Home Jawa Timur 01-Kediri Perjusa SDN Kandangan 1 Kediri Bentuk Siswa Berjiwa Pemimpin Disiplin Mandiri

Perjusa SDN Kandangan 1 Kediri Bentuk Siswa Berjiwa Pemimpin Disiplin Mandiri

11 min read
0
3
348

Kediri (MPN) – Perjusa Leadership. Perkemahan Jumat Malam Sabtu digelar SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri sebagai landasan pengembangan jiwa kepemimpinan (Leadership), karakter disiplin dan mandiri. “Kami berharap kepada semua adik-adik pramuka, agar dapat menjadi insan berkepribadian berkualitas yang berguna bagi keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara,serta menjadi siswa yang lebih baik, terutama melaksanakan hal-hal yang baik,” tutur Sunarko Prasetyo SPd, Kasek SDN Kandangan 1 sebagai Inspektur Upacara dalam Perjusa, Jumat – Sabtu, 28-29 Juli 2023.

Para adik-adik Pramuka, siswa kelas 4, 5, 6 SDN Kandangan 1 melakukan check in presensi peserta di halaman Sekolah dalam kegiatan Perkemahan Jumat Malam Sabtu (Perjusa), 28-29 Juli 2023.

Dikatakan, kegiatan diadakan perkemahan ini adalah bertujuan pertama, untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter dan berkualitas unggul pada anggota pramuka, kedua, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik, khususnya  bagi kelas 4, 5, 6. Ketiga, melatih kekompakan antar anggota pramuka, sehingga dapat menjadi siswa yang bertanggung jawab, saling menghormati tepo sliro dan menciptakan kerukunan. “Secara umum perjusa ini melatih peserta didik supaya dapat bekerja sama, meningkatkan ketakwaan, kemandirian, kebersahajaan hidup dan juga untuk mempererat ukhuwah (tali persaudaraan) diantara sesama manusia,” ujarnya.

Upacara Pembukaan Perkemahan Jumat Malam Sabtu (Perjusa) 28-29 Juli 2023, dipimpin oleh Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd, di halaman sekolah, jumat sore (28/7).

Lebih jauh Sunarko menguraikan bahwa Berkemah atau Perkemahan adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara out bond.atau di luar ruangan. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka. Hal itu dimaksudkan, memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga keseimbangan alam, lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan keberlangsungan eksistensi alam tersebut.

Para adik-adik pramuka SDN Kandangan 1 dibimbing Kakak Pembina dari para Guru dan siswa sman 1 Kandangan, sedang mendirikan tenda,praktek tali temali dan peljaran kepramukaan lain, di Halaman sekolah (28/7).
Usai mendirikan Tenda dan berbenah diri, pada malamnya para anggota pramuka apel malam, bersiap berkegiatan dan berkekspresi diiringi Api Unggun, hingga pukul 9 malam (28/7).

Dalam kepramukaan juga mengedukasi para anggota untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan. Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

Itulah yang menjadi dasar, dilaksanakannya Perjusa di SDN Kandangan 1 ini. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan pasca pandemi. Disamping itu, inovasi kegiatan kepramukaan menjadi salah satu prioritas program pembelajaran yang harus dilalui siswa, khususnya kelas 4, 5 dan 6, sebagai faktor keseimbangan mental disiplin pembelajaran sekolah di era meluasnya teknologi digital. “Kontinyuitas pembentukan karakter, mental, jiwa yang baik, disiplin bertanggung jawab, harus jadi prioritas dalam kehidupan siswa sehari-hari,” tukas Sunarko. Kegiatan Kepramukaan, merupakan salah satu sarana untuk membentuk karakter yang baik itu.

Para adik-adik Pramuka darisiswa SDN Kandangan 1 sedang bersalim dengan para Kakak Pembina Pramuka dari Para Guru SDN Kandangan 1 dan kakak siswa SMAN 1 Kandangan, dalam acara Perjusa 28-29 Juli 2023 di Halaman sekolah (29/7).

Perjusa itu diikuti oleh 170 siswa yang terdiri semua siswa kelas 4, 5 dan 6. Dimbimbing semua Guru SDN Kandangan 1 dan dibantu 8 Kakak Pembina dari siswa SMAN 1 Kandangan. Rangkaian kegiatan dalam perkemahan tersebut adalah Check In peserta melalui presensi setiap anak pada awal hari pertama, jumat sore (28/7), dilanjutkan pembentukan kelompok beregu dan pengaturan lokasi untuk beristirahat, mendirikan 2 tenda di Halaman sekolah bersama para Kakak Pembina. Tentu saja, pembelajaran teknis strategi tali temali, pemilihan lokasi, mengatasi tantangan berbagai kesulitan harus dilakukan para anggota pramuka itu, sehingga Tenda dapat berdiri kokok kuat dan nyaman.

Para Kakak Pembina Pramuka dari Para Guru SDN Kandangan 1 dan dibantu 8 siswa SMAN 1 Kandangan, selalu bersemangat untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran siswa melalui Perkemahan Pramuka Jumat malam Sabtu (Perjusa) di Halaman sekolah, 28-29 Juli 2023.

Usai beribadah sholat, bagi yang muslim, dan makan malam, para anggota pramuka melalui regu masing-masing tersebut berkumpul di Lapangan untuk apel malam dan melaksanakan berbagai acara hingga pukul 9 malam. Dengan membentuk barisan rapi melingkar, adik-adik pramuka itu mengitari tumpukan kayu bakar menggunung yang kemudian dinyalakan sebagai Api Unggun yang membara dan menjulang menerangi lingkaran para siswa berseragam coklat pramuka itu.

Api Unggun yang membara itu menerangi suasana halaman sekolah yang dipenuhi para anggota pramuka SDN Kandangan 1 yang disiplin dan setia mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Malam Sabtu (Perjusa) 28-29 Juli 2023.

Ekspresi dan Peduli

Berbagai ekspresi, kreativitas para anggota pramuka per regu itu dimunculkan satu persatu. Pokoknya seru. Mulai dari Pentas Seni, Silat, Puisi, Menari Daerah, Menyanyi, hingga Yel-yel Arkasa Oh Yeah. Sepintas terlihat kaku dan lucu dari semua tingkat anak-anak yang tampil, namun  makin malam suasana tambah meriah hingga tak terasa lebih 2 jam kayu-kayu itu menerangi alam halaman sekolah yang rimbun akan pepohonan itu seolah pohon-pohon itu ikut tersenyum-ria dan menari saat para gadis cantik berseragam pramuka itu menari dengan gemulai dan leluasa di tengah-tengah temanya. Terlebih saat diteriakan Yel-Yel beregu, ramai dan asyiik…… Wouw……

Sementara itu, tampak di luar lingkaran siswa, banyak orang tua wali dan masyarakat sekitar sekolah yang menyaksikan dengan senyuman bahagia. Bangga dan terhibur. “Ternyata, anak-anak bisa kompak, disiplin dan kreatif mengikuti kegiatan pramuka ya,” begitu gumam mereka sambil gremeng-gremeng tak jelas tapi bibirnya mengembang, tersenyum-ria. Bahkan, kebahagian dan kepedulian juga tersirat dalam sanubari para orang tua wali itu. Mereka berkerumun untuk membawa dan membagikan makan malam dan pagi, untuk para Guru dan Kakak Pembina, selain buat anak-anaknya. Waaah, ….. Alhamdulillah.

Para siswa, anggota Pramuka SDN Kandangan 1, sedang apel malam dan berkegiatan mempersiapkan api Unggun, dan berekspresi dalam karya yaitu Pentas Seni, Silat, Tari, Nyanyi, Yel-yel (28/7).
Para adik-adik pramuka dari Grup kelas 5 sedang mengekspresikan Atraksi Yel-Yel Arek Kandangan Satu, Arkasa, hebat, Arkasa Luar Biasa di Malam Api Unggun (28/7).

Usai beristirahat tidur malam hari, adik-adik pramuka, keesokan harinya, harus bangun sebelum jam lima, untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah bagi yang Beragama Islam, dilanjut dzikir dan sedikit mengaji. Kemudian menyongsong matahari pagi, anak-anak dibimbing para guru dan kakak Pembina, melakulan jalan santai mengitari halaman sekolah dan Senam Sehat bersama. Membersihkan diri, apel pagi dan menikmati sarapan yang telah disiapkan para orang tua wali tercinta.

Para siswa,anggota Pramuka, SDN Kandangan 1, sedang melakukan kegiatan subuh dengan sholat berjamaan di Mushola bersama kakak pembina, dalam rangkaian kegiatan Perjusa (29/7).
Sungguh Luar Bisa Perjusa SDN Kandangan 1 pada 28-29 Juli 2023. Bermutu, Berekspresi dan Berkesan (29/7).

Setelah berkegiatan pagi, para anggota pramuka itu bersiap melaksanakan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kasek Sunarko Prasetyo SPd. Meski tampak lelah, wajah mereka ceria usai bersalaman dan berjejer antri menunduk salim kepada bapak ibu guru dan para kakak Pembina. Haru dan menyenangkan. Hingga, rasa bangga dan bahagia menyeruak menyelimuti hati para siswa SDN Kandangan 1 itu. “Senang dan kami ingin mengikuti kegiatan pramuka seperti itu lagi,” celetuk mereka bersautan. Horeee………. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …