Home Jawa Timur 01-Kediri Keberagaman Bersinergi Demi NKRI, TNI dan Semua Elemen Masyarakat di Kandangan

Keberagaman Bersinergi Demi NKRI, TNI dan Semua Elemen Masyarakat di Kandangan

9 min read
0
1
95

Kediri (MPN) – Sinergi Berbhineka. Keberagaman adalah potensi positif, dalam upaya terciptanya kehidupan yang tenteram, damai dan indah. Komunikasi intensif, bersinergi, bergotong royong, serta menjaga persaudaraan menjadi poin penting dalam kebersamaan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. NKRI. “Seberat apapun, dengan kebersamaan, akan tercipta persaudaraan yang semakin erat, damai dan sejahtera,” tandas Kapten Czi Roberto Hutabarat, Danramil 15 Kandangan, dalam Silaturami Forkompimcam bersama Para Perguruan Silat, Toga, Tomas, Toda Kandangan ,di Rest Area Lodenan Putuk, Desa Banaran Kandangan, jumat malam (17/3).

Paling tidak, menurut Roberto, kebersamaan ini akan menumbuhkan pemikiran positif, ide-ide kreatif, inovatif serta kesehatan jasmani rohani guna menciptakan suasana damai dan kekeluargaan.

Para Anggota TNI Koramil 15 Kandangan bersilaturahmi dengan Para Perguruan Pencak Silat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, guna menciptakan kondusifitas Wilayah Kandangan yang aman, tenteram, damai, sehat dan bersaudara (17/3).

Kandangan ini dapat dikategorikan Miniatur Indonesia. Telah lama terjalin sebuah kehidupan harmoni antara berbagai kelompok, ras atau suku, agama, yang berbeda-beda, namun tercipta kerukunan, saling menjaga saling menghormati, aman dan damai tanpa menodai berbagai kegiatan dan kepentingan kelompok satu dengan lainnya yang berlatar belakang keyakinan, agama yang berbeda. Namun, perbedaan tersebut menjadi indah tatkala etnis,, para pemeluk agama dapat saling menghormati dan membantu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berbhineka Tunggal Ika. “Keberagaman ini menjadi indah, rukun dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta Kandangan  aman, damai, yang harus kita jaga dan lestarikan,” tukas Danramil menandaskan bila ada yang mengganggu suasana damai seperti itu berarti mereka adalah pengacau. Pengganggu Stabilitas pengkhianat Bangsa, yang harus dibasmi demi NKRI. Karena apapun dan bagaimanapun, NKRI adalah harga mati.

Momentum Positip

Sementara Camat Kandangan Mohamad Saroni SPd, SD, mengharapkan pertemuan Silaturahmi ini dapat menjadi momentum positip berkomunikasi antar tokoh dan anggota, saling mengisi dan berbagi, diantara semua elemen masyarakat khususnya para perguruan silat. “Keberagaman masyarakat di Kecamatan Kandangan ini agar selalu terjaga keharmonisannya, tidak terjadi gesekan di akar rumput dan dapat diciptakan kegiatan positif, sosial maupun kemanusiaan demi kondusifitas wilayah Kecamatan Kandangan,” ujar Roni yang akan selalu mendukung semua kegiatan demi kedamaian di Kandangan.

Forkompimcam berfoto bersama PSHT Kandangan di Ledenan Putuk Desa Banaran jumat malam (17/3).

Gus Ali Nasuchan SPd.I Ketua FKUB, menyampaikan pentingnya forum Silaturahmi ini dilakukan secara intensip dan berkesinambungan, guna menciptakan kehidupan masyarakat yang tenteram, bekarakter, damai, saling menghormati serta handarbeni. “Bahkan tak hanya forum resmi saja, namun pertemuan dapat dilakukan, diefektifkan dalam suasana santai, non formal di manapun sambil ngopi, bertukar pikiran untuk menciptakan kegiatan positif di masyarakat,” tukasnya berharap kehidupan harmoni di wilayah Kandangan ini dapat mengimbas ke luar daerah dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.  Terlebih, dalam suasana Bulan Suci Ramadhan, bila berlomba untuk kebaikan, berkegiatan positif demi kemaslahatan umat seperti Silaturahmi ini bisa berkategori Ibadah kepada Alloh SWT dan akan memperoleh pahala yang berlipat. Aamiin.

Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, juga sangat mengapresiasi kebersamaan seperti dalam silaturahmi ini. Bahkan kamtibmas di wilayah Kandangan akan makin bernilai, bila sinergitas antar Pergurua pencak silat dan semua elemen masyarakat Kangangan dapat berkesinambungan dan menciptakan prestasi di level lebih tinggi. “Polsek selalu mendukung aktivitas Perguruan silat ini untuk berkreativitas demi kemajuan masyarakat,” ujarnya.

Acara Silaturahmi antar Perguruan Silat se Kecamatan Kandangan ini dilaksanakan di are Warkop Hutan Jati Lodenan, Dusun Putuk Desa Banaran Kandangan. Diselenggarakan Koramil Kandangan bersama Forkompimcam (Camat, Danramil, Kapolsek) didukung para Perguruan Silat (IKSPI, Tapak Suci, Pagar Nusa, PSHT), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Lintas Agama (Islam, Hindu, Kristen) FKUB, Tokoh Pemuda , Banser, Pecalang, Pemuda Gereja.

Lebih dari 70 orang hadir dalam acara Kegiatan ini. Diantaranya, Camat Kandangan Mohamad Saroni SPD, SD, Danramail 15/Kandangan Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Sekcam Eko Wahyudi SE, Kades Banaran Catur Wasono, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Ketua PHDI Yuliono,  Pendeta Kristen Richart Patinasarani, Tokoh Agama Kristen Noven, BPBD Kab Kediri Winarti, Kepala Perhutani Kandangan Heri Karyanto, Ketua Banser Rouf Panani, Sunyoto ketua Tapak Suci, Enggar Faisal Ketua IKSPI, Mardiono Ketua PSHT, Zainal Widodo Pagar Nusa, Sunarto Ketua Repos KDN, serta 70 orang dari anggota Perguruan Pencak Silat di Kandangan.

Forkompimcam berfoto bersama dengan para pengurus Repos KDN yang diketuai Sunarto (17.2)

Dalam komunikasi interaktif di acara tersebut, Sunarto Ketua Repos KDN, Faisal IKSPI dan Bambang PSHT, menyebut Kegiatan Silaturahmi ini dapat menjadi ajang keakraban dan persaudaraan diantara semua elemen masyarakat, khususnya antar Perguruan Pencak Silat di Kandangan. Maka mereka berharap dan bertekad, kebersamaan ini dapat diteruskan dan selalu didukung oleh pemangku kebijakan di Pemerintahan, guna menciptakan anggota perguruan silat yang berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun lebih tinggi lagi. Dengan begitu, dapat mengharumkan nama Kandangan sebagai miniatur Indonesia, yang dapat berimbas positif ke luar daerah, demi NKRI.

“Kegiatan Silaturahmi dalam upaya menjaga ketentraman, kedamaian, keharmonisan ini adalah sangat positif dan ini merupakan suasana  damai, indah dan warisan para pendahulu kita dalam berkebidupan yang berbhineka tunggal ika. Sehingga, suasana keberagaman, namun sikap saling menghormati, menghargai, Gotong Royong dalam kehidupan bermasyarakat di Kandangan ini dapat kita lestarikan sebagai Budaya positif demi keutuhan masyarakat Bangsa dan Negara,” begitu Kades Banaran Catur Wasono menukas.

– (Ajie) –  

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…