Home Jawa Timur 01-Kediri Ngalap Berkah Menuju Gemah Ripah Loh Jinawi di Bersih Dusun Kacangan Kandangan

Ngalap Berkah Menuju Gemah Ripah Loh Jinawi di Bersih Dusun Kacangan Kandangan

9 min read
0
4
266

Kediri (MPN) – Berkah Bersedekah. Mentari itu bersinar terang dan menyegarkan di ujung pagi, masyarakat pun berbondong-bondong menenteng tumpeng, ember berisi nasi kibuli, gurih, kuning dengan lauk pauk komplit ingkung ayam yang dibumbui aneka rempah menggoda selera. Sementara, para pejabat, Undangan, Guru dan Tokoh Masyarakat, berduyun-duyun datang, bersemangat penuh senyuman, bahagia. “Ngalap Berkah. Karena apa yang telah kita nikmati berupa kesehatan dan kesejahteran masyarakat di dusun ini adalah atas Rahmat dan Karunia dari Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita kan selalu mensyukurinya dan turut mendoakan para leluhur dan pendahulu kita yang telah berjuang dan membuka daerah pedusunan Kacangan Desa Kandangan ini,” tukas Agus Sunyoto, Kasun Kacangan Kandangan Kediri dalam acara Tasyakuran Bersih Dusun, jumat wage pagi (11/8).

Forkompimca Kandangan Caamat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Kepala KUA Mohamad Hamim S.Ag, Kasun Kacangan Agus Sanyoto (Tuan Rumah), dan berbagai Undangan lain dalam Acara Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan Kandangan, Jumat Wage pagi (11/8).

Acara yang digelar di pelataran, emper dan ruang tamu rumah Kasun Agus itu, berlangsung sangat meriah, khikmat dan membahagiakan. Syukur ke haribaanNya. Para anggota masyarakat dan undangan, pada duduk rapi bersila dan berhimpitan sembari bercengerama kecil saling bertegur sapa, gremeng-gremeng di depan aneka nasi tumpeng berjejer yang seolah menunggu untuk dibuka dan disantap dengan penuh gelora.

Kasek Sunarko Prasetyo SPd dan Para Guru potensial SDN Kandangan 1, berpartisipasi mensuksesskan acara Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan Desa Kandangan Kab Kediri, jumat wage pagi (11/8).

Manifestasi Peduli

Sementara, di teras yang rindang berkerumun para wanita paruh baya yang rapi dan cantik-cantik yakni Guru TK Kusuma Mulya, juga setia menunggu untaian Doa yang dibacakan Kepala KUA Kandangan Mohamad Hamim SAg. Di ruang utama, Rumah Kamituwo itu juga dipenuhi para pendidik potensial dan smart dari SDN Kandangan 1 yang dipimpin Sunarko Prasetyo SPd. Begitupun, di ruang dalam dipenuhi para pejabat Pemerintahan dari Forkompimca, BPD, Pemdes, FKUB, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Tak ketinggalan, di teras koridor pintu, halaman rumah, hingga pelataran jalan pada dipenuhi warga masyarakat, untuk ber-tafakur, bersimpuh, bermunajat, berdoa bagi para leluhur, poro Danyang ingkang Mbau Rekso Dusun Kacangan, bersedekah, ngalap berkah. Selametan.

Para Guru TK Kusuma Mulya sedang menikmati limpahan rezeki dalam kegiatan Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan Kandangan (11/8).
Kepala KUA Kandangan, Mohamad Hamim SAg, sedang memimpin Doa untuk Keberkahan Acara dan mendoakan para leluhur,ingkang Mbau Rekso Dusun Kacangan dalam Acara Bersih Dusun, Jumat pagi (11/8).

Ratusan tumpeng memenuhi kerumunan warga di kegiatan Tasyakuran bersih Dusun Kacangan ini. Aneka menu masakan yang lezat disuguhkan. Komponen, nasi gurih, nasi kuning, sambel goreng kentang, Mie goreng, Kulupan  krawu, Ingkung Ayam dibumbu kare dan bumbu rujak, menyeruak dalam suguhan hasil bumi itu. Tampak begitu nikmat dan menggairahkan. Hemmmm….   

Ingkung Ayam menjadi salah satu produk kuliner masyarakat Dusun kacangan, disuguhkan dalam Kegiatan Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan Kandangan, jumat pagi (11/8).

Tak hanya itu, para Mahasiswa UMM yang KKN di SDN Kandangan 1, juga turut mengamini dalam kegiatan bermakna setahun sekali itu, tepatnya saat 10 Muharom atau wulan Syuro. Pada jumat wage, karena hari dan bulan itu adalah lahirnya Desa Kacangan. Sehingga, ujar Kasun Agus Sunyoto, setiap jumat wage, selalu dilakukan acara bersedekah, santunan anak yatim, kaum dhuafa, di Masjid, Musholla atau di Balai dusun setempat. “Hal itu merupakan manifestasi peduli kepada sesama dan Rasa syukur ke hadirat Ilahi Robbi,” tuturnya.

Para Bu Guru SDN Kandangan 1 sedang beraksi memotong salah satu tumpeng dan mengamini acara Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan Kandangan, jumat wage pagi (11/8).
Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd, bersama Kasun Agus Sunyoto, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, dan Para Mahasiswa KKN UMM turut mengamini acara Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan, jumat pagi (11/8).

Hadir dalam kegiatan Tasyakuran Bersih Dusun Kacangan ini adalah Forkompimca Camat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Kepala KUA Mohamad Hamim S.Ag, Kades Kandangan Hendro Misdiono Susilo SE, Para Anggota BPD, Aparat Pemdes, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Kasek Sunarko Prasetyo SPd dan para guru SDN Kandangan 1, Para Guru TK Kusuma Mulya, Kasun Agus Sunyoto (Tuan Rumah), Mahasiswa KKN UMM, Babinsa Kandangan Serka Adi Riyanto, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat, serta warga masyarakat Dusun Kacangan.

Warga Masyarakat Dusun Kacangan Desa Kandngan berduyun-duyun ngalap berkah di acara Tasyakuran Bersih Dusun di Rumah Kasun Agus Sunyoto, jumat wage pagi (11/8)
Kades Kandangan Hendro Misdiono Susilo SE, selalu menyemangati warga untuk bekerja, berkarya dan memenuhi kewajiban pajak agar proses pembangunan lancar dan berkesinambungan (11/8).

Berpenduduk sekitar 3500 jiwa, Dusun Kacangan memiliki area perkebunan rakyat dan sawah ladang sebagai sumber penghidupan masyarakat. Petani dan pedagang merupakan mata pencaharian utama penduduk. Maka, berbagai hasil pertanian, polowijo, buah Durian, Salak, Jeruk, Pisang adalah tanaman yang tumbuh dan membawa keberkahan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, rindangnya alam pemukiman, kebun penuh pepohonan dan sawah yang menghasilkan di Dusun Kacangan, kian bermakna dan mengemuka sebagai produk komoditi andalan. Yang juga membuat hewan piaraan makin mengembang seperti sapi, kambing, ayam. Bahkan, burung-burung lepas terbang berseliweran di ranting-ranting pohon tinggi seraya bercicit-ria setiap pagi, seolah turut bersenandung menyapa bahagia ketika mentari mulai tersenyum di ufuk timur. Semuanya mengabarkan melalui angin kepada awan bahwa Dusun Kacangan adalah daerah yang patut dikunjungi dan diapresiasi, yang gemah ripah loh jinawi. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …