Home Jawa Timur 01-Kediri Ekonomi Kreatif Dahar Durian Desa Medowo Kandangan

Ekonomi Kreatif Dahar Durian Desa Medowo Kandangan

8 min read
0
5
186

Kediri (MPN) – Kreatif Nikmat. Buah Durian memang Menggoda. Menggairahkan, banyak peminatnya. Menguntungkan sebagai komoditas perdagangan dan ekonomi kreatif. Sehingga banyak kemasan even, guna mengangkat daerah penghasil durian menjadi Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif. Maka itu, Desa Medowo Kandangan Kediri, gelar Dahar Durian Medowo 2023 di Desa Medowo, sabtu siang (4/3). Acara begitu meriah dan nikmat. “Even Dahar Durian ini merupakan kegiatan inovatif. Luar biasa. Tahun Depan akan kita jadikan Agenda tetap Kegiatan Pemerintah Kabupaten Kediri,” tandas H Haninditho Himawan Permana SH, Bupati Kediri, usai acara Dahar Durian bersama Forkompimda Kediri, di Medowo.

Mas Ditho Bupati Kediri, didampingi Kades Medowo Sujarwo, merasakan nikmat, mantab Durian Desa Medowo, dalam Acara ‘Dahar Durian Medowo 2023’ di Desa Medowo Kandangan Kediri, sabtu siang (4/3).

Menurut Mas Ditho, kegiatan ini menjadi potensi wisata Desa yang berdampak pada pengembangan ekonomi kreatif. Karena akan mendatangkan banyak orang dari berbagai daerah dan terjadi transaksi penjualan berbagai produksi hasil pertanian masyarakat desa. Sehingga, peningkatan kesejahteraan ekonomi warga sangat tinggi. Tak hanya Buah Durian yang terjual, namun hasil pertanian lain seperti  Manggis, Alpukat, Pete, Kopi, Susu Sapi Perah, yang dipanen oleh Masyarakat Desa Medowo. Kegiatan ini telah berjalan setiap tahun sejak 43 tahun lalu. “Mengingat potensi ekonomi kreatifnya sangat besar, maka mulai Tahun depan, Even Durian akan diambil alih oleh Pemda sebagai kegiatan rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri,” tandas Bupati Kediri.

Danramil Kandangan Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd, Ketua UPT Puskesmas Kandangan Drg Elva Lailatin, sedang menikmati Durian Medowo yang nikmat dan mantab (4/3).

Membangun Perekonomian dan Wisata

Kepala Desa Medowo Sujarwo, mengatakan, Even Dahar Durian ini dapat terus memotivasi masyarakat agar membudidayakan durian secara baik dengan memperhatikan perkembangan teknologi. “Durian ini bisa membangun perekonomian dan pariwisata,” katanya di lokasi Even Dahar Durian.

Lebih dari 2000 orang, berpartisipasi mengunjungi acara Dahar Durian Gratis ini. Teknisnya, setiap pengunjung yang datang, diberi 1 kupon, yang selanjutnya ditukarkan dengan Durian di stan Tumpeng Durian milik panitia yang berjumlah 5 Gundukan Durian Besar. Ke-5 Tumpeng Piramida itu berkompisisi 2023 Durian. Semua itu Gratis sebagai hasil sedekah bumi Desa Medowo, untuk pengunjung. Sungguh menggoda. Bagi pengunjung yang menginginkan Durian lebih banyak dan istimewa, disediakan oleh masyarakat di lapak-lapak pinggir jalan depan rumah yang tentu nilai jualnya jauh lebih murah ketimbang yang dijajakan di Kota-kota. Wow.

Potensi Ekonomi Kreatif Desa Medowo, diantaranya Manggis, Salak, Durian Montong, Durian Ijo, Durian Lokal, serta Alpukat Mentega, yang menjadi komoditas Wisata dan Bisnis di Desa Medowo Kandangan Kediri (4/3).

Desa Medowo, tak hanya menghasilkan Durian Istimewa seperti Jenis Montong, Durian Hijau, Durian Lokal, namun juga menghasilkan Buah Alpukat Mentega, Manggis, Kopi excelso, Pete, Jengkol, Susu Sapi Perah, Salak. Khusus Durian setiap musim panen, sehari mencapai sekitar 3000 buah durian, sedangkan musim panennya berlangsung sekitar satu bulan pada setiap tahunnya. Berarti sebulan di musim panen, dengan kalkulasi rata-rata harga Rp. 30 ribu per buah, maka Desa Medowo menghasilkan 2,7 milyar minimal. Belum lagi, hasil panen yang berharga per kg, buah Alpukat Rp.25 ribu, Salak Rp.5 ribu, petai 20 ribu, jengkol 30 rb, manggis 30 ribu. Jika itu semua dikalkulasi, maka terdapat perputaran minimal mencapai lebih dari 5 Milyar, berputar di Desa ujung paling timur Kabupaten Kediri itu. ”Memang Durian dan buah lainnya di Medowo ini hasil panennya bernilai cukup mahal. Alhamdulillah,” ujar Parmi, seorang petani dan pengepul buah Durian serta buah lainnya, dari Dusun Medowo. Bahkan, Ibu 4 anak ini juga memproduksi Kopi bubuk murni kemasan siap saji Merk ‘Armi” yang harga bervariasi mulai kopi merah Rp. 17.500,- per 100gr hingga Rp.60.000,- per 500gr. Cukup prospektif.

Yuliono, petani dan pedagang Durian Desa Medowo, mengangkat Durian Besar berat 5 kg berharga Rp.250 ribu, yang dikembangkan sendiri yaitu perpaduan Durian Montong dan Durian Lokal. Sebuah hasil inovasi Durian Unggul Desa Medowo. (4/3).

Hadir dalam Acara Dahar Duren Medowo 2023, Bupati Kediri H Haninditho Himawan Permana SH, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho SIK, Mayor CAJ Bangun Sulisdiarto Pabung Kodim 0809 Kediri beserta Ibu, Kepala DPMPD Kabupaten Kediri Agus, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab Kediri Anang Widodo SP, Camat Kandangan Mohamad Sahroni SPd SD, Sekcam Eko Wahyudi SE MM, Danramil Kandangan Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, Kepala UPT Puskesmas Kandangan Drg Elva Lailatin beserta para stafnya, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd, para Staf dari jajaran Koramil Kodim 0809, Kades Medowo Sujarwo dan semua stafnya, Semua Kepala Desa se Kecamatan Kandangan.

Sedangkan yang terlibat unsur keamanan adalah Polres Kediri 1 SST, 10 Personil Polsek Kandangan, 10 personil Koramil Kandangan, 10 orang Satpol PP Kabupaten Kediri, serta 10 Banser dari Desa Medowo.

Even Dahar Durian Medowo 2023 ini penuh sensational. Meriah, Menguntungkan, Nikmat, Ekonomis dan Berprospek. Siapapun bisa datang pasca even, ke Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Jatim. Sekedar berwisata di Alam Segar Pegunungan 600 Dpl seraya menikmati Durian, Manggis, Salak, Alpokat Mentega, Susu sapi, dan Kopi Murni, Petai. Atau yang ingin berbisnis sangat terbuka dan professional, Masyarakat Desa Medowo selalu melayani senang hati, ramah dan murah. Mau Coba ?…… Ayo ke Desa Wisata Medowo…… – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…