Home Jawa Timur 01-Kediri RA YPSM Bulupasar Pagu Berkualitas dan Berprestasi

RA YPSM Bulupasar Pagu Berkualitas dan Berprestasi

13 min read
0
10
315

Kediri (MPN) –Kreatif Inovatif. Raudlatul Athfal (RA) YPSM Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, berpredikat terbaik dan bermutu, dalam membina peserta didik usia dini. Selain sering menggaet prestasi, juga menerapkan pembelajaran kreatif berbasis Agamis. Keterlibatan orang tua dan siswa merupakan potensi yang terus dipelihara, layaknya keluarga. Layanan pendidikan untuk anak didik respektif, karena setiap anak selalu diperhatikan tanpa keraguan, meski itu saat jam istirahat. “Tak hanya dalam proses pembelajaran, ketika anak-anak beristirahat dan bermain, para guru juga selalu mengawasi dan membimbing,” tukas Yunik SPd, Kasek RA YPSM Bulupasar di Pagu (21/2).

Para siswa RA YPSM Bulupasar Kec Pagu, sedang istirahat sambil bermain bersama di halaman sekolah, tetep dipantau oleh para gurunya (21/2)

Pembinaan dan perhatian ekstra, lanjut Yunik, diterapkan agar gerak setiap siswa lebih fokus, terasa nyaman dalam belajar atau saat bermain. Pembelajaran kreatif juga diterapkan setiap hari di RA YPSM Bulupasar ini. Siswa diajak ke lokasi sambil diterangkan tentang apa yang ditemui. Misalnya, tema binatang, maka peserta didik itu diajak mengunjungi tempat pemeliharaan ayam, sapi dan sebagainya, dan saat tertentu rekreasi ke Kebun Binatang. “Sapi makan rumput, atau adukan makanan lainnya. Begitu juga Ayam Petelor, diberi makan minum setiap hari agar mereka tumbuh besar dan sehat, maka kandangnya harus dibersihkan,” terang Yunik. Anak diterangkan berbagai jenis dan fungsi binatang tersebut oleh peternak.. Saat topik tanaman pertanian, para siswa diajak langsung ke sawah, menemui petani. Dijelaskan, jenis tumbuhan, dikenalkan nama berbagai alat pertanian dan fungsinya.

Saat mengunjungi Stasiun Kediri, para siswa RA YPSM Bulupasar Pagu ini mendapatkan penjelasan dari para petugas Stasiun KA Kediri (21/2).

Tema transportasi, seperti Kereta Api, siswa RA YPSM Bulupasar, mengunjungi stasiun dan berkenalan dengan para petugas KA. Bahkan, suatu ketika, para siswa didampingi orang tua, diajak rekreasi naik Kereta Api di Kediri menuju Malang. “Kami memesan 2 gerbong, untuk pergi ke Malang, Dari Kediri pagi jam 8, tiba di Stasiun Tugu Malang jam 12 siang. Kemudian, Anak-anak dibawa ke alun-alun Tugu untuk beristirahat sambil bermain, hingga jam 3 naik Kereta lagi kembali ke Kediri,” ujar Yunik. Skema pembelajaran topik transportasi KA ini lebih mengena ke siswa, karena banyak sekali materi yang didapatkan, disamping mereka terhibur. Siswa dikenalkan namanya kondektur, siapa masinis, nama kereta api, nama berbagai kota yang dilewati hingga fungsi petugas dan loket pada stasiun Kereta Api. Apalagi semua dapat menikmati indahnya panorama alam dalam perjalanan. Pokoknya, seru. Bermain, belajar dan bersenang-senang.

Lomba Sepeda Hias dan Fashion Show adalah bentuk Komunikasi interaktif dengan orang tua siswa di RA YPSM Desa Bulupasar Kec Pagu Kab Kediri (21/2).

Guna menciptakan saling interaksi positif demi perkembangan peserta didik, antara Guru dan orang tua, Yunik dan para guru, melakukan konunikasi kreatif, melalui berbagai kegiatan. Diantaranya, Lomba Sepeda hias berhadiah dan Fashion Show, melibatkan orang tua. Mama-mia. Kegiatan ini dilaksanakan Agustus 2022 dalam rangka HUT RI. Gratis dan Berhadiah total senilai Rp.5 juta. Lomba Sepeda hias ini dialkukan berkeliling menyusuri jalan desa sekitar, yaitu Ngatup, Ngasem, Sobo, Kunir. Start dan finsh di Sekolah RA YPSM Bulupasar.

Dalam kegiatan Lomba Sepeda hias ini melibatkan instansi terkait, yaitu perijinan dan keamanan dari Polsek Pagu, menyertakan Mobil Siaga dari Pemdes Bulupasar, serta Juri Lomba dari luar daerah agar hasil penilaian lebih adil. Paling menarik, dalam lomba ini setiap peserta mendapatkan hadiah, doorprize. Jika tidak, anak bisa menangis. “Ini dimaksudkan setiap anak selalu senang dan berkesan,” papar Yunik mengaku kegiatan yang menelan biaya Rp. 5 juta itu didanai dari kocek pribadi. Begitupun Fashion Show, setiap peserta yang tampil juga diberi hadiah. Bentuk hadiah adalah Magicom, blender dan sebagainya.

Berbasis Keagamaan dan Inovatif

RA YPSM Bulupasar menerapkan Pendidikan Keagamaan, meliputi Mengaji, Sholat Dluha, Hafalan Al-Qur’an surat-surat pendek, Bahasa Arab, Hadist, Asmaul Husna. Sedangkan Kegiatan ekstrakulikuler meliputi Baca Tulis Berhitung (Calistung), Perkusi dan Seni Tari.

Berbagai upaya lain demi peningkatan kualitas peserta didik, juga dilakukan sekolah berbasis agama ini. Diantaranya, menerapkan aturan, setiap siswa harus menabung 2000 rupiah setiap hari, untuk melatih kedisiplinan anak. Hasil tabungannya suatu ketika dapat dipergunakan, untuk kegiatan pembelajaran praktek di luar sekolah sambil rekreasi bersama, seperti Naik Kereta Api ke Malang, Rekreasi ke tempat wisata dan sebagainya.

Menjaga lingkungan sekolah bersih, sehat dan disiplin, RA YPSM Bulupasar menerapkan aturan, Area Sekolah Bebas Pedagang. Siswa diperkenankan membawa bekal makanan minuman sendiri dari rumah. “Anak-anak tidak boleh bawa uang ke sekolah, tapi kalau untuk menanbung diperkenankan. Hal ni melatih siswa disiplin dan tidak boros serta ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah dari sampah,” tutur Yunik. Didikan begitu kreatif.

Para Peserta Didik RA YPSM Bulupasar saat mengikuti kegiatan Hari Besar Islam di Kemenag Kabupaten Kediri (21/2)

Tak hanya itu, Kegiatan keagamaan dan ekstra pada Hari Besar Nasional dan Agama juga diikuti, diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, Pemerintah Kecamatan Pagu, Pemdes Bulupasar, maupun berbagai Lembaga dan Instansi lain. Misalnya, Malam Takbiran, Peringatan Hari Santri di SLG, Manasik Haji, Sholawatan saat Bulan Puasa. Pembelajaran seperti ini adalah sangat berarti demi meningkatkan pengetahuan keagamaan dan wawasan kebangsaan kepada siswa. Didikan begitu inovatif.

Demi kemajuan sekolah dan siswa, Yunik yang juga aktivis Muslimat dan Fatayat NU, juga menerapkan kegiatan Parenting atau Pertemuan Dialog Interaktif dengan Orangtua Siswa. Dalam hal ini, Yunik mendatangkan Dosen dan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka (UT) sebagai nara sumber. Problematika dan solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak, Skema efektif dan berkesinambungan.

Biaya Terjangkau dan Anak Yatim Gratis

RA YPSM Bulupasar kini mempunyai 70 siswa, terbagi 4 kelas /rombel. Menerapkan 2 guru di setiap kelasnya, agar pembelajaran dan perhatian bagi setiap anak lebih mengena. Masuk sekolah, mulai senin hinggai jumat pukul 07.30 – 11.30 Wib. Spek pembelajaran yang diterapkan, pertama selalu berdoa sebelum pembelajaran dimulaidan setiap hari kamis sholat dluha bersama. Kedua Olahraga, ketiga ekstrakulikuler Tari dan Perkusi. Keempat kegiatan Jalan-jalan sesuai tema pembelajaran, seperti tema tanaman langsung ke sawah ketemu petani, transportasi ke Stasiun dan naik kerata api sambil rekreasi. Setiap jumat dilaksanakan infaq bagi siswa, minimal 1000 rupiah. Dana infaq yang terkumpul, digunakan berkegiatan sosial kemanusiaan, seperti bagi takjil di bulan ramadhan, Berbagi Nasi ke masyarakat ketika Lomba Tumpeng dan sebagainya. “Anak-anak dibiasakan bersedekah. Perduli dan berbagi,” kata Kasek Yunik yang juga sebagai Ketua Pokjar dan Manajer Finance Sentral Layanan Universitas Terbuka (Salut) Kabupaten Kediri.

RA YPSM Bulupasar Kec Pagu bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, Universitas Terbuka (UT) demi meningkatkan kualitas pembelajaran dan kegiatan kreativitas lembaga dan siswa. (21/2)

RA YPSM Bulupasar juga bekerjasama dengan pihak ketiga, seperti Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka. Mahasiswa UT jurusan PAUD melakukan praktek mengajar, membantu menciptakan kegiatan kreatif belajar, lomba, ketertiban administrasi dan sebagainya. Berbagai prestasi juga diraih sekolah berbasis religi ini, Di level Kecamatan, menggaet Juara dalam Futsal, Adzan, Anak sholeh (Hafalan surat-surat pendek), Pawai Budaya dan sebagainya.

RA YPSM Bulupasar mengedepankan Akhlakul Karimah. Dipimpin Yunik SPd sebagai Kepala Sekolah, dan 8 Guru potensial yaitu Choirun Nisa SPd, Isnaini Irva Nur Laily SPd, Ana Alvi Nursabila (sedang menempuh S-1), Ulfa Sawitri, Nur Chasanah, Aiunun Citra Natasya S.Farm, Nur Kholis SPd, MPd.

Tropy Penghargaan merupakan bukti atas prestasi yang diraih oleh RA YPSM Bulupasar Kec Pagu (21/2)

RA YPSM Bulupasar Pagu, sangat terbuka bagi masyarakat, untuk menitipkan anaknya bersekolah dan bermain. Kelompok PAUD pada usia 3 – 4 tahun, Kelompok A usia 4 – 5 tahun, serta Kelompok B usia 5 – 6 tahun. Biaya, relatif terjangkau. PAUD biaya pendaftaran hanya Rp. 440 ribu, itu untuk membeli 3 jenis seragam dan buku. SPP per bulan Rp. 25 ribu atau 2 ribu per hadir. Sedangkan untuk RA kelompok A dan B, biaya pendaftaran Rp. 490 ribu untuk membeli 3 stel seragam sekolah dan buku, serta SPP per bulan Rp.35 ibu. Bagi Anak Yatim Gratis.

Para Orang tua dapat langsung ke sekolah RA YPSM Bulupasar, di Jalan Klampisan Rt.01 Rw.01 Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri (Komplek Masjid At-Toyyibin) setiap hari pada jam kerja. Atau langsung kontak / hubungi Bunda Yunik  082139905838, Bunda Nur 081515336023, Bunda Ulfa 085816810510, Bunda Ana 083833535853, Bunda Isna 085732247317, Bunda Nisa 085735271198.  Monggo segera merapat ke RA YPSM Bulupasar…. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …