Home Jawa Timur 01-Kediri Pawai Religi Jelang Ramadhan 1445 H dan Sarat Prestasi SDN Kandangan 1 Kediri

Pawai Religi Jelang Ramadhan 1445 H dan Sarat Prestasi SDN Kandangan 1 Kediri

13 min read
0
8
492

Kediri (MPN) – Potensi Religi., SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri sarat potensi, gelar pawai religi jelang bulan suci 2024 ini. “Kita selalu menjunjung tinggi nilai spiritual di bulan suci ramadhan 1445 H ini sebagai wujud syukur kepada Alloh SWT, serta membangun budaya dan perilaku sosial yang mengedepankan persaudaraan antar sesama dengan penuh semangat, gembira dan bermakna, “ tutur Sunarko Prasetyo SPd, Kepala SDN Kandangan 1 di Kandangan, sabtu pagi (9/3).

Gelar Pawai Taaruf Keliling masyarat sekitar SDN Kandangan 1 jelang Ramadhan 1445 H sabtu pagi 9 maret 2024

Dalam momen pawai ini, lanjut Sunarko, kita siapkan jasmani, rohani serta ciptakan situasi aman dan kondusif agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan khusuk. Tak sekedar itu, menggali potensi untuk meningkatkan prestasi juga harus terus diupayakan dalam suasana penuh rahmatNya di bulan suci ramadhan ini. Bahkan, prestasi yang kini telah digapai SDN Kandangan 1 juga harus disyukuri.

Marhaban Yaa Ramadhan Ksek dan Guru SDN Kandangan 1 melepas kegiatan Pawai Taaruf menjelasng bulan suci ramadhan 1445 H ( 9 maret 2024.
Pawai Taaruh jelang bulan suci ramadhan sedang menyusuri perkampungan masuarakat di sekitar kampus SDN Kandangan 1 (9 /3)

Diikuti oleh semua siswa mulai kelas 1 – 6 (12 rombel),pawai taaruf ini berkeliling kampung sekitar sekolahan yang beralamat di jalan Malang 257 Kandangan itu, diantaranya menyusuri karang kitri, jalan raya Malang, jalan masjid hingga area sekitar POM Kacangan. Semangat para siswa berbusana muslim ini meninggi bersama antusias masyarakat yang dilewatinya.

Para siswa grup hadrah shalawat Banjari dalam Pawai Taaruf jelang ramadhan 1445 H SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri (9/3)
Pawai Taaruf SDN Kandangan 1 menjelang Bulan suci ramadhan 1445 H (sabtu pagi 9 maret 2024)

Sholawat Banjari

Diiringi musik hadrah, para siswa itu terus berjalan kaki sembari mengumandangkan shalawat Nabi. Grup Sholawat Banjari itu juga begitu, bersemangat melantunkan tembang religi sambil menabuh alat musik hadrah itu. Tampak setiap sudut seperti menyapa, bahkan teramat akrab, turut membahu, dan merencanakan bahwa eksistensi sebagai manusia, harus selalu bersyukur dan bertaqwa kepadaNya, Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Tembang sholawat Nabi itu juga menggugah segalanya dalam diri kita sebagai manusia, serta sujud syukur atas semua karuniaNya kita dapat menikmati kesehatan jasmani rohani dan rezeki hingga saat ini. Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh. Marhaban Yaa Ramahan……

Layla Fitria Kusumawati, pemenang juara 3 Lomba Pildacil oktober 2023

Potensi dan Prestasi

SDN Kandangan 1 terus berupaya menorehkan tinta emas di tengah asa yang penuh gelora, agar potensi diri setiap siswa tak pupus di tengah jalan untuk menggapai cita-cita. Maka itu, melalui berbagai kegiatan kreativitas, diharapkan anak mampu menjadi generasi penuh dedikasi dan berkualitas diri. Terbukti, kini berbagai prestasi diraihnya meski itu masih terus ditingkatkannya.

Aqila Salsabila Aulia Nasrullah, Kelas 4 SDN Kandangan 1 dalam Cabor Pencak Silat mewakili Kandangan di Kabupaten Kediri
Alleya Dzakiya Thalita Sakhi kelas 4 SDN Kandangan 1 dalam cabor renang ke tingkat Kabupaten Kediri 2024

Pada maret 2024 ini mewakili Kandangan ke tingkat Kabupaten Kediri untuk cabor renang, Alleya Dzakiya Thalita Sakhi kelas 4 dan cabor pencak silat oleh Aqila salsabila Aulia Nasrullah juga siswi kelas 4. Pada Oktober 2023, Layla Fitria Kusumawati sebagai juara 3 Pildacil se Kandangan pada maulid Nabi SAW. Berbagai prestasi di tingkat Kabupaten juga pernah diraihnya, seperti Juara 1 Budaya Mutu Jenjang SD, Juara 2 Mendongeng Bahasa Jawa, Juara 1 – 2 Lomba Adzan Dies Natalies 39 SMPN 1 Kasembon. Dan masih bayak torehan prestasi lainnya.

Representatif

Berkapasitas murid besar yang mencapai 319 anak dengan 12 rombel ini, SDN Kandangan 1 kini mengorbit di puncak, berfasilitas cukup lengkap dan akomodatif. Representatif, yaitu Ruang Pembelajaran, UKS, Perpustakaan, laboratorium pendidikan IPA, Ruang AKM / Asesmen Kompetensi Minimun,, tempat kegiatan ekstra, Musholla, Ruang Aula, Kantor dan Ruang Guru, serta halaman luas dan aman. Alat-alat Drumband, seperangkat Gamelan, Alat Musik, Komponen Alat Olahraga, juga dipunyai. Guna peningkatan potensi anak sesuai bakat minatnya, SD Center ini memiliki alternatif kegiatan ekstrakulikuler yaitu sholawat banjari, tari, karawitan, drumband, sepak bola, pramuka, melukis, voli, tenis meja, bulu tangkis, catur. Khusus Bahasa Inggris, sejak tahun ajaran 2023/2024 ini, telah terintegrasi masuk dalam mata pelajaran di setiap kelas.

“Semua ini kita sediakan, agar setiap siswa dapat terakomodir untuk meningkatkan kompetensi sesuai minat, bakat dan aspirasinya,” tutur Sunarko.

Adik Pramuka Pi SDN Kandangan 1
Aqila Salsabila Aulia Nasrullah, kelas 4 dalam Cabor Pencak Silat mewakili Kandangan di Kabupaten Kediri 2024

Bahkan, SDN Kandangan 1 sangat representatif, inovatif di Kandangan. Setiap tahun selalu terakreditasi A, berpredikat Unggulan sebagai barometer keberhasilan layanan mutu Pendidikan di Kandangan dan sekitarnya. Kini, sekolah unggulan itu kini mempunyai 319 siswa, diasuh 16 Guru potensial, terdiri 10 Guru Kelas, 2 Guru PJOK, 2 Guru PAI, 1 Guru Bahasa Inggris, 1 Tenaga Perpustakaan, 1 Tenaga Administrasi dan 2 Penjaga. Untuk menyempurnakan kapasitas itu, rencana tahun 2024 ini melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, SDN Kandangan 1 akan merehabilitasi 4 ruangan sebelah utara untuk dijadikan ruang peningkatan mutu sekolah berupa ruang Laboratorium dan ketrampilan.

Para siswa bersemangat untuk sehat dan pintar melalui Minum Obat Cacing
Pramuka SDN Kandangan 1 Putra

Kasih pun deras mengalir di sela aktivitas SDN Kandangan 1 itu, kepedulian sesama juga terus ditingkatkannya, guna menyelimuti jiwa yang mengabdi pada Sang Pencipta. Seperti kegiatan amal dan kreativitas juli 2023 lalu, mempersembahkan bingkisan tas, alat tulis lengkap, dan berbagai hadiah lain kepada 141 siswa dari keluarga kurang mampu yang tersebar di semua kelas, serta diantaranya 13 Anak Difabel di SDN Kandangan 1.  “Bantuan itu dimaksudkan agar pemerataan pendidikan dapat langsung dirasakan kepada semua lapisan masyarakat. Terutama, bagi kalangan warga tidak mampu dan mendorong para anak penyandang idsabilitas, agar selalu bersemangat lebih giat lagi dalam belajar menuju anak yang pintar, cerdas dan berkepribadian baik demi menggapai cita-citanya kelak,” ujar Sunarko yang berhobi melukis dinding, seni lukis mural itu penuh dedikasi.

Bagi Takjil menjelang Buka Puasa Ramadhan untuk Pemakai Jalan dari SDN Kandangan 1 (4/23)
Tanda tangan bersama guru, komite, siswa yang diwakili kelas 4 – 6 pada banner besar tentang komunike bersama Mencegah Kekerasan tanpa petasan di SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri (maret 24)

SDN Kandangan 1 juga tak berpaling dari aktivitas peningkatan disiplin diri. Yang terakhir, seminggu lalu melakukan komunike bersama antara semua komponen lembaga dengan menggelar kesepakatan moralitas, Mencegah Kekerasan, melalui tanda tangan bersama guru, komite dan semua siswa yang diwakili kelas 4 – 6 dengan membubuhkan tanda tangan di banner dan dipasang di dinding atas luar ruangan Kasek. Nota kesepahaman itu berisi tentang menolak penggunaan obat-batan terlarang, menolak tindakan kekerasan, Bullying atau mengolok-olok, menolak menggunakan petasan, terutama di bulan suci ramadhan ini.  

Hasil karya Sunarko Prasetyo SPd Kasek SDN Kandangan 1 dalam melukis di kain kanvas yang tengah dikembangkan juga dalam kegiatan ekstrakulikuler (9/3)
Karya seni lukis mural di tembok yang dilakukan dan dikembangkan Sunarko Prasetyo SPd kasek SDN Kandangan 1 (9/3)

Menurut Sunarko, apapun upaya selalu kita lakukan demi menciptakan ajang lembaga pendidikan yang berkreativitas, bermutu dan berprestasi. “Melalui persatuan, bergotong royong, bersinergi, saling mengisi antara sekolah, guru, orang tua melalui komite, Dinas, serta masyarakat umum, semua untuk kemajuan peserta didik,” tandasnya.

Mencegah Tindakan Kekerasan di Sekolah dengan komunike bersama, membubuhkan tandangan bersama para guru,komite dan siswa yang diwakili kelas 4 – 6 pada awal maret 2024

Program Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB

Lembaga Pendidikan Dasar Favorit, SDN Kandangan 1, saat ini sudah siap memberi kesempatan kepada masyarakat Kandangan dan sekitarnya, agar mengirimkan anaknya untuk menikmati pendidikan berkualitas berbasis Kompetensi dan Teknologi Digital Berwawasan Global. Pendaftarannya cukup sederhana, diantaranya, berusia 6 tahun pada 1 juli 2024; Mengisi Formulir, disediakan sekolah, atau Pendaftaran Online; Pas Photo Warna 3×4 background merah di kertas Doff sebanyak 4 lembar; Copy Akte Kelahiran atau Surat kenal Lahir 3 lembar; Copy KK terbaru 3 lembar; Copy atas bawah KTP Ayah Ibu 3 lembar; Sertifikat TK (jika Ada) 3 lembar; Copy Kartu Indonesia Pintar / KIP (Jika punya). Atau lebih jelasnya, dapat langsung ke SDN Kandangan 1 di setiap hari kerja. Segera merapat….. Monggo…….. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandan…