Home Jawa Timur 01-Kediri Indahnya Berbagi, Sebuah Kepedulian Polsek Kandangan

Indahnya Berbagi, Sebuah Kepedulian Polsek Kandangan

6 min read
0
0
29

Kediri (MPN) – Berbagi itu Indah. Disamping sebagai manifestasi rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya, tapi juga merupakan bentuk kepedulian kita pada sesama. “Berbagi juga dapat menumbuhkan rasa bahagia menyelimuti hati dan berefek pada kebijaksanaan dalam setiap rutinitas aktivitas kita,” kata Iptu Wahyu Hariadi SH, Kapolsek Kandangan Kediri dalam kegiatan rutin Berbagi, jumat (3/2).

Kepedulian pada sesama ini diterapkan di kalangan anggota Polsek Kandangan dan masyarakat, menurut Wahyu,merupakan panggilan hati atas semua rahmat dan karuniNya, sehingga kita telah diberikan kesehatan dan limpahan rejeki dalam kehidupan ini. Tak hanya itu, aktivitas rutin menjadi mudah dan makin bijak demi membantu orang lain. Sehingga,muncul kebahagiaan hati yang mampu juga menyehatkan pikiran dan tindakan kita sehari-hari.

Meski kali ini hanya nasi sejumlah lebih dari 50 kotak, lanjutnya, itu juga sangat berarti bagi orang lain. Hal itu mampu menumbuhkan rasa simpati di masyarakat dan mereka yang membutuhkan, tanpa terkecuali. Aksi ini juga didukung oleh beberapa pihak instansi terkait, Lembaga-lembaga dan komponen masyarakat. Bahkan Polsek, secara rutin menggiatkan kegiatan ini seminggu sekali di hari jumat, dengan membagi bingkisan sembako dan nasi kotak kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti kaum dhuafa, anak yatim hingga masyarakat umum yang melintas di jalan secara bergantian di semua wilayah kecamatan Kandangan.

Para anggota Polsek Kandangan membagikan nasi bungkus kepada para pengendara yang melewati Depan Mapolsek jalan Malang Kandangan, jumat pagi (3/2).

Ketua FKUB Kandangan Gus Ali Nasuchan SPd, menyitir ayat al-Quran sebagai pedoman, di Surat  an-Nisa ayat 114 yang menyuruh umat muslim untuk senantiasa berbuat kebaikan salah satunya dengan bersedekah.  Yang artinya,

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar,”

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang banyak keistimewaannya. Keutamaan hari Jumat juga telah disabdakan oleh Rasulullah, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR Muslim).

Teladan

Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, juga menekankan, melalui para anggotanya, agar selalu menyisihkan rezeki setiap harinya ke kotak amal yang telah diletakkan di kantor. Meski hanya seribu dua ribu rupiah, bila telah berkumpul, dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Tradisi positif ini telah kita mulai sejak lama, kepada para anggota, dan agar menjadi efek positif yang mengembang ke setiap lingkungan komunitas yang lain,” katanya. Berbagi dapat menumbuhkan rasa bahagia, serta selalu mensyukuri atas nikmat dan rezeki yang telah diberikan Alloh SWT.

Kapolsek dan Wakapolsek Kandangan beserta anggota sedang membagi nasi kotak gratis kepada masyarakat yang melintas di jalan Malang Kandangan, jumat (3/2).

Polsek Kandangan secara rutin setiap jumat pagi, melakukan kegitan berbagi. Hal ini merupakan langkah komunikasi inovatif untuk membaur kepada masyarakat umum, terutama kaitannya dengan program kamtibmas. Karena dengan berbagi bisa meningkatkan kondusifitas dan sinergitas dengan semua pihak, tanpa terkecuali. “Maka, semangat berbagi ini lah dapat mendorong kinerja positif serta menyemangati masyarakat untuk kreatif dan bekerja keras demi peningkatan kesejahteraan ekonomi,” ujar Wahyu optimis. Demikian pula, kegiatan sentuhan kemanusiaan tersebut dapat menjadi suri tauladan Instansi, Lembaga-lembaga yang lain, untuk selalu memperhatikan lingkungannya, terutama anggota masyarakat yang tidak mampu, kaum lemah, Anak-anak Berkebutuhan Khusus atau Difabel (Cacat) di sekitarnya. “Karena keberadaan seseorang itu berderajad, berarti dan bernilai, apabila mereka dapat bermanfaat bagi orang lain,” tandas Gus Ali berharap agar komponen masyarakat, Instansi, maupun Lembaga dapat mengambil inspirasi dari Kegiatan Berbagi yang dilakukan Polsek Kandangan ini. Berbagi itu sangat Indah, bak pelangi sore hari di langit yang tinggi. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kreativitas Bernilai Spiritual Tinggi dalam Melaspas Peresmian 1000 Candi Nusantara di Banaran Kandangan Kediri

Kediri (MPN) – Spiritual Bermakna. Tak sekedar kreativitas berkehidupan namun pemban…