Home Jawa Timur 01-Kediri Kepakan Sayap Universitas Terbuka Di Ekspo SMAN Wates Kediri

Kepakan Sayap Universitas Terbuka Di Ekspo SMAN Wates Kediri

9 min read
0
2
89

Kediri (MPN) – Tajam dan Terbesar. Universitas Terbuka menjadi yang terbesar dalam jumlah Mahasiswa serta mampu mengakomodir kepentingan setiap mahasiswa yang ingin terus belajar meski setiap hari diselimuti aktivitas rutin untuk bekerja dan berkarya. “Belajar bisa dilakukan dimana saja dan dalam usia berapapun, semua orang dapat menempuh kuliah di Universitas Terbuka,” tandas Turmudzi SPd, MM, pengurus Sentral Layanan Universitas Terbuka (Salut), Kabupaten Kediri dalam Expo Campus 2023 di SMAN Wates, Kamis siang (26/1).

Sering kita jumpai banyak siswa dan masyarakat yang selalu mengesampingkan dengan alasan klasik, yaitu gak punya dana, sibuk kerja serta usia sudah melebihi. Sehingga, fenomena tersebut mnyebabkan banyak pemuda dan orang Indonesia yang usia produktif tak mengenyam Pendidikan Tinggi, menyepelekan faktor efek kepada generasi penerusnya. “Padahal, di Universitas Terbuka semua faktor yang menjadi kendala tersebut bisa diatasi bila mereka mau dan semangat kuliah di Universitas Terbuka,” kata Turmudzi.

Universitas Terbuka, UT, Pokjar Kediri sedang mengikuti Expo Campus di SMAN Wates, Kab Kediri, Kamis siang (26/1).

Bahkan,lanjut Turmudzi,  masyarakat tak perlu khawatir bila kuliah di UT, karena status UT adalah Universitas Negeri yang tentu kredibilitasnya tidak diragukan, Akreditasi A, biaya kuliah sangat terjangkau, dan terpenting adalah sistem pembelajarannya, bisa dilakukan dimana saja, secara online, kapan saja, tanpa harus datang ke kampus, tidak ada batasan umur, serta program studi tak dibatasi.

Dia menyebut selain kuliah dapat ditempuh dimana saja, usia berapapun, biaya kuliah di UT sangat murah, hanya Rp 35.000/mata kuliah. Kalau yang dimiliki hanya Rp 35.000,- mahasiswa boleh hanya mengambil satu mata kuliah. Yang lainnya bisa diambil lain kali. Pun bagi yang harus bekerja. Bisa mengambil mata kuliah satu atau dua saja. Cukup simple.

Pengurus UT Pokjar Kediri, Turmudzi SPd, MM, sedang mengikuti sosialisasi Expo Campus 2023 di SMAN Wates (26/1)

Biaya yang relatif terjangkau, terinci seperti edaran yang dikeluarkan Kantor UT Malang, bahwa jenjang S-1 biaya administrasi pendaftaran hanya Rp. 100 ribu, untuk semua program Diploma dan Sarjana strata 1,semua jurusan yang ada. Sedangkan biaya perkuliahan bervariasi mulai Rp. 1.150.000,- hingga Rp.3.300.000,- per semester. Jurusan yang tersedia diantaranya, program Diploma, Diploma IV Kearsipan, hingga S1 PGSD, PGPAUD, Pariwisata, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi. Sedangkan S1 Fakultas Sains dan Teknologi meliputi Matematika, Statistika, Biologi, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi. Untuk Fakultas Ekonomi meliputi jurusan Ekonomi Pembangunan, Ekonomi syariah, Manajemen, Akuntansi, akuntansi Keuangan Publik, Pariwisata. Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat Administrasi dan Manajemen kepegawaian, Administrasi Bisnis, Pemerintahan, Komunikasi, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penterjemah, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Hukum, DIII Perpajakan. Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  adalah jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Pancasila dan Kewarganegaraan, Ekonomi, Teknologi Pendidikan.

Sedangkan Program Pasca Sarjana (S2), meliputi jurusan Pendidikan Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Periklanan, Administrasi Publik, Manajemen Bidang SDM/Pemasaran/Keuangan, dan Studi lingkungan. Sementara S3 adalah Ilmu Manajeman dan Administrasi Publik. Semua bentuk  pembayaran, dapat dilakukan melalui BRI, Bank Mandiri, BTN, BNI, Alfamaret.

Mahasiswa UT sedang menerangkan Eksistensi Universitas Terbuka di depan siswa dalam Expo Campus 2023 di SMAN Wates (26/1)

PTN Berbadan Hukum dan Mahasiswa Terbanyak

Eksistensi UT legal formal sejak didirikannya pada 1984. Terus mengepakkan Sayapnya di berbagai daerah, diantaranya Pokjar Kediri, berdiri sejak 2002, era guru SD dari SPG harus penyetaraan D2. Awalnya, hanya mengelola jurusan PGSD,namun kini telah mengembangkan berbagai jurusan, seperti jurusan PGPAUD, Perpustakaan, Bahasa Inggris, Hukum. “Bahkan era sekarang telah meningkat persyaratannya bahwa bagi mahasiswa PGSD dan PGPAUD, harus berpengabdian mengajar selama 2 tahun,” tutur Turmudzi. Saat ini awal 2023, UT melalui pokjar Kediri telah meluluskan mahasiwa jurusan PGSD sebanyak 1000 lebih, yang berasal dari daerah Kediri, Trenggalek, Tulungagung, Jombang dan Kasembon. Sementara jurusan yang lain, UT melalui pokjar Kediri juga telah melululuskan ratusan orang.

Bukti keseriusan lain: di masa kepemimpinannya UT menjadi PTN-BH. Perguruan tinggi berbadan hukum. Sejak tahun lalu. Sejajar dengan 16 perguruan tinggi terkemuka  lainnya. Padahal, seperti Universitas Negeri Jakarta, belum PTN-BH.

Dalam sebuah media online beberapa minggu lalu, disebutkan bahwa “Kelemahan” UT adalah belum punya program studi bidang tehnik. Misalnya teknik sipil, mesin, kimia atau elektro. Sistem pengajaran jarak jauh belum menemukan cara praktikum yang efektif. Padahal mahasiswa teknik harus banyak  praktik secara fisik.

Rektor UT Prof Drs Ojat Darojat MBus PhD, mengatakan bahwa problem ini harus dipecahkan. Negeri ini harus punya alumni bidang teknik jauh lebih besar dari bidang lainnya. Kita sudah terlalu banyak memiliki sarjana sosial dan agama. Termasuk sarjana hukum. Padahal UT-lah yang bisa mencetak sarjana dalam jumlah besar.

UT kini mempunyai 412.697 Mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, dan UT merupakan Universitas Negeri yang punya mahasiswa paling banyak di Indonesia, jauh mengungguli UGM yang jumlah mahasiswanya terbesar kedua.

Salah satu peserta Expo Campus 2023 di SMAN Wates adalah Universitas Pertamina Kebayoran Lama Jaksel (26/1).

Acara Expo Campus 2023 di SMAN Wates itu diikuti oleh beberapa Kampus Terkenal, yang beberapa Mahasiswanya berasal dari Alumni SMAN Wates. Diantaranya adalah UPN Veteran Jatim, Universitas Mataram, Politeknik Negeri Malang, Stikes Pamenang Pare, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Uniska Kediri, Universitas Airlangga Surabaya, LP3I, ITS Surabaya, Universitas Maritim Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, UNESA Surabaya, IIK Bhakti Wiyata, Institute Seni Indonesia Surakarta, Universitas Dian Nuswantoro Kediri, Universitas Jember, Universitas Pertamina Kebayoran Lama Jaksel, Universitas Brawijaya Malang, serta Universitas Terbuka.

Bergiatlah para pemuda, terus belajarlah masyarakat Indonesia dan Berjayalah Bangsa dan Negara kita, Indonesia.  … – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …