Home Jawa Timur Dua Desa di Tanggulangin Terendam Banjir

Dua Desa di Tanggulangin Terendam Banjir

2 min read
0
0
14

Sidoarjo (MPN) – Dua desa di Kecamatan TanggulanginSidoarjo, yaitu Desa Kedungbanteng dan Banjarasri kembali direndam banjir.

Tidak hanya rumah, tiga sekolah negeri di wilayah tersebut juga turut merasakan dampaknya, yaitu SMP Negeri 2 Tanggulangin dan SD Negeri Banjarasri dan Kedungbanteng. Hal itu mengakibatkan siswa yang belajar harus dipindah ke ruangan yang lebih aman dari banjir

Meskipun jalan dan rumah warga sudah ditinggikan, air tetap menggenangi pemukiman. Kondisi paling parah terjadi pada sembilan RT di Desa Kedungbanteng, dimana banjir di wilayah tersebut masuk ke dalam rumah dengan ketinggian rata-rata satu mata kaki orang dewasa.

Warga tak bisa berbuat banyak akan musibah tahunan tersebut, selain memindahkan barang berharga ke tempat yang aman. 

Agung, salah satu warga mengatakan bahwa meski terjadi setiap tahun, banjir kali ini menurutnya paling parah, karena tak sedikit air yang masuk ke rumah warga. “Tahun ini lebih parah, dulu hanya di halaman rumah, tapi kini sampai masuk ke rumah,” ungkapnya pada Jumat (16/2). 

Meski banjir di wilayah tersebut sudah ditetapkan siaga satu, tetap saja banjir tak kunjung surut. Sementara itu, Kepala Desa Kedungbanteng, Budiono mengatakan jika pihak Pemerintah Daerah sudah berusaha maksimal, yaitu dengan meninggikan jalan kurang lebih 60 sentimeter. “Namun tetap jalan tergenangi banjir,” katanya. 

Upaya lain pun sudah dilakukan, yaitu dengan menyedot genangan air. Namun, upaya penyedotan air tidak bisa 24 jam, karena kondisi sungai untuk pembuangan juga meluap. “Air disedot sebenarnya hanya muter-muter dari barat ke utara, timur, selatan dan barat lagi,” terangnya. (edw/ jp)

Load More Related Articles
Load More By edy
Load More In Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Lezatnya Klethek, Krupuk Khas Tulungagung

TULUNGAGUNG (MPN) – Salah satu buah tangan atau oleh-oleh yang wajib dibeli ketika b…