Home Jawa Timur 01-Kediri Harmoni Berbangsa Bernegara di Peralihan Fungsi Tugu IKSPI ke Monumen Pancasila

Harmoni Berbangsa Bernegara di Peralihan Fungsi Tugu IKSPI ke Monumen Pancasila

8 min read
0
2
172

Kediri (MPN) – Bersatu dan Toleransi. Demi memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa antar berbagai elemen masyarakat, Perguruan Silat Ikatan Kera Sakti Putra Indonesia (IKSPI) Kandangan membongkar Tugu Relief IKSPI menjadi Monumen Pancasila. “Peralihan Fungsi ini merupakan manifestasi di kalangan masyarakat tentang rasa persatuan kesatuan yang lebih utama dan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang Berbhineka Tunggal Ika,” kata Kapten Czi Roberto Hutabarat, Danramil 0809/15 Kandangan, senin sore (11/9).

Disaksikan Forkompimca Kandangan Camat Danramil Kapolsek pengurus IKSPI membongkar Tugu untuk Peralihan Fungsi menjadi Tugu Pancasila, senin sore (11/9)
Para anggota dan pengurus IKSPI Kandangan dengan seksama mengikuti arahan dari Muspika, Demi Persatuan dan Kesatuan para pemuda khususnya Persaudaraan Pencak Silat IKSPI untuk Indonesia yang be-Pancasila (11/9)

Monumen Perguruan Silat Kera Sakti Kandangan ini, lanjut Roberto, mempunyai arti sangat penting untuk menciptakan dan meningkatkan budaya adiluhung dalam masyarakat Indonesia, khususnya di Kandangan, yang dihuni masyarakat dari berbagai daerah, suku, agama dan adat yang berbeda-beda namun telah hidup rukun damai dan toleransi dalam kehidupan bersama. Berbhineka Tunggal Ika. “Peralihan menjadi Monumen Pancasila ini menjadi replika kehidupan masyarakat dalam menjaga kebersamaan demi Persatuan Kesatuan Bangsa, NKRI,” tandasnya.

Sujono, Ketua Perguruan Silat Kera Sakti IKSPI Kabupaten Kediri sedang membongkar Papan IKSPI Menjadi Tugu Pancasila, disaksikan oleh Camat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil 0809/15 Kapten Czi Roberto Hutabarat, dan Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH (11/9).

Harmoni

Membangun kehidupan Harmoni Berbangsa dan Bernegara diatas kepentingan pribadi dan golongan ini tercermin dalam makna peralihan fungsi Tugu Perguruan Silat IKSPI Kandangan menjadi Monumen Pancasila. “Mengingat telah sejak dulu, komponen masyarakat Kandangan adalah sangat beragam, mulai adat istiadat, suku dan agama, namun tetep bersatu serta hidup berdampingan secara damai, handarbeni dalam membangun kemajuan wilayah serta berkontribusi penting dalam menciptakan perdamaian, kesatuan dan kesatuan masyarakat, Bangsa dan Negara,” ungkap Camat Elok Etika S.Sos, MM. Sehingga sejak dulu sampai kini, Kandangan menjadi “Wilayah Pancasila” di Kabupaten Kediri yang sering mewakili berbagai forum kegiatan tingkat Provinsi Jatim dan Nasional dalam koridor Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Berbhineka Tunggal Ika.

Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi SH, Camat Elok Etika S.Sos, MM, dan Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, anggota Koramil sedang memberikan pengarahan kepada para Anggota IKSPI Kandangan (11/9)

Kapolsek Kandangan Iptu Wahyu Hariadi SH, mengatakan peralihan fungsi monumen IKSPI menjadi Pancasila ini adalah sangat berarti untuk menciptakan dan menjaga kondisi keamanan wilayah. Karena ketentraman dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat sangat ditentukan oleh kedamaian, sikap saling bergotong royong, saling menghargai diantara semua elemen tanpa terkecuali. “Para anggota dan Pengurus Perguruan Silat IKSPI Kandangan ini dapat menjadi pelopor ke depannya untuk menjaga kondusivitas keamanan lingkungan dan meningkatkan keharmonisan menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wahyu.

Para pengurus dan Anggota Perguruan Silat IKSPI Kabupaten Kediri dan Kandangan menerima wejangan dari Muspika Kandangan (11/9)
Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPdI dan Muspika dalam pembongkaran relief Tugu IKSPI menjadi relif Monumen Pancasila Sakti (11/9)

Di sisi lain, masyarakat Kandangan adalah majemuk yang memeluk berbagai Agama, namun dapat menjadi harmoni, berbhineka Tunggal Ika. Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha telah dianut oleh masyarakat Kandangan sejak era kerajaan dan kolonial. “Berbeda-beda agama dan kepercayaan tapi kehidupan masyarakat yang bergotong royong, saling membantu, saling menghargai telah menjadi adat istiadat yang turun temurun di kalangan masyarakat Kandangan, inilah manifestasi kerukunan umat beragama yang ditunjukkan pula dalam Komunitas Perguruan Silat Kera Sakti, IKSPI, demi masyarakat, Bangsa dan Negara,” tutur Gus Ali Nasuchan, SPd.I, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama, FKUB, Kandangan.

Ketua IKSPI Kabupaten Kediri, Sujono menyebut bahwa membangun kebersamaan, bersinergi dan bergotong royong adalah lebih penting dan berdiri diatas segalanya demi Kemajuan Bangsa dan Negara. Maka peralihan tugu IKSPI menjadi monumen Pancasila ini adalah inisiatif dan kesepakatan dari saudara-saudara pengurus dan anggota Perguruan Silat Kera Sakti, untuk menunjukkan kepada semuanya. “Kami berasal dari masyarakat, berkegiatan untuk masyarakat dan mengabdi juga demi kemajuan masyarakat. Karena itu, kami sangat berterima kasih atas dukungan para Pimpinan Wilayah, Muspika Kandangan, yang turut mendukung merealisasikan keinginan untuk merubah dan mengalihkan fungsi tugu IKSPI ini menjadi monumen Pancasila,” tukasnya.

Pembongkaran dilanjutkan Tukang untuk membuat reliefgambar Garuda dan tulisan Pancasila di Dusun Kacangan Kandangan, senin sore (11/9).
Pembongkaran dimulai oleh Pengurus IKSPI untuk dirubah menjadi Tugu Papan Pancasila (11/9).

Hadir dalam kegiatan Peralihan fungsi Tugu IKSPI di Dusun Kacangan Kandangan menjadi Monumen Pancasila ini adalah Camat Elok Etika S.Sos, MM, Danramil 0809/15 Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek Iptu Wahyu Hariadi, SH, Ketua FKUB Gus Ali Nasuchan SPd.I, Babinsa, Bhabinkamtibmas, jajaran anggota Koramil dan Polsek, Ketua IKSPI Kabupaten Kediri Sujono, serta 20 lebih para pengurus dan Anggota Perguruan Silat Kera Sakti IKSPI Kandangan.

Kera Sakti berkibar dan mengabdi, masyarakat damai, Forkompimca melindungi, menginovasi, demi Kejayaan Negeri, NKRI Harga Mati. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…