Home Jawa Timur 01-Kediri Restorative Justice Himbauan Kapolsek Kandangan di Sarirejo Karangtengah

Restorative Justice Himbauan Kapolsek Kandangan di Sarirejo Karangtengah

6 min read
0
2
44

Kediri (MPN) – Sinergi dan Restorasi Justice. Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, menghimbau agar semua warga masyarakat dan aparat selalu bersinergi, dalam mengatasi persoalan secara kekeluargaan, di tingkat bawah agar tak berimbas pada munculnya kesulitan lainnya. Demikian ditekankan Kapolsek dalam Acara Safari Ramadhan di Masjid Baiturahman Sarirejo Desa Karangtengan Kandangan Kediri, rabu malam (29/3).

Restorative justice adalah penyelesaian tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku, keluarga korban, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, atau pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil melalui perdamaian dengan menekankan pemilihan kembali pada keadaan semula. Pengertian restorative justice atau keadilan restoratif ini termuat dalam Pasal 1 huruf 3 Peraturan Polri Nomor 8 Tahun 2021.

Menurut Wahyu, restorative justice merupakan alternatif penyelesaian perkara dengan mekanisme yang berfokus pada pemidanaan yang diubah menjadi proses dialog dan mediasi yang melibatkan semua pihak terkait. Prinsip dasar restorative justice adalah adanya pemulihan pada korban yang menderita akibat kejahatan dengan memberikan ganti rugi kepada korban, perdamaian, pelaku melakukan kerja sosial maupun kesepakatan-kesepakatan lainnya.

Dalam pelaksanaan restorative justice, pelaku memiliki kesempatan terlibat dalam pemulihan keadaan (restorasi), masyarakat berperan untuk melestarikan perdamaian, dan pengadilan berperan untuk menjaga ketertiban umum.

Warga masyarakat Jamah Sholat Tarawih Masjid Baiturohman Sarirejo Desa Karangtengah, menyimak dengan seksama Himbauan Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH dan Kades Karangtengah Sukarmanto Wijaya, dalam Safari Ramadhan, rabu malam (29/3).

Oleh karena itu, sebut Kapolsek Wahyu, bila terjadi perselisihan atau persoalan kecil di masyarakat agar diselesesaikan secara damai adil di tingkat bawah yang melibatkan semua pihak, termasuk aparat seperti Pemerintah Desa, babinsa, Bhabinkamtibmas. “Kecuali pelanggaran hukum berat seperti Residivis dan sebagainya, penyelesaian hukum dibawa ke ranah Pengadilan,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut Wahyu, agar semua komponen masyarakat tanpa terkecuali, dapat bersinergi, bekerjasama untuk mengatasi perundungan anak, pernikahan dini, penyalahgunaan Narkoba, pilkoplo, kekerasan, pornografi yang mengakibatkan degradasi atau kemerosotan moral di kalangan pemuda dan masyarakat. “Maka itu sedini mungkin, berbagai persoalan yang melanda anak dan generasi muda ini harus diantisipasi bersama, secara bergotong royong agar kita dapat mempersiapkan anak-anak dan generasi yang sehat berkualitas yang mengedepankan etika demi masa depan mereka, Bangsa dan Negara,” tuturnya. Bersinergi dan saling menghormati semua komponen masyarakat, Berbhineka Tunggal Ika, demi kemajuan Indonesia Jaya ke depan.

Sementara itu Kepala Desa Karangtengah, Sukarmanto Wijaya, juga menekankan hal yang sama di masyarakat. Selama ini, berbagai persoalan perselisihan sering muncul di Desa Karangtengah, seperti keributan dalam setiap acara keramaian, gangguan keamanan lingkungan akibat ulah kerumunan anak muda, maupun perselisihan tentang Hak Waris dan sebagainya. “Hal-hal itu telah kami selesaikan secara kekeluargaan di tingkat bawah, di tingkat Pemerintah Desa yang melibatkan semua pihak terkait,” tukasnya seraya berharap agar semua anggota masyarakat selalu bersinergi dan waspada terhadap situasi yang menganggu ketertiban umum, terlebih saat puasa dan menjelang lebaran, seperti meningkatnya kriminalitas, tidak menyalakan mercon, atau menggunakan pengeras suara sound dalam ronda keliling dan sebagainya. Semuanya untuk menciptakan suasana Desa Aman dan kondusif.

Kapolsek menyerahkan Bantuan Sekardus Obat Pembersih Lantai Ruangan, atas nama Dewan Majid Indonesia (DMI), kepada Sarju Takmir Masjid Baiturohman Sarirejo Karangtengah, disaksikan Ketua FKUB Gus Ali Nasukhan SPd.I (29/3).

Dalam kesempatan Safari Ramadhan ini, Gus Ali Nasukhan SPd.I Ketua FKUB, menyampaikan amanah bantuan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI), untuk Takmir Masjid Baiturohman Sarirejo Karangtengah. Bantuan tersebut berupa Sekardus Obat Pembersih Lantai dan Ruangan, yang diterimakan oleh Sarju sebagai Ketua Takmirnya.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan tersebut dimulai pukul 19.00 WIB, dengan dilaksanakannya Sholat Isya bersama yang dilanjutkan sholat tarawih. Usainya, Kapolsek menyampaikan sambutan dan himbauan kepada warga dan jamaah tentang Kamtibmas, Keamanan dan Ketertipan Lingkungan Masyarakat. Kemudian ditutup Doa yang dipimpin oleh Gus Ali.

Hadir dalam acara ini Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Kades Karangtengah Sukarmanto Wijaya, Para Perangkat Desa, Babinsa Serda Suparno, Bhabinkamtibmas Bripka Manan, Staf Kecamatan, Pengurus GP Ansor Kandangan, Tokoh Agama Desa Karangtengah, serta warga masyarakat setempat. .– (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …