Home Jawa Timur 01-Kediri Inspiratif Produktif Kue Olahan di Pelatihan BLK Widya Mandala Nusantara Kandangan

Inspiratif Produktif Kue Olahan di Pelatihan BLK Widya Mandala Nusantara Kandangan

13 min read
0
2
85

Kediri (MPN)Kediri (MPN) –Kolaboratif Unggulan. Pengembangan produktivitas berkelanjutan demi peningkatan mutu hasil dan solusi pasca pelatihan terus direalisasikan melalui upaya kolaboratif Manajeman dengan pemerintah dan semua pihak terkait. “Kreativitas ini sangat perlu dikembangkan oleh Manajemen, agar tahun depan siap menjadi BLK yang Mandiri dan berprospek Unggulan dalam berproduksi dan pemasaran hasil produk, demi peningkatan kesejahteraan ekonomi para peserta dan masyarakat,” tandas Pendiwan ST, Anggota DPRD Kabupaten Kediri, dalam Acara Penutupan Pelatihan Gratis Produk Olahan Kue dan Minuman BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan Kediri, Rabu Petang (5/7).

Elok Etika S.Sos, MM, Camat Kandangan, sedang menyerahkan Sertifikat kepada salah satu peserta Pelatihan Olahan Kue dan Minuman, dalam Acara Penutupan Pelatihan Gratis Produk Olahan Hasil Pertanian di BLK Widya Mandala Nusantara Desa Banaran Kandangan Kediri, Rabu Petang (5/7).

Balai Latihan Kerja (BLK) Widya Mandala Nusantara Desa Banaran Kandangan merupakan sebuah lembaga Pelatihan dibawah naungan Yayasan Widya Mandala Nusantara, yang berdiri pada Mei 2020. Namun mulai aktif  sejak pasca pandemi pada 2021, bergerak di jurusan pengolahan bahan pertanian.  Pada kurun waktu November 2021, melaksanakan Pelatihan angkatan I diikuti 16 peserta per setiap anggkatan, serta Gratis,karena sepenuhnya dibiayai Pemerintah melalui Kemnaker. Kemudian pada November 2022, menyelenggarakan Pelatihan Olahan Kue lagi dengan jumlah peserta 16 orang, juga Gratis dibiayai penuh Kemenaker. Sedangkan pada 7 Juni hingga 5 Juli 2023, melaksanakan Pelatihan Angkatan 1 tahun 2023, juga diikuti 16 peserta secara Gratis dibiayai oleh kemenaker.

Sutiyo ST, Ketua Yayasan dan BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan, sedang memberikan sambutan tentang Eksistensi BLK dan Prospek Pelatihan Gratis Angkatan I tahun 2023 tentang Produksi Olahan Kue dan Minuman selama 24 hari yang dibiayai penuh oleh Kemnaker (5/7).

Camat Kandangan, Elok Etika S.Sos, MM, merasa bangga akan eksistensi dan peran BLK Widya Mandala Nusantara ini,mengingat kegiatannya langsung dapat dirasakan dan diterapkan oleh masyarakat, terutama para peserta yang didominasi Kaum Perempuan. Yang kesemua itu akan berdampak langsung kepada peningkatan ekonomi peserta pelatihan, keluarganya dan masyarakat setempat. Sehingga, akan memunculkan pertumbuhan ekonomi daerah Kandangan dan sekitarnya secara global, karena nantinya tak hanya kue hasil olahan dari hasil pertanian saja, namun bisa berkembang pada produktivitas yang lain. Bahkan, dapat diupayakan membuat produk unggulan yang menjadi ikon Kandangan sebagai Oleh-Oleh dan Sumber Pendapatan Masyarakat sektor Wisata dan Ekonomi Kreatif.

Kapolsek Kandangan, Iptu Wahyu Hariadi SH, sedang menerangkan filosofi bisnis dan menyemangati para peserta Pelatihan Gratis Produk Olahan Kue dan Minuman di Acara Penutupan Pelatihan, Rabu Petang (5/7).

“Oleh karena itu, kolaborasi semua pihak, baik dari Pemerintah, Swasta, Anggota Dewan, semua komponen lembaga seperti FKUB, UMKM, Pengusaha serta elemen masyarakat yang lain, turut berpartisipatif guna mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui BLK ini,” ujar Elok menekankan membuat produk Unggulan Kue dan minuman kemasan, serta dipromosikan secara efektif dengan menyertakan tester di berbagai media dan pusat-pusat bisnis di luar daerah. Dia juga berpesan agar semua peserta, pasca pelatihan, untuk terus belajar mengembangkan produk, berinovasi dan selalu kolaboratif secara intensif dengan lembaga BLK dan pihak-pihak terkait.

Kapten Czi Roberto Hutabarat, Danramil 0809/15 Kandangan sedang menyerahkan Sertifikat kepada salah satu peserta Pelatihan Gratis Produk Olahan Kue dan Minuman dari Hasil Pertanian, Angkatan I tahun 2023, 7 Juni – 5 Juli 2023 yang dibiayai Kemnaker (5/7).

Pelatihan berbasis Kompetensi, kejuruhan Pengolahan Hasil Pertanian, spesifik pembuatan olahan kue, makanan dan minuman, ini dibiayai oleh Pemerintah Pusat, melalui Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) Angkatan I Tahun Anggaran 2023. Dimulai 7 Juni  – 5 Juli 2023, Diikuti oleh 16 peserta, terutama wanita ibu rumah tangga, yang berasal dari wilayah Kandangan dan sekitarnya.  Instrukturnya adalah Doni Krismantoro ST dan Suwono SPd dari BLK Widya Mandala Nusantara.”Target pelatihan ini adalah punya produk berijin resmi dan pemasaran produk yang telah dibuat yaitu Kopi Bubuk Eksklusif dan Keripik Salak dengan kemasan Istimewa,” tukas Sutiyo ST, Ketua BLK Widya Mandala Nusantara yang berusaha keras merangkaul koordinatif dengan lembaga pemerintah terkait dan pihak ketiga agar hasil Pelatihan ini BLK Banaran mampu memproduksi Olahan Kue, Minuman dengan penuh Inspiratif terhadap pertumbuhan produktivitas Warga Masyarakat..

Kolaborasi terkait antara Manajemen BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan, terus dilakukan dengan menggandeng pihak terkait, termasuk Forkompimca Camat, Kapolsek, Danramil, PHDI Kandangan diketuai Yuliono, Pemerintah Desa Banaran (diwakili Sekdes), Para Tokoh Agama ( diwakili Pendeta Ricard Patinasarani), dan Gus Ali Nasuchan SPd.I (Ketua FKUB) dan pihak terkait lainnya (5/7).

Acara Penutupan Pelatihan ini dilakukan oleh Pendiwan ST, Anggota DPRD dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Kediri. Dihadiri pula oleh Forkompimca Kandangan, Camat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, Pengurus BLK Widya Mandala Nusantara yaitu Sutiyo ST, Yuliono (juga PHDI Kec Kandangan), Doni Krismantoro, Suwono, Sekdes Banaran, Babinsa, Pendeta Richart Patinasarani, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I.

Sertifikat Pelatihan Angkatan I tahun 2023, pada 7 Juni – 5 Juli, diberikan kepada para peserta Pelatihan Gratis Produk Olahan Kue dan Minuman, yang dibiayai kemnaker (5/7).
Kapolsek Kandangan, Iptu Wahyu Hariadi SH, sedang menyerahkan Sertifikat secara simbolis kepada salah satu peserta Pelatihan Gratis Olahan Kue dan Minuman dari Produk Hasil Pertanian pada 7 juni – 5 juli 2023, dalam Acara Penutupan Pelatihan, Rabu petang (5/7).

“Yang paling penting, setelah pelatihan agar bisa membantu kemampuan peningkatan ekonomi peserta. Maka kondisi ini jangan disia-siakan dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan dalam membuat kue, agar menjadi spesialis dan laris dapat orderan langsung dari pasar,” tandas Pendiwan ST yang menjabarkan produk kue yang dihasilkan bisa dititipkan di sekolah, warung-warung, pasar dan sebagainya. Peserta harus berprinsip dan optimis dan tidak putus asa dalam menjalankan usaha.

Yuliono, Ketua Panitia Pelatihan Gratis Produk olahan Kue dan Minuman, BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan, sedang melaporkan hasil pelaksanaan pelatihan Gratis selama 24 hari, 7 Juni – 5 Juli, yang dibiayai Kemnaker (5/7).

Produktif Prospektif

Pelatihan Olahan Kue dan Minuman ini sangat perspektif. Paling tidak, saat selamatan di rumah, sebagian kue dapat dibikin sendiri ketimbang membeli. Begitu Produktif. Lebih jauh, para peserta pelatihan ini dapat membantu mendidik dan merealisasikan cita-cita sang putra-putri tercinta,melalui sikap disiplin, bersih, sehat dan hemat. Betapa tidak, anak-anak yang biasa menyukai kue, selalu menggunakan uang sakunya, untuk menikmati jajanan kue saat istirahat atau pulang sekolah. Jika sang buah hati itu membawa jajanan kue dari rumah hasil olahan sang Ibunda, maka mereka dapat belajar menghargai dan membanggakan hasil olahan orang tua. Sering pula, para siswa itu bisa belajar berbagi dengan temennya. Bahkan  uang saku itu, dapat disisihkan untuk ditabung. Sebuah pembelajaran sangat efektif, sehat dan hemat, didapat dari dampak panjang, dari Pelatihan selama 24 hari di BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan itu. Sungguh secercah harapan yang tak sia-sia.

Camat Kandangan Elok Etika S.Sos, MM, sedang memberikan sepiring nasi tumpeng, kepada peserta tertua di Pelatihan, sebagai tanda rasa syukur atas terlaksananya Pelatihan Gratis Olahan Kue dan Minuman selama 24 hari, yang dibiayai Kemenaker di BLK Widya Mandala Nusantara Kandangan (5/7).
Ke 16 Orang peserta pelatihan Gratis Olahan Kue dan Minuman yang dibiayai Kemenaker, di BLK Widya mandala Nusantara, sedang berfoto bersama Forkompimca (Camat, Danramil, Kapolsek), Pendiwan ST anggota DPRD Kabupaten Kediri / Ketua fraksi PDI Perjuangan, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Sekcam Eko Wahyudi SE, MM, Yuliono Ketua Panitia/PHDI, Pendeta Richart Patinasarani, Sekdes Banaran (5/7).

Guna meningkatkan kualitas peserta pelatihan, Manajemen BLK Widya Mandala Nusantara Banaran Kandangan, juga menggandeng lembaga-lembaga terkait seperti Kemenaker, LSP Wonojati Malang dan pada tahap persiapan kemandirian juga akan menggandeng BLK Pemprov Jatim di Pare. Para peserta disamping memperoleh Sertifikat Resmi, juga usai pelatihan, memperoleh sedikit tambahan dana transportasi, disamping membawa kue saat setiap hari pulang ke rumah, usai praktek pelatihan. Laksana Sebuah Obsesi Kebahagian para peserta pelatihan, serta Potensi aktif penuh Inspiratif. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kreativitas Bernilai Spiritual Tinggi dalam Melaspas Peresmian 1000 Candi Nusantara di Banaran Kandangan Kediri

Kediri (MPN) – Spiritual Bermakna. Tak sekedar kreativitas berkehidupan namun pemban…