan membangun jalan Rabat Beton sepanjang 814m berketebalan 13cm, dengan rincian panjang 500m dengan lebar 3m, sedangkan yang panjang 314m dengan lebar 3,20m. “Pembangunan sepanjang 814m tersebut kami laksanakan sesuai RAB, bahkan kami kembangkan 100m lagi yang pembiayaannya dilakukan secara swadaya masyarakat, gotong royong. Sehingga target hasilnya mencapai 900m,” tukas Budiono jujur dan bersemangat.

Masyarakat Desa Asmorobangun sangat antusias menyambut peresmian jalan kutilang yang dilakukan oleh Drs. H Subianto MM, Anggota DPRD Provinsi Jatim (22/1).

Dengan begitu perhatiannya terhadap masyarakat umum, menurut masyarakat mayoritas di daerah Puncu dan Kepung, meski sudah 3 periode berjalan ini, H Subianto berikutnya harus tetap menjadi wakil rakyat lagi di DPRD Provinsi karena peran dan keseriusannya mengakomodir setiap aspirasi rakyat begitu nyata dan merealisasikan langsung bantuan pembangunan demi kepentingan umum. “Kami sangat berterima kasih atas semua yang dilakukan oleh Pak Subianto sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Jatim, yang telah menurunkan bantuan sangat banyak untuk kepentingan masyarakat dan petani di Dusun Jomblang ini,” kata Budiono. Bahkan Kades Sunardi, juga menjelaskan betapa banyaknya yang dilakukan Drs H Subianto MM, untuk membantu masyarakat melalui kelompok masyarakat, Fatayat, Muslimat, Kelompok Senam, Kelompok Tani dan sebagainya.

Tercatat di Desa Amorobangun saja, Drs H Subianto MM, telah merealisasikan bantuan senilai milyaran rupiah untuk 10 titik lokasi, diantaranya Pokmas Mekar Makmur prapatan, Yasahi Abadi, Asmorobangun sehat, Senam Jasmani, pokmas Bangun Maju, pokmas Maju Mapan, kolam Lele Maju Mapan, kelompok Wanita Tani, UMKM Batik dan sebagainya. “Hal ini merupakan bentuk kongkret keperdulian Pah Subianto kepada warga masyarakat khususnya di Desa Asmorobangun ini,” ujar Sunardi.

Tak hanya itu, Bantuan Pembangunan Jalan Rabat Beton senilai Rp. 363.567.000,- di Dusun Jombang ini direalisasikan H Subianto, melalui jaringan aspirasi masyarakat (Jasmas), serta bantuan alat mesin pertanian (alsintan) handtraktor senilai Rp. 100.000.000,- didapatkan melalui jalur Dinas untuk Kelompok Tani Makmur Sejahtera Dusun Juwah Desa Siman dan Poktan Dusun Sumbergayam Desa Sumberpancur Kecamatan Kepung.

Drs H Subianto MM, anggota DPRD Jatim (paling Kiri) sangat respek dan mengakomodir semua usulan dan keinginan masyarakat demi peningkatan perekonomian dan pendidikan warga masyarakat (22/1)

Multi Fungsi

H Subianto jujur mengakui bahwa disalurkannya bantuan ratusan juta rupiah di Jomblang Rt.05 Rw.01, karena ingin mengabdi dan perduli kepada tanah leluhur  mengingat masa kecilnya pernah bertempat tinggal di Dusun itu, sehingga ikatan batin dan kekeluargaan sangat kental di hatinya.

Anggota Dewan melalui Partai Demokrat ini berharap dengan dibangunnya jalan rabat beton di jalan utama dusun jomblang rt.05 rw.01 sepanjang 900 m ini diharapkan dapat sebagai fasilitas umum yang multifungsi, disamping untuk kelancaran transportasi bagi masyarakat umum untuk menuju ke area persawahan setiap harinya, juga sebagai jalan tembus untuk anak sekolah menuju SMPN 2 Puncu. Begitu pun jalan utama itu akan mampu mendorong peningkatan laju pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah kecamatan Puncu, Kepung dan sekitarnya. Pasalnya, jalan ini dilalui masyarakat petani yang mengangkut hasil pertanian yang melimpah dari area persawahan menuju Pasar Karangdinoyo maupun Kota Pare. “Sehingga berbagai jenis tanaman holtikultura seperti jagung, Lombok, dan sayur-sayuran, yang hasilnya melimpah setiap saat panen, melewati jalan ini langsung diangkut ke pasar dan dikirim untuk mensuplai permintaan pasar ke berbagai kota besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” tutur H Subianto menambahkan, pembangunan jalan rabat beton ini mampu menopang kesejahteraan perekonomian masyarakat secara simultan dan berkesinambungan.

Drs H Subianto MM, anggota DPRD Jatim, sangat antusias dan merespon semua usulan masyarakat melalui berbagai kelompok masyarakat dan UMKM di Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri (22/1)

Merealisasikan Usulan Masyarakat

H Subianto juga menjelaskan bahwa, apa yang telah dilakukannya untuk membantu para petani dan masyarakat di Kecamatan Puncu dan Kepung ini juga banyak. Diantaranya, pipanisasi di Desa Besowo dan Kencong bernilai ratusan juta, Sound system untuk kelompok senam ibu-ibu di Desa Karang Dinoyo, Pembangunan Musholla baru Al Huda Rt.26 Rw.06 Desa Karangdinoyo senilai 100 juta, sedangkan di Dusun Jatimulyo Masjid Al Falah senilai 150 juta, jalan rabat desa dan MTs juga pernah dibantu, serta masih banyak bantuan yang digelontorkan untuk masyarakat, baik melalui Provinsi maupun bantuan secara pribadi.

Acara Peresmian Jalan Kutilang Dusun Jomblang ini dihadiri selain ratusan warga masyarakat, juga para Kepala Desa di Wilayah Puncu, Tokoh Masyarakat dan UMKM dari Dusun Jomblang seperti Hendy Penata Rambut level Internasional yang asli dari Jomblang, serta Riris, gadis kreatif yang mendirikan dan mengembangkan UMKM Batik, Sekcam Puncu Sutrisno SE, MM, Anggota DPRD Kabupaten Kediri Darminto SE, serta para tokoh agama dan sebagainya.

Tidak berharap pamrih berlebih terhadap semua yang telah dilakukannya untuk masyarakat, namun H Subianto  ingin selalu  mengabdi dan membantu masyarakat umum tanpa terkecuali. “Monggo, apabila ada berbagai elemen masyarakat yang berharap dan ingin berbagai bantuan demi kepentingan umum, silahkan berhubungan dengan Tim kami, sesegera mungkin akan lebih baik,” pungkas Drs H Subianto MM, yang menunjuk anggota Tim bernama Sony agar mendata dan mengakomodir semua usulan dari masyarakat untuk dibantu. Karena Jatim Bisa. Bianto saja….. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …