Home Jawa Timur 01-Kediri Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

Peduli Bersinergi SDN Kandangan 1 Bagi Takjil Untuk Masyarakat, Pengguna Jalan dan Bukber

20 min read
0
10
241

Kediri (MPN) – Bermakna Sinergi. Kegiatan sosial kemanusiaan dilaksanakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri melalui Bagi Takjil Gratis lebih 500 paket nasi dan minuman untuk masyarakat umum dan pengguna jalan, serta Buka bersama (Bukber) di jalan Malang 66 Kandangan, pada rabu sore (27/3/2024). “Sangat bagus dan penuh makna. Kegiatan berdimensi sosial religi di bulan seci romadhon ini dapat meningkatkan keimanan, kepedulian pada sesama dan mempererat tali silaturahmi, bersinergi antara semua pihak demi kemajuan bersama, khususnya kemajuan dan menciptakan peserta didik sebagai generasi berkualitas bagi masa depan Bangsa Indonesia,” tutur Camat Kandangan Nursaid SE, di sela-sela acara Bagi Takjil dan Bukber itu.

Bersinergi Camat Kandangan Nursaid SE bersama Jajajaran Polsek dan Kasek Sunarko Prasetyo SPd Ketua Komite Puji Darmowiyono SE Para Guru serta Pengurus Paguyuban Wali Siswa SDN Kandangan 1 d Bagi Takjil Bukber (27/3)

Menurut Nursaid, bersinergi yaitu kebersamaan bergotong royong saling membantu dan saling menghormati itu adalah sangat penting dalam memajukan pendidikan bagi peserta didik. “Kegiatan Bagi Takjil Bukber untuk masyarakat umum dan musafir pengguna jalan ini termasuk pendidikan keagamaan dan sosial kemasyarakat bagi semua pihak, khususnya pendidikan bagi peserta didik agar mereka memahami jati diri sebagai manusia pribadi dan makhluk sosial demi kemjuan diri dan Bangsanya di masa depan,” tuturnya penuh arti. Maka itu di aberharap, dalam segala aspek kehiupan bersinergi adalah sangat penting untuk kemjuan bersama.

Antrian panjang masyarakat dan pengguna jalan dalam acara Berbagi Takjil Bukber SDN kandangan 1 di bulan suci rabu sore(27/3)
Ibu-Ibu Paguyuban Ortu Wali SDN Kandangan 1 selalu bersedia dan Bahagia dalam Bagi Takjil Bukber untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan rabu sore (27/3)
Ibu-ibu anggota Paguyuban Orang Tua Wali SDN Kandangan 1 selalu tersenyum dan bahagia membagikan Takjil Bukber untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan (27/3)
Cantik aduhai, mempesona para pengurus paguyuban orang tua siswa SDN kandangan 1 sebagai panitia acara Bagi Takjil dan bukber bulan ramadhan 1445 H untuk masyarakat umum dan musafir pengguna jalan (27/3)

Konsep sinergitas dan peduli inilah, dikembangkan SDN Kandangan 1 sebagai pendidikan dan pembelajaran kepada peserta didik. Praktek pendidikan bermakna dalam Kegiatan Bagi takjil Bukber kepada masyarakat dan musafir pengguna jalan ini diharapkan mampu menambah semangat para orang tua wali siswa, para guru serta siswa untuk berbagi dan peduli sesame. “Meski hanya berupa paket nasi dan minuman takjil gratis untuk masyarakat umum, musafir serta pengguna jalan yang melintas di depan sekolah, dapat menumbuhkan rasa solidaritas dan kemandirian dalam pribadi siswa,” tukas Sunarko Prasetyo SPd, Kasek SDN Kandangan 1 berfilosofis.

Sinergitas Muspika Kandngan Camat Nursaid SE, jajaran Polsek, Kasek Sunarko Prasetyo SPd, dan para guru SDN Kandangan 1 selalu terjalin untuk kemajuan pendidikan demi keberhasilan peserta didik (27/3)

Disamping itu, kegiatan ini didasari Al Qur’an dan Hadist, bahwa empat orang yang dirindukan oleh surga. Pertama, orang yang membaca Al- Qur’an, kedua orang yang menjaga lisan, ketiga orang yang memberi makanan pada yang lapar (bersedekah), keempat orang yang berpuasa di bulan ramadhan.

Berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda di bulan puasa. Allah Subhanahu Wa Ta ala berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 18 : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Sinergitas Kasek sunarko prasetyo spd, Para Guru, Para pengurus Paguyuban Wali siswa, Komite, dalam kegiatan bagi takjil bukber di bulan puasa ramadhan 1445 H demi kemajuan Pendidikan SDN Kandangan 1 (27/3)
Bagi Takjil Gratis di Bulan Ramadhan 1445 H tahun 2024 oleh SDN Kandangan 1 untuk masyarakat umum dan pengguna jaln di depan sekolah (27-3)
Ibu Guru SDN Kandangan 1 sedang memberikan Takjil untuk Buka Puasa kepada pengguna jalan roda 4 dalam acara Bagi Takjil dan bukber bulan ramadhan 1445 H pada rabu sore (27/3)

Berbagi takjil kepada seseorang merupakan suatu hal yang baik dan termasuk sebagai sedekah. Itu artinya, kita akan memperoleh pahala bersedekah. “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (H.R. Tirmidzi).

Kebagaiaan dan keceriaan dalam Berbagi oleh para guru SDN Kandangan 1 dalam kegiatan Bagi Takjil Bukber di bulan suci (27/3)
Matur nuwun nggih Bu guru atas Takjil bukbernya dari SDN Kandangan 1 rabu sore (27/3)
Selalu bersinergi untuk masyarakat gitu prinsip Kasek SDN kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd di Acara Gabi Takjil Bukber (27/3)
Siap dan Bahagia Bu Guru SDN Kandangan 1 melayani Takjil Bukber untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan (27/3)

Menurut Sunarko, bagi- bagi takjil merupakan momen terbaik yang bermanfaat kepada sesama. Terutama bagi para pengguna jalan yang tidak sempat berbuka bersama anggota keluarganya. “Paling tidak, mereka yang berpuasa dapat menikmati berkah dari Alloh SWT, atas puasanya sepanjang hari itu,” ujarnya.

Ketua Komite Puji Darmowiyono SE Kasek Sunarko Prasetyo SPd para guru dan para pengurus Paguyuban Orang Tua Wali siswa sedang berdoa agar kegiatan Bagi takjil dan bukber pada rabu sore (27/3)
Para Orang Tua siswa anggota Paguyuban Wali Murid sedang menyiapkan uborampen takjil untuk buka puasa ramadhan 1445 H yang dibagikan pada masyarakat dan musafir pengguna jalan rabu sore (27/3)

Ketua Komite dan pelaksana acara, Puji Darmowiyono SE , mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas semua kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa di tahun ini. Bahkan, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kepedulian antar sesama umat manusia dan meningkatkan silaturahmi.

Kasek Sunarko prasetyo spd, Para Pengurus Paguyuban Wali Siswa, Para Guru dan pejabat muspika selalu bersinergi demi kemajuan pendidikan dlam acara Bagi Takjil Bukber di depan sDN Kandangan 1 untuk masyarakat dan pengguna jalan (27/3)
Bagi Takjil Gratis di suasana bulan ramadhan 1445 H tahun 2024 oleh SDN Kandangan 1 di Jalan Malang 66 Kandangan rabu sore (27 maret)

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap sesama umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa yang rutin kami lakukan setiap tahunnya,” ungkap Puji. Kegiatan baksos ini sebagai bentuk kebersamaan, bersinergi antara pengurus dan anggota paguyuban siswa dengan para guru dan siswa, demi persatuan dan kemajuan bersama.

Untuk Umum dan Musafir Pengguna Jalan

Kegiatan dilakukan di depan Sekolah, lanjut Sunarko, diperuntukkan untuk masyarakat umum, kemudian dilaksanakan di jalan besar depan sekolah karena, mayoritas pengguna jalan roda 2 atau roda 4 yang melintas adalah para musafir jauh, pemudik dari arah Malang menuju Jombang Kediri atau sebaliknya. “Paling tidak, bagi para musafir, takjil gratis ini dapat sebagai pelepas dahaga untuk berbuka bagi mereka yang berpuasa,” ujarnya.

Indan dan style trendi para ibu-ibu pengurus paguyuban wali siswa usai persiapan acara Bagi Takjil Bukber untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan di depan SDN Kandangan 1 pada rabu sore (27/3)
Usai persiapan jelang Waktu bagi Takjil Gratis dan bukber pada Ramadhan 1445 H di jalan depan SDN Kandngan 1 para ibu-ibu wali murid selalu tampil cantik ceria bahagia bak artis Drama Korea hehehe (27/3)
Meski capek lelah dalam mempersiakan acara Bagi Takjil Bukber di Ramadhan 1445 H untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan para pengurus paguyuban wali siswa ini tetep tersenyum berselfi-ria (27/3)

“Pelaksanaan silaturahmi, bukber serta bagi-bagi takjil ini kita lakukan di pertengahan bulan suci ramadhan, supaya seluruh pengurus serta semua anggota bisa hadir dan turut serta sebelum agenda rutin bersama keluarganya atau persiapan Hari Raya Idul Fitri. Kami juga tidak lupa ucapkan matur nuhun dan terimakasih kepada para pejabat Muspika Kandangan Bapak Camat Nursaid, Kapolsek, Danramil, para guru, orang tua siswa atas peduli sesamanya dan semoga berkah. Aamiin,” harapnya.

Ketua Komite Puji Darmowiyono SE dan para guru SDN Kandangan 1 sedang mempersiapkan dan mendoakan Takjil untuk Berbuka yang akan dibagikan kepada masyarakat dan musafir pengguna jalan pada rabu sore (27/3)
Ketua Komite Puji Darmowiyono SE para guru dan Paguyuban Wali Siswa SDN Kandangan 1 sedang membagikan Takjil Gratis untuk buka puasa ramadhan 1445 H pada masyarakat musafir pengguna jalan rabu sore (27/3)

Kegiatan Bagi Takjil dan Buka Bersama ini dihadiri Forkompimca Kandangan yaitu Camat Nursaid SE, Danramil Kapten Czi Roberto Hutabarat, Kapolsek AKP Wahyu Hariadi SH, Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd, Komite Sekolah,Ny Nuning Puji, Para Pengurus dan anggota Paguyuban Wali Siswa, Para Guru dan Murid. Sambutan Masyarakat dan pengguna jalan begitu ramai, tertib, aman dan bermakna.

Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SE para guru dan anggota paguyuban wali siswa sedang membagikan Takjil gratis pada masyarakat dan musafir pengguna jalan roda 2 dan roda 4 pada rabu sore (27/3)
Kasek sdN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd sedang membagikan Takjil Buka Puasa kepada pengguna jalan di depan sekolah dalam suasana ramadhan 1445 H pada rabu sore (27/3)

Pondok Romadhon

Dalam meningkatkan pendidikan religi keimanan bagi peserta didik, pada bulan ramadhan 1445 H tahun 2024 ini, SDN kandangan 1 juga melaksanakan program pondok romadhon bagi siswa-siswi muslim selama seminggu di Aula Sekolah. “Kegiatan ini juga dilaksanakan setiap tahun selama bulan romadhon. Bertujuan pada para siswa agar dapat meningkatkan pemahaman tentang pendidikan khusus Agama Islam, kebangsaan dan berbagai prakteknya,” kata Sunarko Prasetyo SPd.

Kasek SDN Kandangan 1 Sunarko Prasetyo SPd sedang memberi materi dalam Pondok Ramadhan 1445 H yang dilaksanakan selama seminggu untuk par siswa di Aula Sekolah (27/3)
Pondok Romadhon 1445 H juga dilaksanakan selama seminggu di SDN Kandangan 1 untuk menimba ilmu Agama bagi siswa muslim kelas 4 hingga 6 dilaksanakan di Aula Sekolah (27/3)

Lebih khusus dan rinci, tentang materi Pondok Romadhon di SDN kandangan 1 yang dipilih sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing penyelenggara, adalah pertama, Dirasah Islamiyah merupakan kajian tentang hal-hal yang berkaitan dengan ajaran Islam. Kedua, Wawasan kebangsaan, merupakan materi untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan patriotism. Ketiga, Wawasan Lingkungan Hidup, yang mengajarkan kesadaran dan kepedulian terhadap keseimbangan dan kelestarian alam.

Pembelajaran dan pendidikan dalam suasana Pondok Romadhon 1445 H bagi siswa muslim di Aula SDN Kandangan 1 (27/3)
Suasana pembelajaran pendidikan oleh seorang guru dalam Pondhok Romadhon 1445 H selama seminggu bagi siswa muslim SDN Kandangan 1 di Aulah Sekolah (27/3)

Keempat, Citra diri anak saleh, yakni mengenalkan potensi diri agar bisa berperan sebagai anak saleh menurut Al Qur’an dan Hadist. Kelima, Adab pergaulan muslim, yakni pembiasaan diri dalam bergaul dengan sesama muslim dalam kehidupan sehari-hari. Keenam, Kepemimpinan yakni memberi pemahaman dan pengalaman terkait kepemimpinan yang islami. Ketujuh, pencegahan penyimpangan sosial dan penyalahgunaan Narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAFZA). Kedelapan, penguatan moderasi beragama dengan penguatan konsep dan penerapan islam rahmatan lil alamin. Kesembilan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Program Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB

Lembaga Pendidikan Dasar Favorit, SDN Kandangan 1, saat ini sudah siap memberi kesempatan kepada masyarakat Kandangan dan sekitarnya, agar mengirimkan anaknya untuk menikmati pendidikan berkualitas berbasis Kompetensi dan Teknologi Digital Berwawasan Global. Pendaftarannya cukup sederhana, diantaranya, berusia 6 tahun pada 1 juli 2024; Mengisi Formulir, disediakan sekolah, atau Pendaftaran Online; Pas Photo Warna 3×4 background merah di kertas Doff sebanyak 4 lembar; Copy Akte Kelahiran atau Surat kenal Lahir 3 lembar; Copy KK terbaru 3 lembar; Copy atas bawah KTP Ayah Ibu 3 lembar; Sertifikat TK (jika Ada) 3 lembar; Copy Kartu Indonesia Pintar / KIP (Jika punya). Atau lebih jelasnya, dapat langsung ke SDN Kandangan 1 di setiap hari kerja.

Ramai Bermakna suasana pembagian takjil gratis untuk buka puasa di bulan ramadhan 1445 H oleh para guru dan wali murid SDN Kandangan 1 di jalan Malang 66 tepat depan sekolah pada rabu sore (27/3)
Meski sedikit capek tapi selalu ceria bahagia para guru dan orang tua wali siswa SDN Kandangan 1 dalam acara pembagian takjil gratis dan bukber untuk masyarakat dan musafir pengguna jalan rabu sore (27/3)
Suasana Pembagian Takjil kepada Masyarakat Umum dan Musafir pengguna jalan roda 2 dan roda 4 di jalan Malang depan SDN Kandangan 1 pada rabu sore (27-3-24)

Usai Bagi Takjil, Muspika, Kepala Sekolah, tamu Undangan, para guru, paguyuban siswa semua kelas SDN Kandangan 1 ini melakukan Buka Puasa Bersama. Keceriaan dan kebahagiaan terpancar dari wajah seluruh Pengurus, Anggota dan Para Guru, dan siswa, Bahagia, dan mampu menepis bila ada rasa gundah gulana melanda.Setidaknya, silaturahmi, berbagi, peduli ini begitu berarti. Saling menyayangi. Dan semangat selalu menyelimuti kalbu hingga kapanpun itu, duhai kekasih hatiku. –(Ajie)-

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Klausul Hari Jadi Kabupaten Kediri Versi Panjalu Jayati Kadhiri

Kediri (MPN) – Peduli Klausul. Hari Jadi Kediri diperingati setiap 25 maret oleh Kab…