Home Jawa Timur 01-Kediri Penuh Inspirasi Jambore dan Raimuna 2023 Pramuka Kandangan

Penuh Inspirasi Jambore dan Raimuna 2023 Pramuka Kandangan

14 min read
0
3
201

Kediri (MPN) – Bangkit Inovasi. Jambore dan Raimuna Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kandangan 2023 digelar di Bumi Perkemahan Lodenan Desa Banaran Kandangan Kediri,pada 22-24 Agustus 2023. Dengan semangat Bangkit, Bangun Pemuda Kita, guna membentuk Manusia yang profesional dan proporsional, perkemahan ini begitu menggaung di balik kreativitas dan inovasi terselubung. “Kegiatan ini sangat efektif, bersemangat, mendidik untuk menggerakkan siswa menjadi pemuda tanggung jawab, mandiri serta berkreasi,” tutur Elok Etika S.Sos, MM, Camat Kandangan (22/8).

Forkompimca Kandangan, Camat Elok Etika s.Sos, MM, Kapolsek Wahyu Hariadi SH, Danramil 0809 diwakili Serka Sumistyo, di acara pembukaan Jamobore Raimuna 2023 selasa 22 agustus 2023.
Para Kakak Pemina Pramuka Kwarran Kandangan bersinergi dengan Forkompimca Kandangandemi Prestasi adik-adik Pramuka di Kandangan agar selalu BANGKIT, Bangun Pemuda Kita (22/8).

Penuh Ekspresi, jambore dan Raimuna  ini diikuti lebih 1000 peserta penggalang, penegak, dari lebih 50 Lembaga tingkat SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK/MA di wilayah kwartir ranting gerakan pramuka kecamatan Kandangan. “Disamping memupuk kekompakan, unjuk kebolehan serta peduli lingkungan, melalui kegiatan ini juga bersinergi dengan para pemangku kebijakan guna memajukan pemuda, khususnya para anggota gerakan pramuka, menjadi pribadi yang mandiri, tanggung jawab dan penuh toleransi,” ujar Kakak Marwan Spd, Ketua Panitia Acara.

Ketua Panitia Kakak Marwan spd, sedang memberi penghargaan kepada Para Adik-adik Pramuka Berprestasi dalam Kegiatan Jambore & Raimuna 22-24 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Lodenan Banaran Kandangan Kediri (24/8).

DijelaskanKak Marwan, Jambore dan Raimuna mempunyai arti yang saling berkaitan dalam sebuah kegiatan kepramukaan. Jambore adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional. Sedangkan Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional.

Pramuka Kwarran Kandangan menyalakan Api semangat dan Bangkit, Bangun Pemuda Kita, di acara Pensi (22/8)
Para Adik Pramuka selalu bersemangat dan bersorak ceria dalam Jambore & Raimuna Kwaran Kandangan 22-24 Agustus di Bumi Perkemahan Lodenan Banaran Kandangan (22/8).
Penampilan Atraksi Drama Kreatif MI As-Sunnah dalam Pensi di Jambore & Raimuna 23 di Banaran Kandangan (23/8).

Pada 22-24 Agustus 2023 ini kegiatan Jambore dan Raimuna dihelat yang pertama kali sejak pandemi, sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dipilihnya Bumi Perkemahan Lodenan, ujar Marwan, karena tempat ini sangat representatif di wilayah perkampungan tengah hutan pegunungan yang sangat cocok untuk aktivitas kepramukaan, mulai dari gerakan kepedulian lingkungan, jelajah alam, gotong royong, jalin sinergitas dengan warga masyarakat sekitar, hidup bertoleransi, serta aktualisasi diri dalam pentas seni, Pensi.

Si cantik Safa dan Sanju, penyandang disabilitas tuna netra, dari SLB Raharja Sejahtera sedang bernyanyi “Mimpi” dalam Pensi di Jambore & Raimuna Kandangan (23/8).
Safa dan sanju,dalam menyanyi sangat menginspirasi semangat untuk para Pramuka di Pensi memberi Inspiratif semua peserta Jambore & Raimuna Kandangan (23/8).

Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, menilai bahwa Jambore dan Raimuna ini merupakan media komunikasi yang dapat menyemangati para anak muda terutama di usia sekolah, untuk kreatif bersemangat belajar dan berprestasi di tengah-tengah menjamurnya pengaruh negatif Narkoba dan aksi kekerasan akibat perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi. “Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan potensi adik-adik remaja agar menjadi pribadi yang peduli lingkungan, kreatif komunikatif yang penuh toleransi di tengah-tengah masyarakat,” tutur Wahyu.

Anak-anak peraih penghargaan dalam Jambore dan Raimuna 2023 Kandangan bersama Kakak Pembina Sunarko Prasetyo SPd di sela-sela Acara Upacara Penutupan Jambore & Raimuna Kwarran Kandangan di Banaran (24/8).

Jambore dan Raimuna Kwartir Ranting Kandangan ini juga merupakan media berkomunikasi dan pembelajaran bagi para anggota pramuka kelompok penggalang yang duduk dibangku SD/MI dan SMP/MTs (usia 11-15 tahun) dan penegak (usia 16-20 tahun) di bangku SMA/SMK/MA. Selain bersenang-senang bertemu berkenalan dengan teman baru lain sekolah selama tiga hari dua malam, juga dapat menimba ilmu dan peningkatan potensi diri melalui berbagai sarana lomba dan kegiatan yang diikuti.

Kakak Budiono SPd bersama para Lembaga berprestasi (24/8)
Kakak Pembina Budiono sedang memberi penghargaan kepada peserta SLB Raharja Sejahtera sebagai Peserta Lembaga Paling Inspiratif (24/8)
Kakak Budiono SPd dan M Fikri SPd bersama adik Pramuka SMAN 1 (24/8)

Dalam acara perkemahan ini aktivitasnya meliputi kedisiplinan,kerjasama kekompakan antar anggota, jelajah medan alam sekitarnya, hidup berdampingan toleransi antara pemeluk agama, bergotong royong dalam setiap aktivitas kepramukaan seperti tali temali, mendirikan tenda, Upacara, Api Unggun yang merefleksikan semangat yang menyala, serta gelar seni atau Pensi. Bahkan, di akhir kegiatan dilaksanakan Upacara Penutupan dan pemberian hadiah penghargaan bagi para peserta Lomba Berbagai Bidang, serta ditutup jalinan kasih sayang dengan bersalaman saling hormat dengan para Kakak Pembina, dan sesama anggota pramuka. Berjejer keliling mengitari Lapangan. Begitu hormat, akrab dan penuh kekeluargaan.

Penampilan Silat SDN Kandangan 1 di acara Pensi Jambore dan Raimuna di Banaran Kandangan (23/8).
Penampilan Tari Daerah Papua diperagakan siswa SDN Medowo 1 dalam Pensi Jambore&Raimuna Kandangan (22/8)

“Kalian semua punya potensi untuk menjadi pemimpin di masa depan, makanya anak-anak harus belajar, berlatih dengan tekun serta rajin. Jangan lupa bertanya kepada kakak-kakak pembina bila tidak mengerti, agar suatu saat nanti dapat berprestasi baik dalam kepramukaan maupun pelajaran sekolah,” kata Ayahanda Eko Wahyudi SE, MM, Sekcam Kandangan dalam komunikasinya dengan beberapa anggota pramuka penggalang dan penegak saat keliling ke tenda-tenda guna menyemangati para pemuda-pemudi anggota pramuka itu. Kalian harus disiplin, bersemangat, kompak dalam kelompok, rajin dan tanggung jawab, agar kelak menjadi pintar dan berhasil, tuturnya.

Antusiasme Penonton Pensi dalam Jambore & Raimuna Ranting Kandangan di Banaran (23/8)
Sekcam Eko Wahyudi SE, MM dan Ketua Panitia Kakak Marwan SPd, sedang Ceck Tenda Keliling Tengah Malam (23/8).

Berbagai kegiatan kreativitas lomba yang berdampak pada peningkatan kemampuan diri, kecerdasan serta ketrampilan, digelar pada Jambore dan Raimuna 2023 Kwartir Ranting Kandangan ini. “Setiap Sekolah diharuskan mengikuti lomba-lomba dalam perkemahan pramuka yang telah ditentukan panitia,” ujar Kak Marwan.  

Berbagai Lomba Kreativitas

Jenis Berbagai Lomba dalam Jambore dan Raimuna 2023 di Kandangan adalah pertama, Tapak Tenda. Yaitu lembaran dasar atau lapisan pelindung yang ditempatkan di bawah lantai tenda Anda. Biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama dan tahan air seperti polietilen atau poliester. Tujuan utama tapak tenda adalah untuk melindungi lantai tenda Anda dari keausan, dan kerusakan yang disebabkan oleh medan yang kasar, bebatuan, dan akar.Pelaksanaannya adalah setiap anggota, kelompok putra atau putri dari setiap Lembaga peserta.

Tari Anoman Obong MI Miftahul Ulum dalam Pensi (22/8)
Tari Kreasi dari pramuka MI Darul Fallah di Pensi Jambore & Raimuna 2023 (23/8)
Tari Kreasi Nusantara Aceh MI Rohmatul Ummah dalam Pensi (23/8).

Kedua, Scouting Skill. Gerakan kepanduan terdiri dari berbagai organisasi kepemudaan, baik untuk pria maupun wanita, yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat. Beribadah bersama di lingkungan masyarakat, seperti beribadah, gotong royong, jelajah alam, kebersihan lingkungan.

Tari Kreasi Nusantara SDN Klampisan 1 (23/8)
Tari Kreasi SMAN 1 Kandangan dalam Pensi (23/8)
Tari Kediri Berbudaya MAN Kandangan dalam Pensi (23/8).

Ketiga, Pentas Seni, Pensi. Kegiatan ini sebagai pangkalan pelopor Budaya Nusantaran yang digelar dalam panggung dan disaksikan oleh semua peserta dan masyarakat umum. Keempat, kedisiplinan beribadah dan peserta terinspiratif.

Hasil dari berbagai kegiatan lomba dalam Jambore dan Raimuna Kwartir Kandangan itu yaitu Tapak Tenda tingkat SD untuk PA sebagai  juara 1 SDN Karangtengah 5, juara 2 SDN Kandangan 4, juara 3 SDN Karngtengah 2. Sedangkan kelompok PI, diraih SDN Mlancu 4 sebagai juara 1, SDN Banaran 1 menggaet juara 2, dan SDN Kandangan 2 meraih juara 3. Tingkat Galang SMP/MTs PA adalah SMPN 1 Kandangan juara 1 dan SMPN 2 Kandangan meraih juara 2. Kelompok PI, diraih SMPN 1 Kandangan sebagai juara 1 dan juara 2 digapai SMP Islam Plus Al-Hikam. Sementara Tapak Tenda Tegak PA, juaranya 1 adalah MAN 3 Kediri, juara 2 SMAN 1 Kandangan. Kelompok Tegak PI yaitu SMAN 1 Kandangan jauara 1, dan juara 2 digaet MAN 3 Kediri.

Tari Kreasi Indonesia dalam Pensi Jambore & Raimuna Kwarran Kandangan (23/8).
Rasa Sayange Peserta Adik Pramuka SDN Kandangan 1 kepada Para Kakak Pembina (24/8)

Untuk Pangkalan Pelopor Budaya Nusantara, juaranya diraih SDN Kandangan 1, Pangkalan Pelopor Kedisiplinan Beribadah juaranya dicapai oleh SDN Karangtengah 5. Pelopor Scouting Skill Tegak adalah MAN 3 Kediri, Scouting Skill Galang diraih SMP Islam Al-Hikam., dan Tingkat Galang SD diraih MI Darul Falah. Kemudian SLB Raharja Sejahtera memperoleh predikat Peserta Terinspiratif.

Upacara Penutupan Jambore dan Raimuna 2023 (24/8)
Adik Pramuka Pi SDN Kandangan 1 terus bersemangat Bangkit, Bangun Pemuda Kita (24/8).

Rasa Sayang Sayange, Jambore dan Raimuna 2023 Kwarrant Kandangan ini begitu inovatif. Paling tidak, menumbuhkan semangat tinggi untuk berekspresi menuju Pemuda-pemudi yang berkemampuan, disiplin, kreatif dan Berprestasi. Bertanggung jawab, saling membantu, toleransi, dan tercipta jiwa Mandiri.– (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …