Home Jawa Timur 01-Kediri Charity And Creativity Day SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Charity And Creativity Day SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

21 min read
0
12
632

Kediri (MPN) – Kreatif Beramal. SDN Kandangan 1 mengepakkan sayap, merajut kreativitas untuk menggayuh bahtera intelektual yang berkualitas. Bekerjasama dengan Pepuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Kediri, menggelar kegiatan amal dan inovasi kegiatan bertajuk Charity And Creativity Day 2023 di area komplek Sekolah, sabtu pagi, 22 Juli 2023. “Kegiatan ini sangat positif dan berdampak selain meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi siswa, juga mendorong kepedulian masyarakat, kesadaran para orang tua, untuk selalu mengupayakan agar  anak lebih giat belajar guna meraih cita-citanya,” tutur Camat Kandangan Elok Etika S.Sos, MM (22/7).

Camat Kandangan, Elok Etika S.Sos,MM, sangat berkompeten dan selalu mendorong setiap kegiatan inovatif kreatif demi kemajuan anak didik seperti Charity & Creativity Day di SDN Kandangan 1 ini (22/7).

Dia mengungkapkan betapa senangnya menyambut dan menghadiri kegiatan Amal dan Kreativitas SDN Kandangan 1 ini. Menurutnya, kesuksesan itu perlu proses dan membutuhkan perjuangan yang gigih dan tekun. “Oleh karenanya, agar menjadi generasi potensial, maka anak-anak harus selalu rajin belajar, kreatif sesuai perkembangan teknologi saat ini. Begitu pun Peran orang Tua juga sangat penting, dalam menciptakan anak menjadi berkualitas, karena mayoritas waktu sehari-hari selalu bersama mereka di rumah,” kata Elok menyemangati agar para siswa selalu berbakti kepada Orang Tua di rumah, serta mengikuti arahan para guru di sekolah.

Ketua PPM Joko Trisula sedang naik diatas Jeep Perang Kemerdekaan, berparade bersama Kasek Sunarko Prasetyo SPd, Kades Hendro S Misdiono SE, KepalaPuskesmas drg Elva Lailatin, dan Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd (22/7).
Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Camat Elok Etika S.Sos, MM, Ketua LVRI Sumilan, Pengawas SD Drs. suroto, sedang berparade menaiki Mobil Jeep era perjuangan Kemerddekaan RI (22/7).

Kepala SDN Kandangan 1, Sunarko Prasetyo SPd, mengungkapkan bahwa sebagai SD Center di wilayah Kandangan dan sekitarnya, sekolah terus berupaya kreatif dan inovatif demi kemajuan peserta didik dan Lembaga. Itulah salah satu argumentatif diselenggarakannya kegiatan Charity And Creativity Day 2023 ini.  Disamping itu, sekolah juga membantu langsung atau peduli terhadap masyarakat kurang mampu.

Menurut Sunarko, acara Charity And Creativity Day 2023 ini juga dalam rangka terwujudnya Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila, P5, sekaligus rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN Kandangan 1. Melalui ajang ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kreativitas dan inovasi pembelajaran para siswa, para guru dan komponen masyarakat melalui Komite Sekolah.

Atensi siswa, guru,Undangan dan Wali Murid SDN Kandangan 1 sangat antusias dalam kegiatan Amal dan Kreativitas bertema Charity And Creativity Day ini (22/7).
Tampak semangat siswa Arkasa saat shooting untuk pengambilan Video Kreativitas oleh Tim dari PPM dan Kodim 0809 Kediri di halaman Sekolah (22/7).

Rangkaian Acara Charity And Creativity Day 2023 tersebut adalah pertama, Pemberian Bantuan atau santunan kepada 141 Siswa dari Keluarga tidak mampu, yang diantaranya termasuk 13 Anak Difabel atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kedua, Pameran dan pengenalan Mobil Era Perjuangan hasil kerja sama SDN Kandangan 1 dengan Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Kediri.

Ketiga, Lomba Yel-Yel Antar Kelas untuk menumbuhkan kreativitas dan kemajuan Sekolah. Keempat, penanaman Wawasan Kebangsaan dengan Nonton Bareng Film Perjuangan Pahlawan Pendiri Bangsa, yang didampingi pendamping TNI dari Kodim dan Koramil. Kelima, Gebyar Kesenian berupa kegiatan ekstra siswa yaitu Drumband, Sholawat Banjari, Karawitan dan Tari. Keenam, Bazar UMKM oleh Komite melalui Paguyuban Wali Murid pada semua tingkatan Kelas.

Pengawas SD di Kecamatan Kandangan, Drs. Suroto, mengakui bahwa SDN Kandangan 1 merupakan sekolah yang sangat kreatif Inovatif, demi meningkatkan kemajuan peserta didik dan Lembaga (22/7).
Kasek Sunarko Prasetyo SPd, bersama para guru potensial SDN Kandangan 1 sedang berfoto bersama Ketua PPM Kabupaten Kediri Joko Trisula, dan Ketua LVRI Kediri Sumilan. (22/7)

SDN kandangan 1, kini mempunyai 317 siswa dan diasuh 16 Guru potensial, terdiri 10 Guru Kelas, 2 Guru PJOK, 2 Guru PAI, 1 Guru Bahasa Inggris, 1 Tenaga Perpustakaan, 1 Tenaga Administrasi dan 2 Penjaga. Memiliki ekstrakulikuler yang dapat diikuti sesuai bakat dan minat para siswa. Diantaranya, Tari, Sholawat Banjari, Karawitan, Drumband. Khusus Bahasa Inggris, mulai tahun ajaran 2023/2024, telah terintegrasi masuk dalam mata pelajaran di setiap kelas.

Ketua PPM Kabupaten Kediri Joko Trisula, mengatakan bahwa kegiatan Amal dan Kreativitas di SDN Kandangan 1 ini sangat positif bagi siswa dan semua komponen Lembaga Pendidikan. Karena, disamping meningkatkan kepedulian kepada masyarakat kurang mampu, juga merupakan ajang kreativitas anak dan para guru untuk meningkatkan potensi anak didik serta memberikan wawasan kebangsaan melalui pengenalan para pahlawan melalui film perjuangan NKRI, serta mobil alat tempur era merebut Kemerdekaan. “Para anggota PPM yang merupakan keluarga besar TNI yang terus berbakti kepada Bangsa dan Negara, serta turut mencerdaskan anak bangsa, seperti peduli pada siswa di semua tingkatan sekolah,” kata Joko. Dan PPM itu akan terus peduli dan mengabdi untuk Negeri.

Sedangkan, Pengawas SD wilayah kandangan Drs. Suroto mengungkapkan, sesuai kurikulum Merdeka, SDN Kandangan 1 kini telah berupaya menerapkannnya, seperti kegiatan kreativitas Charity And Creativity Day ini. “Sebagai lembaga Pendidikan Formal di tingkat Dasar, SDN Kandangan 1, telah menerapkan inovasi pembelajaran demi kemajuan siswa. Inilah yang harus selalu dipertahankan bahkan ditingkatkan upaya kreativitas, apalagi era globalisasi teknologi informasi saat ini, sebuah Lembaga harus mampu berinovasi agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat untuk mengirimkan anaknya ke Sekolah,” papar Suroto.

Para Tamu Undangan Sumilan Ketua LVRI dan Joko Trisula Ketua PPM Kabupaten Kediri, Gus Ali Nasuchan Ketua FKUB, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Serka Sumistyo yang mewakili Danramil, selalu mendukung kegiatan seperti Charity & Creativity Day ini (22/7).
Turut mensukseskan Acara Amal dan Kreativitas SdN kandangan 1, diantaranya, Kepala Puskesmas Kandangan drg. Elva Lailatin, Ketua PPM Joko Trisula, Ketua LVRI Sumilan, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Serka Sumistyo dari Koramil, Pengawas SD Drs. Suroto, Kades Kandangan Hendro Susilo Misdiono SE (22/7).

Hadir dalam Acara itu adalah Forkompimca Kandangan Camat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil 0809/15 Kandangan Kapten Czi Roberto Hutabarat yang diwakili Serka Sumistyo, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Kepala UPTD Puskesmas Kandangan Drg Elva Lailatin, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd, Sunarto Repos KDN, Kasek SLB Raharja Sejahtera Renny Kusuma Wardhani SPd  Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Kediri Joko Trisula, Ketua LVRI Kabupaten Kediri Sumilan, Pengawas TK/SD Kecamatan Kandangan Drs. Suroto, Ketua Persatuan Disabel Kabupaten Kediri (PDKK) Umi Salamah, Babinsa Kandangan Serka Adi Riyanto, Kades Kandangan Hendro Susilo Misdiono SE.

Acara Charity And Creativity Day 2023 dihadiri lebih dari 700 orang dari siswa, orang tua wali, para guru dan  Undangan ini didukung penuh oleh Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Kediri, CV Trisula Jaya Kediri, Dra Srigiati (Diaspora WNI di Washington DC USA), SLB Raharja Sejahtera, Pengusaha Mr Effendi dan EO Ajie Hamada Production.

Secara simbolis Ketua LVRI Kediri Sumilan, sedang memberi bantuan bingkisan / santunan dari panitia kepada siswa dari keluarga tidak mampu di SDN kandangan 1 (22/7).
Camat Elok Etika S.Sos, MM, sedang menyerahkan bantuan bingkisan dari Panitia Acara kepada beberapa siswa SDN Kandangan 1 (22/7).

Bingkisan Santunan

Kepedulian Sekolah dan PPM, dipersembahkan kepada 141 siswa dari keluarga kurang mampu yang tersebar di semua kelas, diantaranya 13 Anak Difabel di SDN Kandangan 1.  Dengan menggandeng Organisasi PPM dan para Donatur, SDN Kandangan 1 menyalurkan Bantuan itu agar pemerataan pendidikan dapat langsung dirasakan kepada semua lapisan masyarakat. Terutama, bagi kalangan warga tidak mampu, Bingkisan bantuan berupa Tas, seperangkan buku dan alat tulis, dapat meningkatkan semangat anak dalam giat belajar, pintar dan cerdas, demi menggapai cita-citanya kelak.

Peragaan Grup Drumband SDN Kandangan 1 sedang unjuk kebolehan di halaman sekolah dalam Acara Charity & Creativity Day (22/7).

Drumband

Meriah dan indah. Begitu kesan yang tampak kala Grup Drumband para siswa SDN Kandangan 1 beraksi. Area setengah halaman depan panggung podium, dipenuhi para siswa itu melantunkan lagu-lagu perjuangan secara serempak memakai alat musik drumband dan organ tiup. Keserasian gerak tari dan langkah pembawa bendera terlihat sangat epic. Bahkan, sang Mayoret sangat enerjik, bersemangat memandu 40 anggota grup, hingga serasi, Indah dan lincah.

Salah satu peserta Lomba Yel-Yel Arkasa Hebat dalam Acara Charity And Creativity Day SDN Kandangan 1 (22/7).
Atensi tinggi dari para siswa, guru,tamu undangan,komite dalam Yel-Yel Arkasa Hebat SDN Kandangan 1 (22/7).

Lomba Yel-Yel Siswa

Kesan spektakuler juga ditunjukkan para grup siswa dari semua kelas, meneriakkan Yel-Yel SDN Kandangan 1 Maju. Betapa bersahabat dan semangatnya mereka meneriakkan Yel-Yel itu. Laksana selaksa puisi bergayut di dahan, diterpa hembusan angin kencang dan berteriak rapi, Arkasa Cakep, Arkasa Maju. Penampilan grup-grup itu begitu bersemangat dan kreatif. Sekilas tampak Lucu, namun Indah dan mengesankan. Merdeka.

Lomba Yel-Yel diikuti 12 grup dari masing- masing kelas, serta dinilai oleh para juri dari anggota PPM dan Kodim 0809 Kediri. Tentu penampil terbaik, memperoleh hadiah dari panitia acara Charity And Creativity SDN Kandangan 1.

Sholawat Banjari

Lantunan Sholawat Nabi itu laksana Butiran embun yang semerbak mewangi. Diiringi musik Hadrah, di panggung Aula yang dipenuhi para siswa yang akan menonton film perjuangan, penampilan Grup Sholawat Banjari itu begitu bersemangat dan bermakna religi. Setiap sudut seperti menyapa, bahkan teramat akrab. Pun seperti kita turut membahu, dan merencanakan bahwa eksistensi sebagai manusia.

Tembang sholawat Nabi yang dikumandangkan grup sholawat banjari itu juga menggugah segalanya dalam diri kita, serta harus sujud syukur selalu terpanjat kepadaNya, karena dengan semua karunianya, kita dapat menikmati kesehatan jasmani rohani dan rezeki hingga saat ini. Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh.

Penampilan Tari Daerah berjudul Rampak, diperagakan grup tari dari para siswa SdN Kandangan 1 di Acara Hari Amal dan Kreativitas 2023 (22/7)

Tari Tradisional

Tari tradisional Rampak dipersembahkan oleh murid SDN Kandangan 1 yang mengikuti ekstrakulikuler Tari. Keserasian gerak dan semangat berapi-api ditampilkan keenam siswi nan cantik dan lincah itu.

Kekompakan para penari itu menunjukkan betapa penting kesatuan persatuan dan kerjasama yang saling menghargai dan toleransi demi Kesuksesan bersama.

Kegiatan Ekstra Karawitan, sebagai Uri-uri Budaya Daerah, juga ditampilkan dalam Acara Charity And Creativity Day SDN Kandangan 1, sabtu pagi (22/7).

Karawitan

Unjuk kebolehan juga diperagakan para siswa SDN Kandangan 1, dengan memainkan alat seni tradisional gamelan dan Gendang dalam Karawitan. Tembang Gundul-gundul Pacul dikumandangkan mengiringi para Pejabat Tamu Undangan dan Kepala Sekolah, berparade menyusuri luasnya halaman sekolah, dengan menaiki Mobil Asli yang digunakan saat Perang Kemerdekaan RI. 

Kegiatan ini juga merupakan bentuk uri-uri budaya daerah sebagai komponen kebanggaan dan Harga Diri sebuah Bangsa dan Negara, NKRI ini.

Wawasan Kebangsaan dtanamkan oleh Serda Hengky, TNI dari Kodim 0809 Kediri, di Aula SDN Kandangan 1 yang dilanjutkan dengan Nonton bareng Film Perjuangan Para Pahlawan yang turut andil dalam Pendirian NKRI (22/7).

Nobar Film Sejarah Perjuangan Berdirinya NKRI

Penanaman Wawasan Kebangsaan juga ditunjukkan oleh Serda Hengky, Petugas Kodim 0809 Kediri, kepada para siswa kelas 4, 5 dan 6. Pemaparan makna dan semangat para pahlawan, diterangkannya sambil Nonton Bareng Film-Film Sejarah Kemerdekaan, seperti Pangeran Diponegoro, Panglima Besar Jenderal Sudirman, serta para pahlawan dalam perjuangan merebut Kemerdekaan RI yang sekarang kita nikmati bersama ini. Maka itu, seperti kata Bung Karno, Jasmerah. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah.

Suasana Bazar yang dilakukan oleh Paguyuban Wali Murid setiap kelas, memperoleh animo siswa dan pengunjung dalam Acara Hari Amal dan Kreativitas SDN Kanddangan 1 (22/7)
Stand Bazar oleh Komite yang dibuka sejak pukul 07.00 Wib, telah habis terjual semua pada 2 jam berikutnya, pukul 09.00 WIB (22/7).

Bazar Paguyuban Kelas

Kegiatan Ekonomi juga digelar dalam even Charity & Creativity Day. Diantaranya, pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar melalui Komite Paguyuban Wali Murid setiap kelas yakni 12 Stand (Dari 12 Rombel/kelas), serta Koperasi Sekolah. Kegiatan Bazar yang dibuka mulai 7 pagi itu memperoleh atensi pembeli dari siswa yang luar biasa. Sehingga, selama 2 jam, tepatnya sekitar pukul 09.00 WIB, semua stand Bazar itu seluruh dagangannya sudah ludes habis terjual. Tentu sangat menguntungkan bagi Kas Paguyuban Walimurid setiap kelas dan Koperasi Sekolah. Sehingga hal tersebut dapat melancarkan berbagai tambahan kebutuhan dalam setiap kegiatan demi kemajuan siswa SDN Kandangan 1. Luar biasa.

Camat Kandangan Elok Etika S.Sos, MM, sedang memainkan alat musik gamelan di kelompok Karawitan SDN Kandangan 1 (22/7).
Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd, sedang menjelaskan tentang peran dan aktivitas kreativitas Lembaga demi kemajuan siswa dalam Charity And Creativity Day (22/7).

SDN Kandangan 1 kini meningkatkan peduli dan cinta itu kepada semua siswa, khususnya mereka dari keluarga tidak mampu, dan para anak Disabel. Paling tidak, nuansa kasih itu berlabuh dan hanyut dalam bahtera kreativitas yang menyelimuti sanubari untuk menggayuh keparcayaan diri yang menjulang dan terus terbang tinggi, laksana burung elang bersayap membentang. Tampak Indah dan sempurna dengan kepakan sayapnya. Jalinan aktivitas itu wajar tapi mengasyikan. Bravo dan Jayalah SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri. – (Ajie) – .

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…