Home Jawa Timur 01-Kediri Sisi Inspirasi Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan di Kabupaten Kota Kediri

Sisi Inspirasi Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan di Kabupaten Kota Kediri

17 min read
0
20
425

Kediri (MPN) – Tajam Potensi. Tak sekedar prestasi, berinovasi menggali potensi di sekitarnya guna mendidik dan mencerdaskan Anak Berkebutuhan Khusus, penyandang disabilitas, SLB Raharja Sejahtera Kandangan menapak lebih tinggi lagi  sebagai satu-satunya SLB Penggerak di Kabupaten dan Kota Kediri. Tiga unsur kini melekat, terus digeluti yakni Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan. “Maka itu demi inovasi pendidikan kepada masyarakat, khususnya pengembangan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, kami berkewajiban dan mendukung total program Sekolah Penggerak yang melekat pada SLB Raharja Sejahtera Kandangan ini,” tutur Drs. H Subianto MM, Anggota DPRD Provinsi Jatim, di Acara Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera se Wilayah Kabupaten Kota Kediri, minggu pagi (28/5) di Kandangan.

Drs H Subianto MM, Anggota DPRD Provinsi memberikan spontanitas hadiah 1 juta rupiah kepada Penonton dan Para Anak Difabel Yang berhasil menjawab Pertanyaan simpel seputar pendidikan,, dalam mengawali sambutan Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan minggu pagi (28/5).

Bersama para Pejabat Cabdin Kediri, Forkompimca, FKUB, dan sebagainya, H Subianto, menjelaskan betapa pentingnya semua komponen masyarakat dan lembaga untuk berpadu membantu mencerdaskan kehidupan Anak Bangsa. Melalui dukungan moril materiil maupun kebijakan, tanpa terkecuali. “Momen ini adalah contohnya, tidak hanya aparat Pemerintah, Anggota Legislatif, Lembaga-Lembaga, Swasta, serta Komunitas Masyarakat terlibat dalam mensukseskan kegiatan positif yang berkelanjutan ini,” kata Wakil Rakyat di Provinsi Jatim itu optimis dengan eksistensi Sekolah Penggerak ini. Karenanya, H Subianto menyatakan siap meneruskan Pembangunan Fasilitas Gedung SLB Raharja Sejahtera Kandangan melalui program Pemprov Jatim Tahun 2024 mendatang.

Drs.H Subianto MM, Anggota dPRD Provinsi Jatim sedang memberi sambutan di Acara Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan (28/5).
Choirul Efendi Sugiarto SPd.Bio, MAp, Kasi PMA/PKPLK Cabdin Pendidikan Wilayah Kediri, menerangkan eksistensi Sekolah Penggerak (28/5).
Para Guru SLB Raharja Sejahtera Kandangan sangat bersemangat dan sedang berfoto bersama Bintang Tamu Gahar KDI, (28/5).

Kasi PMA/PKPLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri, Choirul Efendi Sugiarto, SPd.Bio, M.Ap, dalam sambutannya menerangkan arti Sekolah Penggerak yang kini diemban SLB Raharja Sejahtera Kandangan. Terdapat semboyan 3 Unsur melekat, yaitu tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Sekolah Difabel ini terbukti telah mampu memenuhi ketiga unsur itu. Meski, masih terus berupaya lebih berkualitas dan kreatif, kegiatan Launching ini berhasil menggerakkan animo masyarakat dan berbagai Lembaga Pemerintah dan Swasta, serta komunitas masyarakat untuk berpartisipasi. Paling tidak, semua komponen di Lingkungannya mengenal lebih jauh eksistensi SLB Raharja Sejahtera Kandangan dan peran aktifnya.

Camat Kandangan, Elok Etika S.Sos, MM, sedang memberi sambutan dan sangat apresiatif tentang Eksistensi SLB Raharja Sejahtera Kandangan se Kabupaten/Kota Kediri, dan Berprestasi, minggu pagi (28/5).

Camat Kandangan, Elok Etika S.Sos, MM, mengaku sangat terharu dan respektif melihat Eksistensi Anak-Anak Difabel yang selalu bersemangat dan tampil kreatif di panggung dalam menyanyi, menari, baca puisi hingga berjoget bareng ngikuti temennya bernyanyi, serta meliukkan tubuh kaki dan tangannya ikut senam pagi bersama Porpi and Aerobic. Bahkan, dia sangat salut luar biasa atas berbagai prestasi yang telah diraih SLB Raharja Sejahtera Kandangan ini. “Saya sangat terharu dan mengapresi itu semua,” tukas Elok turut bersemangat dan optimis.

Tercatat hingga kini, prestasi SLB Raharja Sejahtera Kandangan sangat membanggakan. Di tingkat Kabupaten Kediri pada 2019 Juara 3 Lomba Bola Bocce, Juara 3 Menyanyi Tingkat Sd HUT Boden Powel ke-164 pada februari 2021, Juara 2 Hafalan Surat Pendek Pramuka Berkebutuhan Khusus Kwarcab Kediri 2021, meraih juara 3 Lomba Da’i PBK SD se Kediri 2022, Juara 2 Lompat Jauh SDLB dan juara 3 Bola Bocce SMPLB dalam O2SN se wilayah Kediri 2022. Tingkat Provinsi Jatim di LPP Al-Irsyad Jember, meraih Juara 2 Lomba Tahfidz dan Juara 3 Drawing Ideas Kategori B Semarak ABK 2021, Harapan 3 Pantomim se Jatim Pesta Difabel SLB Tarmina Muntaz 2022. Paling bergengsi level Nasional adalah Juara 3 Fashion Show, Harapan 1 Menyanyi, Harapan 3 Menyanyi , yang kesemuanya  di Tingkat Nasional Tahap 9 Semarang pada 12 oktober 2022. Luar biasa.

Tamu Kehormatan dalam Acara Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan se Kediri, minggu pagi (28/5), tampat dari kanan adalah Pengawas SLB, Camat Kandangan Elok Etika S.Sos, MM, Kasi PMA/PKPLK Cabdin Pendidikan Wilayah Kediri Choirul Efendi Sugiarto SPd.Bio, MAp, Drs H Subianto MM, anggota DPRD Provinsi jatim, Sugiono Pengurus Yayasan Sejahtera Raharja, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM dan Ketua Penggerak PKK Kandangan.

Gelar Seni dan Produk SLB

Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan ini secara seremonial, dipandu oleh pembawa acara, MC Umi Zahro SPd (Kasek SLB PGRI Purwoasri). Acara juga diisi unjuk kreativitas ABK on the stage dan gelar produk hasil karya ABK. Tampak, Baca Al-Qur’an untuk mengawali acara inti, dilakukan oleh Ananda Nahel dari SLB B Dharma Wanita Pare, dilanjut Sholawatan Banjari diperagakan ABK SLB Kerabat Mulia Kepung dengan Kelompok Banjari miftakhul Jannah.

Tari Menthok-menthok diperagakan oleh 4 anak ABK dari SLB C Dharma Wanita Pare (28/5)
Sholawatan Kelompok Banjari Miftakhul Jannah dari SLB Kerabat Mulia Kepung sedang beraksi penuh hikmat (28/5)
Gelar Produk Anak Difabel dari SLB se Kediri di acara Launcing Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandngan, sedang diapresiasi Undangan dari Pengururs Himpaudi (28/5).

Sementara itu juga Tari Menthok-menthok diperagakan grup tari ABK dari SLB C Dharma Wanita Pare. Untuk menyanyi, panggung dimeriahkan oleh para penyanyi ABK berbakat, diantaranya Ananda Joko dari SLB B Dharma Wanita Pare, Ananda Alip dari SLB PGRI Badas. Sedangkan, khusus tuan rumah, SLB Raharja Sejahtera Kandangan, menampilkan Ananda Azka, Ananda Sanju, dan Ananda Shava, serta Baca Puisi Ananda Fani.

Shava,penyanyi kecil berbakat usai menyanyikan Lagu “Mimpi” Anggun C Sasmi, mendapatkan apresiasi dari Artis Bintang Tamu Gahar KDI, dalam acara Gelar Seni Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan, minggu pagi (28/5).

Ada momen sangat menarik, ketika Shava, gadis kecil Tuna Netra yang cantik, menyanyikan tembang bertitel “Mimpi” dari Anggun C Sasmi. Gahar KDI sebagai Bintang Tamu Launching itu, mendampingi Shava di panggung seraya mengangkat jempol tanda potensi suara Shava yang bagus dan menjiwai, sungguh luar biasa. Bahkan, artis KDI itu merangkul dan menyemangati Shava untuk terus belajar dan mengembangkan bakatnya agar sukses di kemudian hari. Hingga Mimpi itu benar-benar akan jadi Nyata. Teruslah berjuang ya Shava sayang, kami sangat mendukungmu, bisik Gahar memeluk gadis yatim itu.

Di samping panggung dan tenda kehormatan tamu, juga digelar berbagai produk ABK dari berbagai SLB se Kabupaten / Kota Kediri yang berjumlah 30 lembaga difabel. Diantara produk itu adalah Kain Batik Cap, Pas Bunga, Piring dari Anyaman Kayu dan Bambu, produk minuman sari buah kemasan, Madu botol, Kemasan Bawang Lanang Fermentasi, Tempat tisu, Taplak Meja, tas dan sebagainya.  Berbagai produk hasil karya ABK itu cukup menarik dan bersih. Patut Diapresiasi.

Bintang Tamu Artis Gahar KDI bersama ABK, dan Kak Siti Sofa Aqlu Instruktur Senam Porpi Aerobic, sedang melempar hadiah Doorprize pada audience yang mengerubuti panggung Acara, minggu pagi (28/5).

Bintang Tamu Gahar KDI dan Kak Siti Senam Porpi Aerobic

Sejak pagi jam 6.30 WIB kegiatan Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera, begitu meriah. Kak Siti Sofa Aqli, instruktur senam professional, mengomandani para Ibu-Ibu dan Remaja Putri menggerakkan seluruh badan yang diiringi dentuman musik ceria. Siap gerak, kanan, kiri,atas, bawah, diulangi lagi…….Ayooo…. Asyiiiik…….  Panggung pun bergetar. Bahkan, ratusan pesenam berseragam celana loreng dan kaos hitam pekat, terus bergerak jalan di area luas perumahan Griya Mapan Sehat Sentosa itu mengikuti instruktur di panggung yang diiringi music rancak bertitel DJ Rungkat, Mama Mia, dan lagu top hit lainnya.

Tak kalah menarik, Bintang Tamu Utama Gahar KDI, dalam aksi menyanyinya juga begitu spektakuler. Bahkan Artis KDI MNC TV itu berlenggang lompat turun kebawah, bernyanyi ceria sambil joget asyik bareng para pesenam dan Anak-Anak Difabel. Sangat komunikatif dan happy. Bahkan, lebih dari 7 lagu popular dinyanyikan oleh Gahar KDI, menghibur penonton, pesenam, ABK serta para tamu Undangan. Terima kasih. Matur Nuwun.

Para anggota grup senam Porpi aerobic, sangat antusias mengikuti acara senam sehat Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera (28/5).
Profil para pesenam Porpi aerobic sangat mendukung SLB Raharja Sejahtera Kandangan sebagai Sekolah Penggerak se Kediri (28/5)
Ojo Dibandingke, dilantunkan Gahar KDI di tengah para pesenam dan ABK, terus bergoyang dan semangat (28/5)

Hadir dalam Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan itu, para Tamu Undangan Kehormatan, seperti Drs. H Subianto MM, Anggota DPRD Provinsi Jatim, Camat Elok Etika S.Sos, MM, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, Kasi PMA/PKPLK Cabdin Pendidikan wilayah Kediri Choirul Efendi Sugiarto SPd.Bio, M,Ap, Pengawas SLB, Para Kasek SLB se Kabupaten Kediri, FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Ketua PKK, IGTKI, Himpaudi Tatik Rochmawati, Lurah Kandangan Misdiono, Anggota Polsek, Bhabinkamtimas, Puskesmas Kandangan dan lainnya.

Acara Launching Sekolah Penggerak ini didukung penuh oleh, Drs. H Subianto MM, Anggota DPRD Provinsi Jatim, Muspika Kandangan, Asper Perhutani BKPH Pare, Puskesmas Kandangan, Yayasan Sosial Raharja Sejahtera, Perum Griya Mapan Sehat Sentosa, EKS Group, Hery Gym, BLK  Widya Mandala Nusantara Banaran, PT Purwo Damar Jati, Kingdom Entertainment, Sowan Techno, AA Motor, Toko Halim, Klinik dr. Linda Tjahyono, Susu Pujon, Warung Bu Demang, Dynasti Swalayan, Senam Porpi and Aerobic (Siti Sofa Aqli), Repos KDN, Aksi, Pemuda RW 15, Asty Family, Kaffa Beauty, Toko Kroto Alam Sari, Bintang 9 Production, Anisa Catering, Toko Rofiq, BK KDN, dan Hamba Alloh.

Para Wali ABK sedang berfoto dengan Bintang Tamu Gahar KDI dan Sanju ABK yang sedang menyangi, optimis dan semangat (28/5).
Hadiah Utama Sepeda Mini diraih oleh Peserta Senam Sehat, sedang berfoto dengan Gahar KGI, Sugiono Pengurus Yayasan, Kasek Renny Kusuma Wardhani, SPd (28/5)
Alif dari SLB PGRI Badas sedang Menyanyi di acara Launching Sekolah Penggerak SLB Raharja Sejahtera Kandangan (28/5).

SLB Raharja Sejahtera Kandangan sangat berdedikasi dalam membina, mendidik ABK dan menggerakkan masyarakat demi peningkatan inovasi pendidikan dalam komponen Program Sekolah Penggerak. Berbagai kreativitas seni dan produk karya ABK itu tampak begitu inovatif. Tentu menjadi sisi inspirasi bagi kita semua agar selalu bersyukur dengan kondisi yang tanpa keterbatasan, Sehingga, kita akan selalu berusaha aktif berkarya dan ikut perduli serta apresiatif pada para Anak Difabel ini. Peace… – (Ajie)-.

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …