Home Jawa Timur 01-Kediri Toleransi Harmoni, Jalan Sehat HUT PHDI dan WHDI Kabupaten Kediri

Toleransi Harmoni, Jalan Sehat HUT PHDI dan WHDI Kabupaten Kediri

11 min read
0
3
199

Kediri (MPN) – Sinergi Berbagi. Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) menggelar Jalan Sehat terbuka untuk semua kalangan umat, dalam rangka ulang tahunnya di Sepawon Plosoklaten Kediri, minggu (26/2). “Kegiatan ini dapat menjadi wadah, saling mengenal dan berbagi dengan semua elemen masyarakat demi kehidupan yang harmoni, rukun sejahtera dan saling menghargai,” tutur Drs Murtaji MPd,H, Ketua PHDI Kabupaten Kediri.

Komponen masyarakat yang beragam khususnya di wilayah Kabupaten Kediri, lanjut Mutaji, merupakan potensi daerah yang menunjang keberhasilan pembangunan. Rasa saling menghormati, toleransi antar suku, agama dan budaya dapat menjadi potensi untuk saling mengisi dalam membangun kebersamaan yang indah, rukun, tenteram dan damai. Harmonis. Latar inilah, mendorong PHDI Kabupaten Kediri menjalankan rangkaian kegiatan jalan sehat, pentas seni tradisional, tumpeng ceria dan bakhti sosial kemanusiaan.

Ketua WHDI Kabupaten kediri, Rumijah SPd , sedang memberikan pucuk Nasi Tumpeng yang diserahkan kepada Ketua PHDI Kab Kediri, Drs. Murtaji MPd.H, di Acara HUT PHDI ke-64 dan HUT WHDI ke-35 di Desa Sepawon Plosoklaten, minggu pagi (26/2).

Berbagai kegiatan tersebut untuk memperingati HUT PHDI ke-64 dan WHDI ke-35, bertema Sehat Bersama Untuk Tingkatkan Pelayanan Umat Menuju Indonesia Maju. Berhadiah dan diperuntukkan bagi masyarakat umum. Murtaji berharap masyarakat Sepawon dan luar daerah di Kabupaten Kediri bisa mengambil hikmah dari terselenggaranya acara ini. “Dapat menjaga kerukunan dalam keberagaman, serta menjadikan Kabupaten Kediri sebagai contoh daerah yang menjunjung tinggi toleransi,” tukasnya.

Drs. Murtaji MPd,H, Ketua pHDI Kabupaten Kediri, sedang memberilan pucuk tumpeng kepada Romo Mangku Misri darri desa setempat di Acara HUT PHDI dan WHDI se kabupaten Kediri di Desa Sepawon, minggu pagi (26/2).

Kabupaten Kediri sebagai daerah yang memiliki keberagaman suku dan agama, sangat membutuhkan wadah untuk saling mengenal dan berbagi. Kegiatan ini diharapkannya bisa menjadi agenda tahunan. Sehingga akan semakin kuat semangat menghargai perbedaan. “Momen yang menunjukan bahwa bangsa Indonesia khususnya Kediri Jawa Timur, memang terjalin harmonisasi antara suku dan agama, tentram sekali. Inilah buktinya,” ucap pengurus FKUB Kabupaten Kediri itu.

Usai Jalan Sehat menyusuri Kampung Desa Sepawon, para peserta terus semangat mengikuti Senam sehat yang bikin suasana ceria bergelora dalam HUT PHDI dan WHDI Kab Kediri di Sepawon ini (26/2).

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada panitia, ssehingga bisa ikut memeriahkan acara saudara kita PHDI Kabupaten Kediri di Sepawon ini,” ujar Kurniawati dari Komunitas Sapto Darmo Desa Trisulo Plosoklaten. Demikian pula, Ibu-ibu umat kristiani GKJW Desa Sepawon juga turut memeriahkan HUT WHDI ke- PHDI ini. Sangat toleran dan harmoni.

Jalan sehat Berhadiah ini dimulai pukul 07.30 Wib, mulai dari Pura Aji Tunggul Wulung Desa Sepawon, menyusuri jalan desa sekitar sepanjang 3 km hingga finis di tempat semula. Animo masyarakat Sepawon dan sekitarnya antusias, mencapai lebih 500 orang. Sebelum pemberangkatan, diisi kegiatan senam bersama sembari bersenandung-ria seirama musik cha cha, bergelora. Sementara para peserta berkostum olah raga itu meliak-liukkan tubuhnya sambil berteriak kecil hahehahe bersemangat mengikuti gerakan instrukturnya. Hingga keingatpun bercucuran membasahi baju. Asyiik.

Usai, melenggang menyusuri jalan-jalan, para peserta finish dengan perasaan lega. Tibalah, hiburan tari menyela waktu istirahat mereka. Tampilan budaya lokal itu tampak gemulai, indah berseri dan bermakna. Kepakan selendang para penari nan cantik itu mengundang decak kagum siapapun yang melihat dan menikmati penampilannya. Betapa tidak, para gadis remaja itu mampu memperagakan warisan budaya leluhur itu dengan energik, santun dan menghibur. Astungkara.

Tampak suasana Jalan sehat yang begitu meriah dan bertabur hadiah dalam hUT PHDI dan WHDI Kabupaten Kediri di Pura Aji Tunggul Wulung Desa Sepawan Plosoklaten, minggu pagi (26/2).

Berbakti dan Mengabdi

Kegiatan dilanjutkan penampilan puluhan tumpeng berbagai jenis dan beraneka hiasan yang menarik, dipersiapkan oleh komunitas Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Kediri. Para anggota panitia acara sibuk menelusuri aneka jenis tumpeng dan menatanya untuk dipersembahkan para tamu undangan dan semua peserta yang hadir. “Tumpeng-tumpeng itu berbagai jenis lauk pauk, memang dipersiapkan sebagai suguhan para tamu, peserta hingga tamu undangan, karena kegiatan ini bertujuan menjalin kebersamaan dan tentu menjaga kekompakan, saling menguatkan, bersinergi, serta saling berbagi demi kemajuan umat dan masyarakat,” ujar Rumijah SPd, Ketua WHDI Kabupaten Kediri.

Kegiatan HUT PHDI ke-64 dan HUT WHDI ke-35 ini dihadiri atusan undangan dan lebih dari 500 peserta dari kalangan anggota, pengurus dan Penasehat PHDI se Kabupaten Kediri, juga masyarakat Desa Sepawon dan sekitarnya. Semua tampak bersemangat  membara, tetep setia melangkah agar dapat merengkuh memori yang menghibur hati. Menyambut Meriah dan menggapai hadiah.

Para Generasi Muda WHDI Kabupaten Kediri, turut bahagia dalam merayakan HUT PHDI ke-64 dan HUT WHDI ke-35 di Pura aji Tunggul Wulung Desa Sepawon, minggu pagi (26/2)

Pasalnya, acara yang melibatkan ribuan peserta itu, dibumbui dengan banyaknya dorprize yang cukup menarik. Tidak tanggung-tanggung terdapat 100 doorprize jumlahnya. Beberapa buah kompor gas, kipas angin, magicom, seterika, kipas angin, dan banyak lagi yang lainnya. Wow….

Tari Manuk Dadali diperagakan para gadis kecil nan cantik dari Pasraman agra saraswti Desa sepawon pimpinan monica, ikut memeriahkan acara Jalan sehat HUT PHDI dan WHDI Kab Kediri di Desa Sepawon, minggu pagi (26/2).

Hadir dalam Acara spektakuler itu, Camat Plosoklaten, Kasi Bimas Hindu Kabupaten Kediri, Kepala Desa Sepawon, Romo Mangku Misri Sepawon, Ketua PHDI Kabupeten Kediri Drs. Murtaji MPd.H, Ketua WHDI Kabupaten Kediri Rumijah SPd, para Ketua PHDI Kecamatan se wilayah Kabupaten Kediri, para Ketua WHDI Kecamatan se Kabupaten Kediri, serta para anggota PHDI dan WHDI, Walaka seluruh kabupaten Kediri, juga beberapa Undangan untuk umat kristiani GKJW Sepawon, Saptodarmo Trisulo Plosoklaten, masyarakat muslim setempat dan sebagainya.

Tidak heran, banyaknya peserta memadati Halaman Pura Aji Tunggul wulung, Jalan Utama Desa Sepawon Plosoklaten Kediri. yang menjadi start dan finish gerak jalan tersebut. Bahkan pesertanya membludak sampai di luar halaman. Terlihat juga, banyaknya pedagang kaki lima berjajar di luar pagar halaman, ikut meramaikannya. Seru tentu yaiyalah.

Monica pimpinan Pasraman Agra Saraswati Desa Sepawon, bersama para anak didiknya seni tari, seusai tampil memeriahkan HUT PHDI ke-64 dan HUT WHDI ke35 di Pura Aji Tunggul Wulung Desa Sepawon Plosoklaten Kediri, minggu pagi (26/2)

PHDI dan WHDI Kabupaten Kediri tetep mengagungkan kasih, meski hanya melalui kegiatan olah raga dan menikmati rezeki bersama, Paling tidak, kasih sesama dapat dlaksanakan seiring pelayanan umat yang kian meningkat dan berkualitas, dengan berbagi. Ibarat lentera dalam kegelapan, menerangi asa meski hanya sekedar mengurangi kepekatan hidup yang menyelimuti. Minimal,.menyambut mentari pagi yang setia menerangi alam semesta untuk kehidupan umat manusia. Maka itu, meski apapun bagaimana pun, semangat tak harus luruh di tengah perjalanan. Karena kehidupan tak bisa diduga, sampai kapan harus bertahan. Yang ada hanya satu asa dan terus berusaha, dengan kerelaan hati, menjalin kebersamaan dan persaudaraan. Guyub, Sayuk, Rukun Agawe santoso. untuk mengabdi dan berbakti pada Sang Hyang Widhi. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…