Home Jawa Timur 01-Kediri IK PLN Kediri Semangat Kolaborasi Demi Kemajuan dan Kesejahteraan

IK PLN Kediri Semangat Kolaborasi Demi Kemajuan dan Kesejahteraan

9 min read
0
1
210

Kediri (MPN) – Silaturahmi dan Sejahtera. Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara (IK PLN) Cabang Kediri gelar Silaturahmi dan komunikasi demi peningkatan kesejahteraan bersama. “Kebersamaan ini harus terus kita pelihara dan tingkatkan demi ketentraman dan inovasi dalam menggerakkan intuisi PLN demi kesejahteraan bersama. Juga pertemuan seperti ini bisa memperpanjang umur, nambah keluarga. Kami atas nama Institusi PLN Kediri akan selalu mensupport kegiatan IKPLN,” ujar Leandra Agung, manajer PLN UP3 Kediri dalam Acara HUT ke-22 IKPLN di Setono Gedong Kediri, rabu pagi (8/2).

Menurut Agung, IKPLN sebagai organisasi para pegawai PLN yang telah purna tugas, sangatlah penting sebagai mitra, karena ilmu dan pengalamannya sangatlah dibutuhkan sebagai masukan Kantor PLN demi peningkatan kinerja dalam pelayanan masyarakat. Disamping itu, melalui forum sinergi ini dapat mempererat persaudaraan dan kekeluargaan yang saling membantu demi kesejahteraan bersama.

Ketua IKPLN Kediri, Ciipto Aris Sudarno, dan Manajer PLN UP3 Kediri, Leandra Agung, dalam Acara HUT IKPLN ke-22 di Setono Gedong Kota Kediri (8/2).

Ketua IKPLN Cabang Kediri, Cipto Aris Sudarno, mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang hadir  dan kepada Manajer PLN UPP Kediri, Leandra Agung atas perhatian, kerjasama dan bantuan untuk kesuksesan acara HUT ke-22 IKPLN ini. “Mari terus kita tingkatkan silaturahmi komunikasi serta sinergi diantara kita semua, para anggota bersama institusi untuk aktivitas yang bermanfaat dan saling membantu antar anggota demi kesejahteraan bersama,” tandas Cipto yg pernah menyutradarai sinetron di TPI itu.

Sejarah dan Badan Berbadan Hukum

IKPLN merupakan Organisasi Perkumpulan Pensiunan Listrik Negara. Awalnya merupakan organisasi perkumpulan di bawah Perkumpulan Pensiunan Departemen Pertambangan dan Energi disingkat PPDPE unit PLN / IKPLN didirikan atas dasar Surat Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi nomor 0342.K / MPE / 1987 tanggal 29 April 1987. Sesuai Munas PPDPE Unit PLN/IKPLN pada 7-8 Februari 2001 telah menetapkan dan memperkuat jati diri nama organisasi pensiunan PLN menjadi Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara disingkat IKPLN sebagai satu-satunya wadah tempat begabungnya para pensiunan pegawai PT PLN (Persero) dan anak-anak perusahaannya, sebagai pengembangan dan penyempurnaan organisasi PPDPE Unit PLN / IKPLN berdasar SK Menteri Pertambangan dan Energi nomor: 0342.K / MPE / 1987 tanggal 29 April 1987. Berdasarkan tersebut, maka Pengurus IKPLN Pusat menetapkan tanggal 8 Februari 2001 sebagai lahirnya IKPLN.

Suasana Keakraban para anggota IKPLN Kediri dalam HUT ke-22 IKPLN di Setonogedong Kota Kediri (8/2).

Empat hal penting yang mendukung keberadaan IKPLN adalah 1) IKPLN merupakan wadah satu — satunya para Pensiunan Pegawai PLN, 2) Manajemen PLN Pusat, Unit — Unit dan Anak Perusahaan sebagai Pembina IKPLN, 3) Manajemen PLN Pusat, Unit — Unit dan Anak Perusahaan mendukung Usaha — usaha IKPLN, 4) Pensiunan Pegawai PLN dan Anak Perusahaan secara otomatis menjadi anggota IKPLN. 5) Kegiatan IKPLN karena bersifat organisasi nirlaba maka banyak bersifat sosial.

Kegiatan Sosial kesehatan bagi anggota dan masyarakat, Bedah rumah bagi anggota yang tak layak huni, menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan IKPLN, mulai pusat hingga kepengurusan di daerah. Dana kegiatan dimaksud diperoleh dari berbagai sumber, seperti CSR PLN dan pihak di luar PLN, dana sosial Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan ( YPK ) PLN serta Yayasan Baitul Mal (YBM) dahulu LAZIS.

IKPLN berkontribusi mensukseskan program PLN, DPPLN & YPKPLN baik dalam bentuk sharing idea, sosialisasi maupun pemberdayaan kompetensi yang dipunyai oleh anggotanya. 

Selamat HUT IKPLN ke 22 di Kediri , tetap semangat dan kolaborasi demi kemajuan dan kesejahteraan bersama (8/2).

Sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan maka IKPLN menjadi Perkumpulan berbadan hukum. Perubahan bentuk ini disetujui dalam Rakernas IKPLN yang diadakan pada tanggal 13 – 14 Februari 2018 di Jakarta.

Selanjutnya Pengurus IKPLN membuat revisi Anggaran Dasar Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara menjadi Anggaran Dasar Perkumpulan Keluarga Pensiunan ListrikNegara disebut IKPLN yang disahkan dengan Akta Notaris Merryana Suryana, SH, Nomor: 42 tanggal 18 Desember 2017.

Pengesahan keberadaan Organisasi Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara disebut IKPLN di Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0018299.AH.01.07 tahun 2017, tanggal 22 Desember 2017. Dengan berubahnya bentuk organisasi, maka semakin luas kesempatan mewujudkan maksud didirikannya organisasi, dimana salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Kegiatan usaha yang bersifat bisnis dimungkinkan dengan IKPLN sudah berbadan hukum dan merupakan tantangan bagi Pengurus untuk memanfaatkan “kendaraan” organisasi yang sudah siap di depan mata. Perkembangan IKPLN sampai dengan Maret 2021 adalah sebagai beriku, IKPLN Daerah : 28, IKPLN Cabang : 180, serta Anggota per Akhir Juni 2022 sebanyak 46.147 orang.

Para Anggota IKPLN Kediri tetap bersemangat dan bersinergi demi Kesejahteraan berama (8/2)

322 Anggota IKPLN Kediri dan Sinergi

Kini IKPLN Cabang Kediri kini beranggotakan 322 orang, akan terus bertambah setiap tahunnya karena terdapat para pegawai yang pensiun. Dalam HUT ke-22 acara yang dihadiri lebih dari 150 orang ini diisi kegiatan pemberian santunan kepada 10 anggota IKPLN kategori janda yg berpensiun dibawah 1 juta, dan diterimakan simbolis oleh salah satu anggota bernama Jemu, seorang ibu pensiunan pegawai Kantor PLN Kediri dari Kelurahan Jamsaren Kota Kediri. Santunan tersebut merupakan bantuan dari Manajer Kantor PLN UPP Kediri. “Semoga pada kesempatan lain, kita akan memperoleh bantuan lebih dari itu,” tukas Cipto, optimis yang disambut tepuk tangan para anggota IKPLN Kediri yang hadir.

Para anggota IKPLN Cabang Kediri tersebar di Area Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri dan Kabupaten Kediri. Sedangkan Unit Pelayanan Pelanggan (UPP) Kediri membawahi 11 Rayon Kantor Unit Laksana Pelayanan (ULP).

IKPLN Kediri terus berkarya, bersemangat serta berkolaborasi demi kemajuan dan kesejahteraan bersama. Hal itu dijalankan dengan penuh keseriusan namun fleksibel. Dan tentu bersinergi dengan semangat dan kolaborasi 4 Pilar, PT PLN–DP PLN–YPK PLN–IKPLN. Silaturahmi, terus maju dan Sejahtera. Aamiin… – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…