Home Jawa Timur 01-Kediri Satu Abad NU MWC Badas Gelar Kegiatan Keagamaan dan Perduli Umat

Satu Abad NU MWC Badas Gelar Kegiatan Keagamaan dan Perduli Umat

6 min read
0
0
196

Kediri (MPN) – Merawat Jagat Membangun Peradaban.  Dalam rangka Harlah Satu abad NU, Majelais Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Badas Kabupaten Kediri mengelar rangkaian Kegiatan Keagamaan dan Sosial Kemanusiaan, seperti Ziarah Maqbaroh, Tahlil Akbar dan Nobar Film Sang Kyai. “Hal ini akan mendorong dan meningkatkan rasa keperdulian sebagai umat manusia dan warga Nahdliyyin, untuk selalu meningkatkan keimanan melalui aqidah ajaran ahlulsunnah wal jamaah, serta perduli kemanusiaan,” tukas KH Khoirul Basyar MPdI, Ketua MWC NU Badas di PP Darul Falah Balongsari Desa Krecek, Selasa malam (31/1).

Rangkaian acara seperti Ziarah Maqbaroh ke Makam Rois syuriah MWC NU Badas yang pertama (2001 – 2012) KH M Zaini Chudlori, Tahlil Akbar, Kenduri makan nasi tumpeng bersama, Nonton Bareng Film Perjuangan NU berjudul sang Kyai, merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan MWC Badas tahun 2023 ini sejak KH Khoirul Basyar MPdI terpilih menjadi Ketua periode kepengurusan yang baru.

Tabur Bunga Sebelu Tahlil di Makam Rois Syuriah NU MWC Badas pertama 2001-2012, di belakang masjid PP Darul Falah Balongsari Krecek, selasa malam (31/1)

Bahkan Ziarah Maqbaroh ini, kata Basyar, merupakan tradisi yang harus dilakukan untuk mendoakan para pendahulu sebagai pendiri, pengikut dan pengurus NU di wilayah Kecamatan Badas. “Kita bisa lancar dan berhasil mengembangkan kegiatan pendidikan, keagamaan dan kemanusiaan dalam measyarakat seperti ini, juga karena jasa para beliaunya,” tambahnya. Bahkan ditegaskan, apabila para nahdliyyin di kecamatan Badas yang melaksanakan ziarah ke makam para wali, atas nama organisasi NU, maka diharuskan lebih baik untuk ke Maqbaroh KH M Zaini Chudlori ini.

“Sekaligus kita proklamasikan bahwa momentum Ziarah Maqbaroh dan Tahlil ini merupakan amaliyah kita untuk mendoakan dan menghormati para pendahulu yang berjuang dan berperan di Kepengurusan MWC Badas demi kemaslahatan umat,” tandas Basyar seraya menyebut momentum harlah satu abad yang pertama ini sangat tepat guna menghormati, menghargai peran Rois Syuriah yang pertama juga di MWC Badas, KH M Zaini Chudlori dalam memajukan NU melalui Pembangunan Pondok Pesantren Darul Falah, Lembaga Pendidikan Madrasah maupun kegiatan keagamaan dan sosial kemanusiaan demi kemaslahatan umat.

Kegiatan Kenduri makan Tumpeng bersama, seusai acara Ziarah dan Tahlil Akbar, di area belakang dan Teras Masjid di PP Darul Falah Balongsari Krecek, selasa malam (31/1).

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian acara Peringatan Satu Abad NU di Wilayah MWC Badas, diantaranya, pada selasa malam (31/1) ziarah makbaroh di makam Rois Syuriah MWU NU (2001 – 2012) yang pertama alm KH M Zaini Chudlori, Tahlil Akbar, Kenduri atau makan nasi tumpeng bersama. Dilanjutkan di halaman Masjid PP Darul Falah, nonton bareng Film Sang Kyai yang menceritakan tentang KH Hasyim Asyari dan KH Wahab Chasbulloh, sang Pendiri dan Penggerak Organisasi Islam NU yang mengembangkan ajaran ahlu sunnah wal-jama’ah.

Kegiatan lain adalah pada 23 Januari hingga 21 Pebruari 2023, dilaksanakan pemasangan 7000 Bendera NU dan Umbul-umbul di wilayah khikmad MWC NU Badas. Minggu 5 Pebruari 2023 juga digelar Semaan Al-Quran yang terdiri 130 majelis di berbagai Masjid yang tersebar di Desa-desa di wilayah Kecamatan Badas, kemudian sorenya kegiatan sosial kemanusiaan Santunan Anak Yatim. Berbagai lomba Religi tingkat TK/RA juga dilaksanakan dalam rangkaian Harlah Satu Abad NU ini.

Kegiatan Maqbaroh, Tahlil Kubro dan Nobar Film Sang Kyai, di PP Darul Falah Balongsari Desa Krecek Badas, selasa malam (31/1).

Acara Ziarah Maqbaroh, Tahlil Kubro, serta Nobar Film NU “Sang Kyai” ini dihadiri para Kyai sesepuh NU seperti KH Miftah Badri, KH Tolhah Hamid, Ketua FKUB Kabupaten Kediri Kyai Dafid Fuadi, Ketua MWC Badas KH Khoirul Basyar, Ketua Ranting NU Krecek KH Akhmadi Mukti sebagai tuan rumah. Para Pengurus Ranting NU 8 Desa di seluruh Kecamatan Badas, Para Pengurus MWC NU demisioner, PAC Banom NU Badas, Muslimat, Fatayat, PARNU se Kecamatan badas dan Tokoh Masyarakat. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…