Home Jawa Timur 01-Kediri Partisipatif Renovasi Pura Sidhi Amerta Nugraha Sidomulyo Medowo Kandangan

Partisipatif Renovasi Pura Sidhi Amerta Nugraha Sidomulyo Medowo Kandangan

6 min read
0
14
113

Kediri (MPN) – Iman dan Religi. Kualitas peningkatan keimanan sangat perlu diimbangi fasilitas ibadah memadai, guna meningkatkan konsentrasi sembahyang kepada Sang Hyang Widi Wasa. Maka itu, Pura Sidhi Amerta Nugraha Badung Dusun Sidomulmyo Desa Medowo Kandangan Kediri, direnovasi,khususnya di Balai Agung Madya Utama. “Balai Agung ini disamping usianya telah lama 20 tahun, juga dimaksudkan agar umat lebih nyaman dan konsentrasi dalam bersembahyang rutin di Pura ini,” ujar Yuliono Pengurus Pura sidhi Amerta Nugraha Dusun Sidomulyo Medowo Kandangan, minggu pagi (14/5).

Menurut Yuliono, renovasi ini sangat diperlukan mengingat kontinyuitas peribadatan oleh Umat Hindu di Pura Sidhi amerta Nugraha makin meingkat, seiring bertambahnya umat yang berdiam di sekitar Pura. Bediri sejak tahun 1984, sebagai sanggar pemujaan, yang kemudian pada tahun 2000, didirikan Padmasana dan Balai Agung Widya Mandala. Seiring berjalannya waktu, maka Balai Agung ini kurang representatif untuk ditempati umat yang telah berkembang menjadi 12 KK di Badung Dusun Sidomulyo ini. “Disamping itu, disesuaikan dengan berdirinya Gedung Pasraman yang megah pada 2 tahun lalu di lingkungan Pura, maka Balai Agung Madya Utama inilah juga harus direnovasi demi peningkatan keimanan dalam bersembahyang rutin,” kata Yuli yang juga Ketua PHDI Kecamatan Kandangan itu.

Proses renovasi tengah berjalan, tampak persiapan untuk pengecoran atap Gedung Madya Utama Pusa Sidhi Amerta Nugraha Dusun Sidomulyo Desa Medowo Kandangan Kediri (14/5).

Kegiatan ibdah rutin yang dilakukan di Pura Sidhi Amerta Nugraha kini sangat lah padat pada setiap minggunya. Diantaranya, ibadah setiap malam kliwon 5 hari sekali, Setiap Bulan Purnama, Tilem, dan melakukan anjangsana ke rumah-rumah umat secara bergantian. Pura itu melayani umat hindu di sekitarnya yang mencapai 12 KK serta Gedung Pasraman megah “Saraswati” berukuran 6mx21m di area pura juga melayani 100 lebih anak-anak yang berkegiatan sekolah minggu.

Renovasi Ruang Madya Utama tengah berjalan yang kondisinya sanagat membutuhkan partisipatif para Umat Sedharma (14/5).

Diperkirakan, perbaikan Bangunan Madya Utama Pura Sidhi Amerta Nugraha Dusun Sidomulyo, memakan waktu sekitar 2 bulan, hingga tanggal 2 Juli 2023 harus selesai karena diselenggarakannya Upacara Piodalan. “Untuk itu kami berupaya keras untuk mewujudkannya hingga bangunan Madya Utama Pura ini bisa selesai, meskipun keadaan umat Hindu dis ekitarnya sangat terbatas,” terang Yuliono yang merinci mata pencaharian umat yang mayoritas buruh tani dan pedagang musiman.

Dapat Melalui Rekening BRI

Mengingat keterbatasan kondisi umat dan keadaan ekonomi masyarakat menengah bawah di Dusun Sidomulyo Medowo Kandangan, maka renovasi Pura Sidhi Amerta Nugraha ini juga sangat memerlukan berbagai uluran tangan dari berbagai pihak, baik lembaga nmaupun perseorangan, guna menyempurnakan Balai Madya Utama yang kini tengah digarap serius oleh para pengurus.

Piagam Resmi Pura Sidhi Amerta Nugraha dari Dirjen bimas Hindhu Kemenag Jakarta (14/5).
Bukti Rekening BRI Pengurus Pura Sidhi Amerta Nugraha sidomulyo Medowo Kandangan Kediri, No.rek. 1829-01-000954-53-3.

Dengan segala kerendahan hati, panitia renovasi Pura Sidhi Amerta Nugraha Badung Dusun Sidomulyo Desa Medowo Kandangan Kediri, mengetuk berbagai pihak, khususnya Umat Sedharma, untuk handarbeni dan mengulurkan tangan demi penyelesaian renovasi Balai Agung Madya Utama dapat cepat selesai.

Renovasi Ruang Madya Utama Pura Sidhi Amerta Nugraha Sidomulyo Medowo Kandangan, disesuaikan dengan Gedung Pasraman Saraswati di area Pura (14/5).
Selamatan, sebelum dilakukan pembongkaran awal renovasi Pura Sidhi Amerta Nugraha Dusun Sidomulyo Desa Medowo Kandangan Kediri (2/5)

Bantuan dan Uluran tangan dapat disampaikan langsung kepada Panitia Renovasi Pengurus Pura Sdhi Amerta Nugraha Sidomulyo Medowo Kandangan Kediri, atau dapat langsung melalui Rekening BRI. KCP Kandangan.

Nomor Rekening : 1829-01-000954-53-3. Atas Nama : PENGURUS PURA SIDHI AMERTA NUGRAHA Dusun Sidomulyo Desa Medowo Kandangan RT.06/RW.02, Kabupaten Kediri Jatim. Sangat ditunggu nggih. Semoga Gusti Memberkati. Om Shanti…. Shanti…. Shanti…. Om….. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …