Home Jawa Timur 01-Kediri Inovatif Inspiratif Kegiatan Happy Family Gathering 2023 SDN Kandangan 1 Kediri

Inovatif Inspiratif Kegiatan Happy Family Gathering 2023 SDN Kandangan 1 Kediri

18 min read
0
8
513

Kediri (MPN) – Ekspresif Inovatif. SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri terus melaju. Di tengah perkembangan teknologi informasi yang makin mendominasi. Inovasi berbagai kegiatan diciptakan, tak mesti istimewa dan bergengsi, namun penuh ekspresi dan berkesan. “Penerapan kegiatan ini dimaksudkan dan bertujuan demi memajukan sekolah di segala bidang, dengan praktek mencairkan suasana keakraban, kekompakan, dan kebersamaan saling mengisi antara semua komponen kelembagaan seperti Guru, Wali Murid melalui Komite dan Paguyuban Kelas, Para Siswa, Dewan Pendidikan serta Pihak ketiga Sponsorship sebagai Elemen Pendukung,” ujar Kasek Sunarko Prasetyo SPd, di Acara Hari Pertemuan Keluarga yang Bahagia, Happy Family Gathering Day 2023, di Sekolah Jalan Malang 61 Kandangan Kediri, sabtu pagi (26/8).

Kasek sunarko Prasetyo SPd, di Happy Family Gathering selalu menyemangati dan memfasilitasi semua komponen lembaga SDN Kandangan 1 untuk lebih maju dan berjaya (26/8).
Ketua Komite Puji Darmonowiyono SE, juga mendorong dan mempelopori semua elemen demi kemajuan sekolah (26/8).
Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Kediri, Rindang Djoko Triasmoro, memberi pencerahan ke para walimurid dan Guru SDN Kandangan 1 demi keberhasilan siswa dan sekolah (26/8).

Disamping itu, tambah Sunarko, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan refreshing yang nantinya dapat menciptakan suasana ketegangan menjadi cair dan impresif dalam upaya menikmati pendidikan menuju keberhasilan dan prestasi. “Hal ini perlu inovasi kegiatan yang menjadikan kita semua bersatu padu, saling mengisi, mendukung guna membangun kebersamaan demi anak didik yang kelak akan menggantikan peran kita semua untuk memajukan bangsa ini,” ujarnya.

Happy Family Gathering ini dilaksanakan juga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Indonesia Maju. “Sekaligus mengevaluasi Kinerja Sekolah agar kedepannya bisa lebih kompetitif, berkualitas dan berprestasi di level lebih tinggi,” tutur Ketua Komite Puji Darmonowiyono SE, bersemangat tinggi, mendorong dan mempelopori semua elemen demi kemajuan sekolah dan kejayaan Negeri. Merdeka.

Demo Tata Rias Wajah oleh Tia dari Sponsor Kosmetik OMG, kepada seorang Wali Murid, untuk menjaga penampilan yang selalu bersih dan bersinar di acara Happy Family Day SDN Kandangan 1, Sabtu Pagi (26/8).

Dewan Pendidikan Kabupaten Kediri, Rindang Djoko Triasmoro, menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada SDN Kandangan 1 dengan 317 siswa, yang kini mencipta inovasi berbagai kegiatan. “Sangat inspiratif dan menjadi teladan, kegiatan ini dapat menumbuhkan daya kreativitas semua komponen lembaga, mulai para guru, siswa, orang tua wali murid, hingga pihak ketiga. Semuanya terkait,” katanya.

Sangat Serius Bertanya Walmur kelas 3 ke Kasek dan Dewan Pendidikan (26/8)
Wali Murid kelas 1a bertanya kepada Dewan Pendidikan (26/8).
Wali Murid kelas 6 sedang bertanya pada Dewan Pendidikan (26/8).

Menanggapi berbagai pertanyaan dari para wali murid SDN Kandangan 1 tentang cara partisipatif peran orang tua terhadap kemajuan peendidikan bagi anak dan membangun karakternya, Anggota Dewan Pendidikan itu menanggapinya sangat respektif dan komunikatif.  Menurutnya, dalam koridor kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar, berbagai kritik dan saran dari berbagai pihak untuk Guru dan para pendidik adalah sangat positif dan bagus, sepenjang itu saling melengkapi dan sesuai kaidah norma yang baik dalam penyampaiannya. Karena semua masukan yang baik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mendidik dan menumbuhkan kreativitas siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

Lomba Merias Wajah Ibu Orang Tua oleh Anak yang ditutup matanya in Happy Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu Pagi (26/8)
Sangat Lucu Ibu tersipu saat dirias sang anak dalam Lomba Merias Wajah oleh Anak yang matanya ditutup di Happy Family Gathering Day (26/8)

Dalam Kurikulum Merdeka, tak hanya pendidik yang berperan aktif, namun juga partisipasi aktif orang tua wali murid sangat diperlukan. Berbagai upaya terus dilakukan, seperti Kepala Sekolah melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), dan para guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), yang kesemuanya itu untuk meningkatkan kompetensinya demi kemajuan siswa.

Love You Arkasa dalam Fashion Show di Happy Family Gathering Day yang diperagakan Ibu Walimurid setelah wajahnya dirias oleh siswinya, sabtu Pagi (26/8).

Demikian halnya, para orang tua dapat membantu dan berperan aktif demi kemajuan anak. Diantaranya adalah, pertama, Membantu anak dalam membuat jadwal belajar yang teratur. Kedua, Membantu menyiapkan materi pembelajarannya, seperti tas, buku tulis dan sebagainya. Ketiga, Membantu dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjawab berbagai pertanyaan anak tentang pelajaran dan sebagainya.

Tampak serius dan lucu sang anak merius sang Ibu in Happy Family Gathering Day (26/8).
Tampak sang Ibu sedang dipandu mengikuti lomba rias wajah oleh sang anak (26/8).
Walau hasilnya bagaimanapun sang Ibu dan Anak tetep bahagiadi Happy Family Gathering Day (26/8).

Keempat, Mendorong anak agar mempraktekkan pembelajaran yang diterimanya. Kelima, memberi penguatan positif kepada anak tentang berbagai hasil yang diterima, seperti menyanjung dan memberi semangat anak meski apapun hasil yang dicapai. Keenam, melibatkan anak dalam kegiatan keseharian, yang ini dimaksudkan memberi kepercayaan kepada anak, seperti ikut membersihkan tempat tidur, menyapu lantai, memasak dan sebagainya.

Fashion Show diperagakan kelas 1B dari baju hasil kreativitas (26/8).
Hello juga untuk penampil Fashion Show Ibu Walmur (26/8).
Ibu Walmurid kelas 6 ini tetep ceria dalam Fashion Show Happy Family Gathering Day (26/8).

Ketujuh, Membuat suasana ruang pembelajaran kondusif, bersih dan sehat. Kedelapan, membantu anak dalam mengatur waktu. Kesembilan, Membaca bersama anak, agar memberikan rasa percaya diri dan minat pada anak. Kesepuluh, Hadirkan variasi dalam pembelajaran, agar mereka termotivasi untuk belajar dan lebih meningkatkannya.

Ceria dan asyik dalam Fashion Show produk keativitas Walmur (26/8).
Cantik Elegan busana dan penampilan Fashion Show Ibu Walmur (26/8).
Selalu tersenyaum dalam fashion show agar awet Muda hehehe (26/8)

Variasi Lomba Kreativitas

Dalam Happy Family Gathering Day, diketengahkan berbagai lomba menarik dan kreatif yang mampu membuat semua komponen lembaga berperan dan kompak, saling mengisi. Mulai Lomba Bola Naga, Lomba Bola Estafet, Merias Wajah Mama oleh Anak dengan mata tertutup dilanjut Fashion Show hasil karya kreativitas Wali Murid, hingga Lomba Bazar UMKM. Semua tampak seru dan menginspirasi.

Para Pemenang Lomba Tata Rias Wajah dan Fashion Show memperoleh Hadiah dari Sekolah dan Sponsor Kosmetik OMG di Happy Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu siang (26/8).

Dalam lomba-lomba, semua komponen Paguyuban Wali Murid setiap kelas berperan aktif. Di SDN Kandangan 1 terdapat 12 rombel,mulai klas 1A, 1B hingga 6A dan 6B. Itu berarti dalam setiap perlombaan juga terdapat 12 grup yang saling berhadapan.

Menang atau kalah mereka tetep Happy dan Ceria, Sabtu Siang (26/8)
Para Pemenang Lomba mendapatkan hadiah dari Sekolah dan sponsor OMG Cosmetic (26/8).
Pemenang Lomba Kelas Kreatif peroleh hadiah dari Sekolah dan Sponsor Kosmetik OMG (26/8)

Untuk Lomba Bola Naga adalah masing-masing grup terdiri 10 orang, Kemudian mereka saling berhadapan satu dengan lainnya, dimana kepala yang membawa alat tusuk berusaha mendekati bola yang terdapat di punggung belakang ekor naga lawan. Dan setiap ekor lawan tidak boleh terlepas dari kepalanya saat permainan lomba dimulai. Dan Wouw….. permainan itu sangat seru, bahkan tak jarang anggota grup yang menjadi ekornya lari terbirit-birit hingga terjatuh terguling-guling karena dikejar anggota kepala lawannya. Para penonton bersorak gembira seraya menolong yang jatuh itu. Huhuhuhu…….

Produk sponsor dibagikan gratis ke Wali Murid begitu senengnya (26/8).
Wali Murid 1a yang bertanya dapat hadiah produk kosmetik OMG olh Yanti Sunarko in Happy Family Gathering Day(26/8)

Sesi berikutnya, tak berbahaya namun menarik yaitu perlomaan bola estafet, yaitu memasukkan bola kecil kedalam ember yang dilakukan oleh 7 orang dalam satu grupnya memakai sarana bambu belah separuh. Bola kecil itu harus menggelinding melalui belahan bambu itu hingga masuk ke ember. Grup yang berhasil memasukan bola paling banyak adalah juaranya. Horeee…

Asyik Bola Masuk banyak dalam kegiatan Happy Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu pagi (26/8).

Dalam lomba Merias Wajah Sang Mama yang dilakukan 2 anak dengan mata tertutup kain Hasduk, adalah permainan menarik dan sangat Lucu. Betapa tidak, Mama yang duduk manis, diam tampak pasrah ketika anak-anak itu mengambil bahan kosmetik untuk merias wajahnya.

Para Ibu Walmur sedang mencoba produk sponsor kosmetik OMG (26/8).
Prouk Kosmetik Sponsor OMC sedang demo merias wajah (26/8).
Walmur kelas 1 lagi berselfi-ria selalu Happy (26/8).

Bedak disaputkan ke pipi, dapat merembet ke mata dan kuping si Mama. Lipstik yang dioleskan anak juga sering merembet ke luar bibir hingga belepotan kayak badut. Bahkan potlot alis yang dioleskan juga sering melebar, hingga warna bedak kemerahan menjadikan raut wajah sang Mama merah tebal seperti saat marah besar. Lucu tapi mengasyikan.

Paguyuban Walmur Kelas dalam Bazar produk UMKM terlihat happy produknya terjual habis (26/8).
Bazar kelas 1A 1B selalu Ceria dalam Happy Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu (26/8).

Kegiatan rias berwajah variatif itu diperagakan diatas panggung Fashion Show memakai kostum kreativitas para anggota paguyuban kelas. Berlenggak lenggok menyusuri panggung sambil menjulurkan ujung ibu jari tangan dan telunjuk menyilang kecil membentuk tanda kasih sayang ala Artis Korea, Love You. Asyiiiiiik…….

Bazar UMKM dari Paguyuban Kelas di Happy Family Gathering Day (26/8).
Kelas 2A 2B setia melayani customer di Happy Family Gathering Day (26/8).
Kelas 3 Stand Bazar tampak seru di Happy Family Gathering Day (26/8).

Sementara itu, sejak awal di pagi hari dalam acara Happy Family Gathering Day, tampak para Paguyuban Walmur setiap kelas sangat sibuk menyiapkan dan menjual produk hasil kreativitas UMKM-nya. Tampilan indah dan Laris manis. Seindah paras cantik sang penjaganya Ibu-Ibu nan Ayu dan ramah itu. Maka tak heran, semua produk yang dijual tak sampai tengah hari, sudah ludes terjual, hingga mereka tersenyum lebar, tinggal menghitung untungnya. Hehehehe……

Peserta Stand Bazar kelas 6A dan 6B di Happy Family Gathering Day, sabtu pagi (26/8).
Sangat ramai dan seru lomba menusuk bola dari semua paguyuban kelas di Happy Family Gathering Day (26/8).

Pemenang Lomba

Hasil berbagai lomba dalam Happy Family Gathering Day 2023 SDN Kandangan 1 adalah Permainan Bola Naga, para Wali murid Kelas 1A meraih Juara1, keas 4A sebagai juara 2, dan kelas 6A menggaet juara 3. Dalam Lomba Bola Estafet yaitu para Ibu dan Anak kelas 6A meraih juara 1 dengan 14 bola masuk, kelas 6B dengan 11 bola masuk menggaet juara 2, serta kelas 5B dengan 9 bola menggaet juara 3.

Para Juri berbagai Lomba dalam Happy Family Gathering Day sedang berselfi-ria di Happy Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu pagi (26/8).
Selalu terdepan untuk memberi semangat demi memajukan sekolah, Guru Potensial SDN Kandangan 1 Happy Gathering Day, sabtu pagi (26/8).

Untuk Lomba Merias Mama dan Fashion Show, pemenangnya adalah Kelas 1 B sebagai juara 1, kelas 3A memperoleh juara 2, serta kelas 5A meraih juara 3. Kemudian UMKM Bazar, pemenangnya diraih oleh Paguyuban Wali Murid Kelas 3 sebagai Juara 1, Paguyuban Walmur Kelas 4 meraih juara 2, dan Paguyuban Walmur Kelas 2 menggaet Juara 3.

Spektakuler, Para Peserta Siswa dan Wali Murid sangat antusias menikmati acara Family Gathering Day SDN Kandangan 1, sabtu pagi (26/8).

Acara yang didukung penuh sponsorship OMG Cosmetik Kediri dan Dewan Pendidikan ini begitu kreatif dan inspiratif. Tak hanya itu, Happy Family Gathering Day membuat suasana segar, refreshing tapi menjadi kilas balik tentang betapa pentingnya Kolaborasi, kekompakan, saling membantu, mendukung, antara semua komponen lembaga, mulai siswa, orang tua, komite, guru, dan pihak ketiga sebagai sponsorship pendukung. Pun semua itu sangat penting dilakukan demi meningkatkan kompetensi anak dalam pembelajaran. Terutama dalam koridor Kurikulum Merdeka, Setidaknya, menjadi Pembelajaran Merdeka dan Inovatif. Sangat Inspiratif. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …