Home Jawa Timur 01-Kediri Membahana Ekonomi Kreatif Desa Wisata Sidomulyo

Membahana Ekonomi Kreatif Desa Wisata Sidomulyo

11 min read
0
10
320

Kediri (MPN) – Kreatif dan menggema. Destinasi Wisata Kolam Renang Tirto Gajah Mada Desa Sidomulyo resmi dioerasikan. Program Usaha kreatif ini dilakukan BUMDES Sidomulyo, atas sinergitas antara Pemerintah bersama DPRD, pokdarwis, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan ekonomi kreatif, yaitu Desa Wisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Hal ini disamping sesuai dengan prioritas program Mas Bupati Kediri, juga menjadi konsen kami sebagai Wakil Rakyat, dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tukas Pendiwan ST, anggota DPRD Kabupaten Kediri, dalam acara Peresmian Desa Wisata Ekonomi Kreatif, di Desa Sidomulyo Puncu Kediri, rabu pagi (1/3).

Kreativitas Desa Sidomulyo menjadi destinasi wisata ini, lanjut Pendiwan, merupakan langkah kongkret dalam upaya memulihkan peningkatan ekonomi pasca pandemi.  Melalui penciptaan Destinasi Wisata ini, ekonomi masyarakat terus bergerak karena tempat itu akan dikunjungi banyak warga untuk belajar, rekreasi, olah raga dan bersenang-senang, Sehingga itu akan mendatangkan penghasilan, tak hanya bagi BUMDES, namun para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Sidomulyo akan turut memperoleh masukan dari penjualan produk-produk usahanya, baik berupa barang-barang, jasa, makanan minuman dan sebagainya. “BUMDES dan Masyarakat akan mendapatkan peningkatan penghasilan dari Usaha di Desa Wisata Sidomulyo itu, serta uang yang masuk terus berputar di Desa dan tidak keluar,” papar Pendiwan.

Desa Wisata Sidomulyo Kolam Renang Tirto Hajah Mada. hari ini, rabu pagi (1/3) diresmikan oleh Bupati yang diwakili DPRD Kabupaten Kediri. Tampak Kolam Renang seluas 50m persegi itu begitu bersih, indah dan eksotis.

Ide Kreatif

Destinasi Wisata Kolam Renang Tirto Gajah Mada di Desa Sidomulyo ini, menurut Kades Sumilah, adalah salah satu usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sidomulyo, yang awalnya merupakan hasil dari berbagai ide kreatif pemdes dan masyarakat pemuda melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), ide itu dikuatkan Oleh Camat Puncu Hadi Subagiya SH, MH. Aspirasi, Gerak langkah inovatif ini langsung diakomodir oleh Pendiwan dan para anggota DPRD dari Dapil 3 (Puncu, Kepung, Kandangan) Kabupaten Kediri, seperti Darminto dan Anang Prakoso, yang dimasukkan menjadi pokok pikiran (Pokir) yang akhirnya menjadi program unggulan kegiatan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan. “Kegiatan inilah telah kita masukan dalam pembahasan Badan Anggaran untuk direalisasikan,” sambung Pendiwan yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Kediri itu.

Kades Sidomulyo, Sumilah, bertekad terus mengembangkan Desa Wisata melalui BUMDES, secara berkesinambungan dengan UMKM setempat demi peningkatan perokonomian warga Desa Sidomulyo (1/3)

Ditandaskan Sumilah, berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk para Wakil Rakyat itu, Program Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif “Kolam Renang Tirto Gajah Mada” ini dapat terlaksana dan diresmikan pada rabu pagi (1/3) ini. “Atas nama Pemdes, Pokdarwis dan seluruh masyarakat Desa Sidomulyo,kami mengucapkan terima kasih kepada Mas Bupati dan para Anggota DPRD, untuk menjadikan Desa Wisata Sidomulyo sebagai destinasi wisata desa baru. Sinergi berbagai pihak ini akan terus kami butuhkan untuk pengembangan wisata edukasi, olah raga, hiburan, kuliner serta tempat untuk bersenang-senang bagi semua kalangan, dari mana saja,” ujar Sumilah bernada optimis, senang, bahagia berseri-seri.

Desa Wisata Sidomulyo membahana, berlokasi tepat di area lapangan, belakang pasar Sidomulyo, pinggir jalan utama lintas Pare Wates. Berfasilitas komplit. Meliputi, Kolam Renang Luas sekitar 50m persegi untuk Dewasa dan Anak-anak, Toilet Kamar Mandi 4 buah, serta beberapa ruang ganti baju. Tak ketinggalan, di teras pinggir kolam keliling ditempatkan, play ground anak, Water Park kecil, hingga Gazebo sebagai gardu pandang untuk santai berleha-leha sambil memandang kerumunan orang memadati kolam renang dan hamparan sawah luas nan hijau di sebelah timur lokasi Kolam yang dikelilingi pagar besi itu.

Momen Pengguntingan Pita, tanda peresmian Operasional Desa Wisata Sidomulyo, Oleh Pendiwan ST Anggota DPRD Kabupaten Kediri dari Fraksi PDI Perjuangan, didampingi Sumilah Kepala Desa Sisomulyo. serta para pejabat lain (1/3)

Sedangkan tepat di area samping Gapura pintu masuk, tempat kuliner berjejer rapi, menyediakan makanan minuman bagi pengunjung dan para tamu jauh. Kedai-kedai itu milik BUMDES Sidomulyo, terdiri para UMKM yang produk makanan minuman, snack juga berasal dari Warga desa setempat yang tergabung dalam UMKM di Desa Sidomulyo.

Sementara di seberang pintu depan kolam, terdapat gedung Besar semi Indoor yang difungsikan untuk kegiatan Olah Raga Futsal, Bola Voli, Badminton, serta dapat dipergunakan untuk acara gathering komunitas, Acara Seremonial, Live music dan sebagainya. Bahkan, lantai yang tampak bersih kesat standar event besar itu, juga dimanfaatkan untuk gelar produk UMKM Desa Sidomulyo dan berbagai daerah di Kecamatan Puncu, “Berbagai event apapun, nanti dapat diselenggarakan di gedung ini,” tambah Sumilah.

Inovasi Pokdarwis

Camat Puncu Hadi Subagiya SH, MH, menandaskan bahwa munculnya Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif ini, dimaksudkan selalin dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat sekitar, juga inovasi kegiatan para anak muda melalui Pokdarwis agar terus mengembangkan berbagai usaha yang berkaitan dengan Destinasi Wisata Kolam Renang dan Gedung indoor ini. “Sehingga, suatu ketika Pokdarwis dapat menggandeng para penyelenggara even, agar berkegiatan di sini dan mengundang keramaian, yang efeknya meningkatkan penjualan produk makanan, minuman, oleh-oleh dari UMKM setempat. Inilah namanya ekonomi kreatif,” kata Hadi yang bertekad terus mendukung dan memfasilitasi kebijakan untuk pengembangan berkelnjutan dari Desa Wistata Sidomulyo ini. Munculnya Desa Wisata Sidomulyo ini akan merangsang tumbuhnya Desa-Desa Wisata lain, khususnya di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

Pendiwan ST, bersama anggota DPRD Kab Kediri Dapil 3, Darminto SE dan Anang Prakoso SE, Kades Sumilah, Camat Puncu Hadi Subagiya SH, MH, Danramil Kapten Arm Bangun Budi Adi, Kapolsek AKP Gatot Pesantoro SH, Sekcam Sutrisno SE, MM, serta para pejabat lain, para Kades se Kecamatan Puncu. Mereka meninjau area Kolam Renang Tirto Gajah Mada (1/3).

Peresmian Desa Wisata Sidomulyo ini dilakukan oleh Pendiwan ST yang kapasitasnya sebagai anggota DPRD yang mewakili Mas Bupati. Hadir dalam acara itu, Plt Camat Puncu Hadi Subagiya SH, MH, Pendiwan ST, Darminto SE dan Anang Prakoso SE dari anggota DPRD Kabuapten Kediri, Sekcam Puncu Sutrisno SE, MM dan Kasi Trantib Sugianto, Danramil Puncu Kapten Arm Bangun Budi Adi beserta Babinsa Sidomulyo, Kapolsek Puncu AKP Gatot Pesantoro SH, beserta Babinkamtibmas, Kades Sidomulyo Sumilah, Para Kades se wilayah Kecamatan Puncu, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Pokdarwis dan Linmas Sidomulyo. Juga dihadiri lebih dari 500 warga yang berminat berenang dan bersantai dengan keluarga.

Pada khusus hari ini saat peresmian, Fasilitas Kolam Renang dan penitipan motor diperuntukkan masyarakat secara gratis, sebagai tanda bersyukur dan bersuka-ria dengan masyarakat, atas berhasilnya Desa Sidomulyo menjadi Destinasi Wisata Baru, yang menyenangkan, edukatif, indah dan eksotis. Tentu saja hari berikutnya, tarifnya sesuai standart lokal. Tidak mahal dan terjangkau. Kepada semuanya, Monggo berduyun-duyun menuju Destinasi Wisata Kolam Renang Tirto Gajah Mada di Desa Sidomulyo, sekitar 4 km ke selatan dari arah Pare….. Berhappy-ria seraya menikmati panorama Gunung Kelud yang tampak dari kejauhan. Wow.. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …