Home Jawa Timur Jiwa Mengabdi Banawa Sekar Keprabuan Nusantara dalam Rapimnas Rakernas 2024 HPK di Malang

Jiwa Mengabdi Banawa Sekar Keprabuan Nusantara dalam Rapimnas Rakernas 2024 HPK di Malang

4 min read
0
0
103

Malang (MPN) – Jiwa Suci Mengabdi. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Filosofi ajaran leluhur, selalu dikumandangkan dan diteladani bagi para semua penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Bumi Pertiwi, untuk bergotong royong demi NKRI. “Maka itu jangan larut dalam egoisme yang hanya menguntungkan pribadi, namun berpikirlah dan bertindaklah demi Bangsa ini sekarang dank e depan,” tuah Dr. Ir. Hadi Prajoko, SH, MH, Ketua Umum DPP HPK dalam pembukaan Rapimnas dan Rakernas HPK  8 – 10 Februari 2024 di Gedung LANAL Malang, Kamis siang (8/2).

Peserta Rakernas dan Rapimnas HPK pada 8-10 februari 2024 di Malang (8/2)

Jangan sampai gelar demokrasi, dengan hiruk pikuk pemilu ini, tandas Hadi, membuat kita lupa dan tak mau menjadi unggah-ungguh, sopan santun yang diwariskan para leluhur melalui masyarakat untuk kemajuan NKRI ini.

Keberadaan kita sebagai bangsa sudah ribuan tahun,jauh sebelum masehi juga telah eksis dan terkenal. Seperti, Tarumanegara di Sunda Barat, kemudian Wangsa Sanjaya dengan Mataram Kuno, Syailendra dengan Negara Sriwijaya, yang kemudian berlanjut hingga Majapahit. “Inilah bukti bahwa warisan leluhur akan Bangsa ini begitu besar dan jaya, karenanya kita jangan sampai melemah dan menggap diri kita kecil. Bahkan di era modern ini dengan nama Indonesia, kita harus selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan seperti yang didengungkan para leluhur kita yang Berjaya itu, meskipun kita berbeda-beda tapi tetap bersatu. Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangruwa,” tandas Hadi.

Tari Tarawangsa Sunda di acara pembukaan Rakernas dan rapimnas HPK di Malang (8/2)
Tari Topeng Malang di acara Pembukaan Rapimnas dan rakernas HPK (8/2).

Penorehan pretasi besar dari jejak sejarah itu harus selalu kita pahami sebagai warga modern dan titisan para leluhur Nusantara ini. Untuk itulah, di acara Rapimnas dan Rakernas HPK digelar pula Sraddha Gong Banawa Sekar Keprabuan Nusantara. Upakara Sradda itu digelar di hari kedua (9/2) dengan penuh jiwa suci yang mengabdi kepada negeri bumi pertiwi NKRI ini. Rahayu sagung dumadi.

Melanjutkan pesan-pesan suci, prosesi Braja Sandi yang disebut Nawa Tirta, dengan Sraddha Bahtera Banawa Sekar Keprabuan Nusantara. Dengan mengambil 9 sumber mata air mulai dari arah barat hingga timur Negeri Nusantara ini.

Dewi Kanthi Sunda sedang melakukan puji santi dalam acara Rapimnas Rakernas HPK 2024 di Malang (8/2).
Para Tamu VIP di Rapimnas dan Rakernas HPK Malang (8/2).

Acara Rapimnas dan Rakernas HPK 2024 ini diikuti semua Pengurus HPK tingkat DPP, DPD, DPK seluruh Indonesiadan 38 masyarakat adat.. Diselenggarakan di Gedung Samudera Angkatan Laut (LANAL) Jalan Yos Sudarso Klojen Malang Jatim, pada 8 – 10 Februari 2024.

Pembukaan Rakernas dengan Lagu Kebangsaan dalam Rapimnas dan Rakernas HPK di Malang (8/2).

Sebagai Nara Sumber Utama dalam Acara itu adalah Orasi Budaya oleh Direktur Deradikalisasi BNPT RI, Brigjen Pol. Ahmad Nurwahid, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, dan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, SE, dan beberapa pejabat pemerintah setempat. Rahayu sagung dumadi. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 Kediri (8/6) …