Home Jawa Timur 01-Kediri Mengorbit SDN Kandangan 1 Berdedikasi Tinggi Yang Layak Diteladani

Mengorbit SDN Kandangan 1 Berdedikasi Tinggi Yang Layak Diteladani

11 min read
0
12
888

Kediri (MPN) – Inovatif Berkualitas. Tak sekedar layanan pendidikan berdedikasi tinggi pada peserta didik, SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri, juga selalu meraih Akreditasi A Unggulan. Program prioritas pendidikan diterapkan, demi kualitas siswa, seperti Teknologi Digital Komputer, melalui aplikasi MS Paint, juga integrasi Bahasa Inggris dalam rutinitas mata pelajaran, sesuai Kurikulum Merdeka Berubah. “Ini merupakan kebijakan yang mesti kita terapkan agar para peserta didik, sejak dini mengenal perkembangan Teknologi Digital dan berwawasan global,” tukas Sunarko Prasetyo, SPd, Kasek SDN Kandangan 1 di Acara Penyerahan Kembali Siswa-Siswi Kelas VI Tahun 2022/2023 kepada Orangtua Wali, di Kandangan, minggu pagi (4/6).

Penerapan Program Unggulan ini, menurut Sunarko, terus dilakukan guna menghadapi situasi kondisi serba Digital saat ini yang menuntut para Guru untuk berkreasi dan bersolusi agar siswa memahami materi pembelajaran dibarengi penguasaan teknologi informasi yang berkembang di masa kini dan era mendatang. Maka itu, meski masih sebatas usianya di fase Pendidikan Dasar, pengenalan dan penerapan Aplikasi Komputer Digital harus dilakukan agar kelak lebih mahir bila mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi. Melalui, Aplikasi Microsoft MS Paint sebuah program aplikasi komputer untuk menggambar atau melukis.

Suasana Audien di Acara Penyerahan kembali Siswa siswi ke Orangtua Wali Tahun 2022/2023 di Kandangan, Minggu Siang (4/6).

Selain itu, komunikasi global yang selalu memakai Bahasa Inggris, harus pula dikuasai setiap siswa guna meningkatkan kualitas wawasan umum. “Oleh karenanya, kami akan menerapkan kembali Matpel Bahasa Inggris dalam rutinitas sehari-hari yang harus terus dikuasai siswa,” kata Sunarko. Bahasa Internasional itu sebelumnya tidak masuk dalam Matpel, hanya pilihan dalam kegiatan ekstrakulikuler siswa. Namun, pada ajaran 2023 / 2024 mendatang, SDN Kandangan 1, memasukkan kembali Bahasa Inggris menjadi Mata Pelajaran rutinitas pada setiap siswa kelas 3 hingga kelas 6. Sebuah inovasi yang patut diteladani.

Kasek SDN Kandangan 1, sedang memberikan Hadiah, Tropy dan Piagam kepada Para Siswi berprestasi yang didampingi para Orangtuanya, minggu (4/6)

SDN Kandangan 1 sangat representatif, adalah Sekolah inovatif SD Center. Meski setiap tahun selalu terakreditasi A, kini pada 2023, juga meraih Akreditasi A. Berpredikat Unggulan sebagai barometer keberhasilan layanan mutu Pendidikan di Kandangan dan sekitarnya. Bahkan di tingkat Kabupaten meraih Juara 1 Budaya Mutu Jenjang SD, Juara 2 Mendongeng Bahasa Jawa, Juara 1 – 2 Lomba Adzan Dies Natalies 39 SMPN 1 Kasembon.

Berkapasitas murid besar yang mencapai 331 anak dengan 12 rombel ini, SDN Kandangan 1 kini mengorbit di puncak, berfasilitas cukup lengkap dan akomodatif. Mulai Ruang Pembelajaran, UKS, Perpustakaan, laboratorium pendidikan IPA, Ruang AKM / Asesmen Kompetensi Minimun,, tempat kegiatan ekstra, Musholla, Ruang Aula, Kantor dan Ruang Guru, serta halaman luas dan aman. Alat-alat Drumband, Seperangkat Gamelan, Alat Musik, Komponen Alat Olahraga, juga dipunyai. Ekstrakulikuler yang mencuat adalah Drumband, Sholawat Banjari, Pramuka, Karawitan, Tari Daerah, Melukis dan sebagainya.  “Semua ini kita sediakan, agar semua siswa dapat terakomodir untuk meningkatkan kompetensi sesuai minat, bakat dan aspirasinya,” tutur Sunarko.

Para Guru SDN Kandangan 1 bersama Ketua Komite Puji Darmowiyono SE dan Kasek Sunarko Prasetyo SPd, sangat berdedikasi melayani pembelajaran demi peningkatan kompetensi dan prestasi (4/6).

Kelengkapan pendidik juga terpenuhi di Sekolah Unggulan ini, untuk 12 rombel di kelas 1 – 6. Tak perlu dikuatirkan, karena upaya Inovasi pemenuhan selalu dilakukan Kasek Sunarko Prasetyo SPd, mulai Tenaga Guru ASN, PPPK, hingga Honorer. “Ini selalu kami terapkan agar pelayanan pendidikan di semua rombel di setiap tingkatan kelas, selalu terpenuhi,” tandas Sunarko yang terus komunikasi intensif dengan Dinas Pendidikan Kabupaten untuk mengatasi semua persoalan, demi kemajuan Sekolah. SDN Kandangan 1 mempunyai 16 Guru, terdiri 10 Guru Kelas, 2 Guru PJOK, 2 Guru PAI, 1 Guru Bahasa Inggris, 1 Tenaga Perpustakaan, 1 Tenaga Administrasi dan 2 Penjaga.

Ketua Komite SDN Kandangan 1, Puji Darmowiyono SE, sedang memberikan Hadiah kepada Pemenang Orangtua Wali siswa dalam Lomba Memasak di Sekolah, beberapa hari sebelumnya (4/6).
Pranatacara dalam Penyerahan Kembali Siswa-siswi ke Orangtua Wali,minggu siang (4/6).

Penyerahan Siswa Kembali Kelas VI

SDN Kandangan 1 juga melaksanakan Acara pelepasan atau penyerahan kembali siswa kelas VI tahun 2022/2023 kepada orang tua wali siswa. Kegiatan itu merupakan rutinitas setiap tahun. Mengetengahkan gelar seni Banjari dan Silat untuk menghibur audien yang terdiri dari 57 siswa kelas VI dan 57 orangtua wali, para Guru serta Komite Sekolah yang memenuhi Ruangan besar dengan penuh hikmat dan rekreatif.

Para Siswa-Siswi Kelas 6 A Tahun 2022/2023 SDN Kandangan 1 berfoto bersama Guru Wali Kelas dan Kepala Sekolah (4/6)
Para Siswa-Siswi Kelas 6 B Tahun 2022/2023 SDN Kandangan 1 berfoto bersama Guru Wali Kelas dan Kepala Sekolah (4/6)

Acara pelepasan siswa itu begitu menghibur dan juga bernuansa edukatif. Karena, ditampilkannya para siswa berprestasi beserta orangtua walinya diatas panggung, untuk menerima hadiah dan penghargaan dari Lembaga. “Tentu ini menunjukkan perhatian serius Lembaga dan pesan penting kepada para orangtua, untuk selalu bersama-sama mendorong para siswa guna meningkatkan kemampuan belajar dalam setiap kesempatan agar berprestasi,” terang Sunarko menekankan keberhasilan siswa itu tak terlepas dari peran guru dan orangtua.

Grup Sholawat Banjari SDN Kandangan 1 sebagai pengisi Acara Hiburan dalam Penyerhan Kembali Siswa-Siswi Kelas VI ke Orangtua Wali, Minggu Siang (4/6).

Para siswa prestasi, Rangking Kelas 6A adalah Muhamamad Chasif Cahya Purnama nilai 91,75, disusul Akhmad Khudzaifah Khozin 91,45, serta Faiz Nur Rohman nilai 91,12. Sedangkan Peringkat kelas 6B yaitu Udzma Faizzah nilai 92,65, kemudian Jelita Emilyana Nur Zabrina 90,17 serta Nathania Maheswari Imanova 90,03.

Kini SDN Kandangan 1 dalam lulusannya juga memperoleh Golden Ticket atas dasar prestasi akademik dengan rangking 1-30 dan non akademik juara 1, 2, 3 sebanyak 14 anak ke SMPN Kasembon, 6 anak ke MTsN JK, beberapa siswa ke SMPN 1 Kandangan.

Keceriaan dan Ekspektasi Para Siswi SDN Kandangan 1 yang bercita-cita tinggi dan berkompetensi di Era Global serba Digital saat ini (4/6)
Penampilan Atraksi Kemampuan Silat Siswa SDN Kandangan 1 dalam Acara Penyerahan Kembali Siswa-Siswi Kelas VI ke Orangtua Wali (4/6)

Program Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB

Lembaga Pendidikan Dasar Favorit, SDN Kandangan 1, saat ini masih memberi kesempatan kepada masyarakat Kandangan dan sekitarnya, untuk mengirimkan anaknya agar dapat menikmati pendidikan berkualitas berbasis Kompetensi dan Teknologi Digital Berwawasan Global. Pendaftarannya cukup sederhana, diantaranya, berusia 6 tahun pada 1 juli 2023; Mengisi Formulir, disediakan sekolah, atau Pendaftaran Online; Pas Photo Warna 3×4 background merah di kertas Doff sebanyak 4 lembar; Copy Akte Kelahiran atau Surat kenal Lahir 3 lembar; Copy KK terbaru 3 lembar; Copy atas bawah KTP Ayah Ibu 3 lembar; Sertifikat TK (jika Ada) 3 lembar; Copy Kartu Indonesia Pintar / KIP (Jika punya). Atau lebih jelasnya, dapat langsung ke SDN Kandangan 1 di setiap hari kerja.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN Kandangan 1, kini telah dibuka pendaftarannya, dapat melalui Online maupun Datang Langsung ke sekolah (4/6).
Suasana Keakraban Para Orangtua Wali, Komite dengan Para Guru SDN Kandangan 1 untuk berkreasi demi kemajuan siswa (4/6)
Para Siswi Berprestasi Kelas VI Tahun 2022/2023, bersama para Orangtuanya dan Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo, SPd (4/6).

SDN Kandangan 1 berada di Jalan Malang No.257 Kandangan Telp. 0354 – 328656, atau Contact Person :Rista 085785868268 dan Emy 085859939059. Monggo segera ke SDN Kandangan 1, Bentuk dedikasi tinggi selalu dikedepankan dan program Unggulan Inovatif selalu diterapkan, untuk mencerdaskan masyarakat yang berbasis Budi Pekerti Adiluhung, mengenal Teknologi Digital, serta Menggeluti Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi Internasional. Tentu di SDN Kandangan 01.– (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pertahankan Martabat Kepengurusan HPK

Malang (MPN) – Berjatidiri Eksis. Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Terhadap Tuha…