Home Jawa Timur Selama 14 Hari Warga Pejaya Anugrah Terendam Banjir

Selama 14 Hari Warga Pejaya Anugrah Terendam Banjir

3 min read
0
0
18

Sidoarjo (MPN) – Warga Perumahan Pejaya Anugrah, Kramat Jegu, Taman, Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (18/2/2024) melaporkan wilayahnya sudah terendam banjir selama 14 hari atau dua minggu.

“Izin melapor terjadi banjir sudah dua minggu di Perumahan Pejaya Anugrah, Kramat Jegu, Taman, Kabupaten Sidoarjo. Belum ada penanganan yang berarti dan ini banjir terparah. Padahal daerah di sekitar kami tidak ada banjir,” jelas Sri Isa Anshori, salah satu warga.

Selain itu, Indra Purnama, warga perumahan itu juga melaporkan sudah 14 hari terendam air, banjir. “Mohon Bantuannya Bapak Bupati, Wakil Bupati, instansi terkait yang menangani agar air cepat surut. Dinas Sosial kami tidak ada bantuan sama sekali,” tulisnya sambil mengirimkan foto kondisi banjir di sepanjang gang.

Dwi Eko Saptono Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo mengatakan, drainase di area tersebut memang kurang sempurna sehingga aliran air hujan sulit. Ditambah lagi topografi kawasan itu cekung. Kemudian debit air di Avour Kemendung masih tinggi dan intensitas hujan juga tinggi.

“Sudah ada dua rumah pompa dengan kekuatan masing-masing 1.200 liter per detik, tapi ternyata intensitas hujan tinggi. Jadi belum bisa mengatasi dengan sempurna,” ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini Sungai Kemendung sudah dinormalisasi, tapi untuk pembangunan plengsengan yang di dekat Perumahan Pejaya Anugrah masih pengadaan. “Kami siapkan untuk wilayah sana. Mungkin awal Maret bisa dilaksanakan,” kata dia.

Pemkab Sidoarjo, kata Dwi Eko, juga berencana melengkapi drainase di wilayah tersebut pada tahun ini. “Drainase di perumahan itu banyak yang tersumbat. Perlu dukungan warga untk menjaga kebersihan saluran,” tuturnya.

Sementara terkait penanganan banjir di titik lain, Dwi Eko mengutarakan kesulitannya melakukan normalisasi di Avour Buntung karena sepanjang sungai tersebut dipenuhi bangunan. Rumah dan toko yang menutup akses alat berat untuk mengurangi sedimentasi Sungai Buntung itu, menurut dia, sudah ada sejak zaman dulu. “Beruntung masih ada satu lahan yang bisa dipakai untuk menempatkan alat berat untuk pembersihan. Tahun 2022 kami pernah menertibkan dan di data kami lebar sungai itu 6-7 meter, bisa jadi sekarang tinggal 2 meteran, Kami upayakan kembali dilebarkan,” kata Dwi. (edw/SSFM)

Load More Related Articles
Load More By edy
Load More In Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

KPK Ingatkan Tim Dokter Gus Muhdlor Soal Resiko Hukum

SIDOARJO (MPN) – KPK mengonfirmasi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhd…