Home Jawa Timur 01-Kediri Merdeka Belajar Menuju Indonesia Gemilang Hardiknas di SDN 1 Kandangan

Merdeka Belajar Menuju Indonesia Gemilang Hardiknas di SDN 1 Kandangan

13 min read
0
12
526

Kediri (MPN) – Inovatif Gemilang. Pendidikan kreatif dan inovatif merupakan pondasi dasar untuk menggapai prestasi gemilang dalam setiap pembelajaran dan kegiatan, bagi siswa dan guru. Bergerak untuk terus melaju dalam kebebasan belajar dan berkarya menjadi yang terbaik hingga meraih sukses meski tanpa medali, namun tercetak generasi emas yang mampu berprestasi dan diteladani. “Kita sebagai komponen seluruh Bangsa akan selalu menyemangati dan berkreasi demi menuju generasi penuh potensi, untuk Indonesia Maju di masa depan. Oleh karena itu sesuai tema Hardiknas tahun ini yaitu  ‘Bergerak Bersama Semarakkan  Merdeka Belajar’,” tutur Elok Etika S.Sos, MM, Camat Kandangan dalam pidato Peringatan Hardiknas di SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri, selasa pagi (2/5).

Membacakan konsep naskah Pidato Mendikbudristek, Camat Elok menjelaskan bahwa Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Peringatan Hardiknas Kecamatan kandangan di SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri bersama Camat Elok Etika S.Sos, MM, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, para guru dari 9 Lembaga TK se Kandangan, selasa pagi (2/5).

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya melalui Platform Merdeka Belajar. Selain itu, para guru sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. Sejalan dengan itu, penekanan pembelajaran difokuskan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seperti seleksi masuk perguruan negeri yang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus.

Pencairan langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya sekarang lebih fleksibel dan memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar. Perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana untuk riset, juga telah melahirkan banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana fleksibel, dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya, sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan. “Maka itu, bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita,” tukas Camat.

“Setiap warga berhak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh insan pendidikan di pemerintah pusat dan daerah serta organisasi di dunia pendidikan untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di Indonesia,” kata Camat Elok yang membaca materi pidato memdikbudristek.

Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, “Bergerak Bersama semarakkan merdeka Belajar” di SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri, selasa pagi (2/50.

Layar sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. “Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tukas Camat Elok Etika .Sos, MM, menukil pidato Mendikbudristek.

Disiplin dan Khikmat dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2023 bersama Inspektur Upacara Camat Kandangan Elok Etika S.Sos, MM, di SDN Kandangan 1, selasa pagi (2/5).

Ditambahkan Elok, Hardiknas adalah momentum untuk selalu mengingat para pejuang pendidikan atas kontribusinya dalam mencerdaskan rakyat Indonesia. Pendidikan merupakan hal yang mendasar dan menjadi kewajiban negara untuk selalu menyediakannya berdasarkan undang-undang. Tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, menandakan pentingnya kemerdekaan belajar bagi semua lapisan masyarakat, hingga menumbuhkan semangat generasi emas Indonesia dalam menuntut ilmu. “Bulan mei ditetapkan Pemerintah sebagai bulan merdeka belajar, sebagai upaya meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan di Indonesia,” katanya. Untuk mewujudkan hal itu, kita semua harus meningkatkan semangat dan gairah dalam menuntut ilmu demi meraih prestasi gemilang.

“Setiap warga berhak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh insan pendidikan di pemerintahan serta organisasi di dunia pendidikan untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kandangan ini,” ujar Camat Elok.

Pemerintah dengan Program Nasional Wajib Belajar 12 tahun telah menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. “Adalah ugas dan tanggung jawab kita bersama untuk mendukung program ini dengan memberikan fasilitas dan dukungan yang dibutuhkan,” tuturnya.

Kepada para para siswa yang merupakan harapan bangsa ini, agar tidak mensia-siakan kesempatan yang ada untuk menuntut ilmu dan meningkatkan kemampuan untuk mengejar prestasi. Kita semua yakin, meskipun dalam keterbatasan, sekolah kita akan melahirkan insan-insan yang akan mewarnai bangsa ini. “Para siswa harus yakin dan selalu optimis bahwa kalian memiliki potensi yang sama dengan teman-teman kalian yang lain. Berani berubah dan sungguh-sungguh ingin berubah, itulah kunci untuk menuju generasi emas Indonesia,” kata Elok penuh motivasi.

Para Guru SDN Kandangan 1 bersama Kasek Sunarko Prasetyo SPd dan Camat Elok Etika S.Sos, MM, dalam rangka Upacara Hardiknas 2023, selasa pagi (2/5).

SDN Kandangan 01 Layak Bertempatan Peringatan Hardiknas

Sementara itu, Peringatan Hardiknas di Kandangan dan semua eleman masyarakat pendidikan, pada tahun 2023 ini dilaksanakan di SDN 1 Kandangan, mengingat Lembaga ini sangat representatif. disamping berprestasi, juga menjadi Sekolah inovatif SD Center. Diakui Kasek Sunarko Prasetyo SPd, bahwa SDN Kandangan 1 merupakan lembaga pendidikan dasar yang mempunyai kapasitas murid paling besar, mencapai 331siswa, dan berfasilitas memadai dan akomodatif, mulai jumlah ruangan, UKS, Perpustakaan, laboratorium pendidikan IPA, Ruang KKM,, tempat kegiatan ekstra, serta halaman luas dan aman. Selain itu, tingkat proses pembelajaran dan kemampuan prestasi siswa cukup signifikan  dan moncer. “Maka itu, tonggak bersejarah bangsa dalam Hardiknas tahun 2023 di Kecamatan Kandangan dilaksanakan di SDN Kandangan 01 ini,” tukasnya penuh semangat.

SDN Kandangan 1 mempunyai 16 Guru, terdiri 10 Guru Kelas, 2 Guru PJOK, 2 Guru PAI, 1 Guru Bahasa Inggris, 1 Tenaga Perpustakaan, 1 Tenaga Administrasi dan 2 Penjaga. Sedangkan Ekstrakulikulernya adalah Karawitan, Drumban, Tari, Banjari, Melukis, Pramuka dan sebagainya. Prestasinya terbaru di tingkat Kabupaten adalah Juara 1 Budaya Mutu Jenjang SD, Juara 2 Mendongeng Bahasa Jawa, Juara 1 – 2 Lomba Adzan Dies Natalies 39 SMPN 1 Kasembon.

SDN Kandangan 1 berpredikat Juara 1 Budaya Mutu Pendidikan se kabupaten Kediri (2/5).

Hadir dalam Upacara Hardiknas 2023 Kandangan adalah Camat Elok Etika S.Sos, MM, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, Kasek Senarko Prasetyo SPd, dan Para Guru SDN Kandangan 01, Perwakilan 9 Lembaga TK dan para Kasek Lembaga Pendidikan Dasar di Kecamatan Kandangan, seluruh siswa SDN Kandangan 01 yang berpakaian adat budaya daerah.

Ekstrakulikuler Karawitan di SDN Kandangan 1 untuk pengembangan dan uri-uri budaya daerah sebagai aset Budaya Bangsa dalam Merdeka belajar (2/5).
Atraksi Drumband Kegiatan Ekstrakulikuler di SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri (2/5)

Masa depan Indonesia adalah keberhasilan Anak Indonesia. Kreativitas manajemen pendidikan, merupakan langkah yang mesti dilakukan bersama, tanggung jawab semua, mulai stake holder pemangku kebijakan, guru hingga semua elemen masyarakat, tanpa terkecuali. Maka itu, guna menikmati pendidikan, kita harus berinovasi tanpa henti, berkreasi mencipta prestasi, menuju Anak Berkepribadian mumpuni, penuh dedikasi meraih prestasi Gemilang. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Indonesia Jaya.  – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …