Home Jawa Timur 01-Kediri Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

Berprestasi Berkesan dan Tak Terlupakan SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri

23 min read
0
22
316

Kediri (MPN) – Dedikatif Inspiratif. SDN Kandangan 1 Kabupaten Kediri merangsek menjadi yang terdepan, meski itu dilaluinya penuh gelombang. Terus menyeruak ke permukaan dengan langkah pasti, penuh kreasi. “Kami selalu menerima masukan, kritikan dan inovasi kegiatan bersama semua komponen lembaga, seperti guru, komite, paguyuban kelas, peserta didik dan masyarakat luas, agar meraih keberhasilan bersama, terutama bagi peserta didik. Kami berusaha menciptakan inspirasi dan kreasi baru dalam proses pembelajaran di era digital saat ini,” ujar Sunarko Prasetyo S.Pd,  penuh inspiratif dalam acara Pelepasan Siswa Kelas VI Tahun 2023/2024 di Kandangan,sabtu pagi (8/6).

MC siswa SDN Kandangan 1, penuh dedikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (8/6)
Unjuk Potensi Grup Rebana Sholawat Banjari oleh para peserta didik kelas 4 – 5 di acara penyerahan kembali siswa siswi ke ortu (8/6)

Berakreditasi A Unggulan, SDN Kandangan 1, kini tengah menerapkan program prioritas Teknologi Digital Komputer MS Paint dan integrasi Bahasa Inggris dalam rutinitas Matpel sesuai Kurikulum Merdeka Berubah. Demikian berkreasi dalam semua kegiatan, bernuansa religi, cipta kreasi melalui berbagai kegiatan untuk program berkelanjutan, seperti Pawai Taaruf di Tahun Baru Islam, Ekstra Sholawat Banjari, Band siswa Arkasa, Tari Tradisional Jawa, Karawitan, Pencak Silat, Pidato / MC Bahasa Inggris, Drumban, Sepak Bola, Bola Voli, Badminton hingga Melukis kanvas dan mural, Pramuka, Catur, Renang.

Penampilan Band Putri Arkasa Siswi SDN Kandangan 1 begitu impresif (8/6/2024)

Tak hanya itu, menurut Sunarko, inovasi yang inspiratif itu dilakukan guna menghadapi kecepatan teknologi informasi digital saat ini, sebuah kondisi modern yang terus diikuti namun harus dibarengi pendidikan budi pekerti yang mengunggulkan nilai-nilai kearifan lokal dan penuh dedikasi itu. Diantaranya, pengenalan dan penerapan Aplikasi Komputer Digital Ms Paint pada siswa agar kelak lebih mahir bila mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi. Aplikasi Microsoft MS Paint adalah sebuah program aplikasi komputer untuk menggambar atau melukis memakai computer atau Laptop.

Sungguh menggetarkan kalbu Qori’ah Sa’adatul Abadiah kelas 6B SDN Kandangan 1 di acara Penyerahan Kembali Siswa (8/6)
Prestasi Gemilang para siswa kelas VI tahun 2024 bersama ortunya (8/6)
Sambutan dari Pemdes Kandangan demi menyemangati para peserta didik dan ortu menuju anak berprestasi (8/6)

Komunikasi global memakai Bahasa Inggris, harus pula dikuasai setiap siswa guna meningkatkan kualitas wawasan umum. “Oleh karenanya, kami mulai tahun ajaran 2023/2024 kemaren, sudah menerapkan kembali Matpel Bahasa Inggris dalam rutinitas sehari-hari yang harus terus dikuasai siswa, mulai kelas 3 hingga kelas 6,” kata Sunarko.

Tak diragukan lagi Para pesilat siswa-siswi SDN Kandangan 1 yang selalu menggaet prestasi di tingkat lebih tinggi (8/6)

Representatif

SDN Kandangan 1 sangat representatif, adalah Sekolah inovatif SD Center. Meski setiap tahun selalu terakreditasi A, kini pada 2023, juga meraih Akreditasi A. Bahkan berpredikat Unggulan sebagai barometer keberhasilan layanan mutu Pendidikan di Kandangan dan sekitarnya. Bahkan di tingkat Kabupaten meraih Juara 1 Budaya Mutu Jenjang SD, Juara 2 Mendongeng Bahasa Jawa, Juara 1 – 2 Lomba Adzan Dies Natalies 39 SMPN 1 Kasembon.

Kasek Sunarko Prasetyo SPd, memberi sambutan dan berpesan agar semua siswa kelas 6 terus belajar untuk menuntut ilmu lebih tingg (8/6)
Anak-anak Prestasi kelas 6 tahun 2023-2024 bersama ortunya dengan Kasek Sunarko Prasetyo SPd, Komite Puji Darmowiyono SE (8/6)
Kasek Sunarko Prasetyo SPd, sedang memberikan penghargaan bagi siswa-siswi kelas 6 berprestasi sebagai lulusan terbaik di SDN Kaandangan 1 tahun 2023/2024 (8/6)
Prestasi terbaik membanggakan para peserta didik kelas 6 sedang diberi penghargaan oleh sekolah (8/6)

Berkapasitas murid besar yang mencapai 319 anak dengan 12 rombel ini, SDN Kandangan 1 kini mengorbit di puncak, berfasilitas cukup lengkap dan akomodatif. Representatif, yaitu Ruang Pembelajaran, UKS, Perpustakaan, laboratorium pendidikan IPA, Ruang AKM / Asesmen Kompetensi Minimun,, tempat kegiatan ekstra, Musholla, Ruang Aula, Kantor dan Ruang Guru, serta halaman luas dan aman. Alat-alat Drumband, seperangkat Gamelan, Alat Musik Band, Komponen Alat Olahraga, juga dipunyai.

Kasek Sunarko Prasetyo SPd, bersama Ketua Komite Puji Darmowiyono SE, Pemdes serta Para Orangtua dan Paguyuban Kelas selalu berkomitmen demi kualitas diri para siswa-siswi SDN Kandangan 1 (8/6)
Kasek Su8narko Prasetyo SPd, Komite Puji Darmowiyono SE dan Para Guru SDN Kandangan 1 selalu berdedikatif untuk keberhasilan diri para peserta didik di SDN Kandangan 1 (8/6)
Sekolah, Komite, para Paguyuban Kelas dan Guru di SDN Kandangan 1 selalu bersatu padu dan peduli untuk menggapai prestasi para anak-anak didik SDN Kandangan 1 (8/6)

Guna peningkatan potensi anak sesuai bakat minatnya, SD Center ini memiliki alternatif kegiatan ekstrakulikuler yaitu sholawat banjari, tari, karawitan, drumband, sepak bola, pramuka, melukis kanvas dan mural, voli, tenis meja, bulu tangkis, catur, renang, dan musik band. Khusus Bahasa Inggris, sejak tahun ajaran 2023/2024 ini, telah terintegrasi masuk dalam mata pelajaran di setiap kelas..  “Semua ini kita sediakan, agar semua siswa dapat terakomodir untuk meningkatkan kompetensi sesuai minat, bakat dan aspirasinya,” tutur Sunarko. Bahkan tahun 2024/2025 ini, melalui Dinas Pendidikan, akan dibangun Laboratorium Pendidikan 4 Ruang di jajaran gedung sebelah utara.

Sudah tradisi para paguyuban kelas sebagai rasa terima kasih selalu peduli dengan membantu lembaga demi kemajuan SDN Kandangan 1 (8/6)
Para siswa-siswi kelas VI SDN Kandangan 1 yang bedisiplin tinggi demi kemajuan diri di era digital saat ini (8/6)

SDN Kandangan 1 setiap tahun selalu terakreditasi A, berpredikat Unggulan sebagai barometer keberhasilan layanan mutu Pendidikan di Kandangan dan sekitarnya. Kini, sekolah unggulan itu diasuh 16 Guru potensial, terdiri 10 Guru Kelas, 2 Guru PJOK, 2 Guru PAI, 1 Guru Bahasa Inggris, 1 Tenaga Perpustakaan, 1 Tenaga Administrasi dan 2 Penjaga. Untuk menyempurnakan kapasitas itu, rencana tahun 2024 ini melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, SDN Kandangan 1 akan merehabilitasi 4 ruangan sebelah utara untuk dijadikan ruang peningkatan mutu sekolah berupa ruang Laboratorium dan ketrampilan.

Kelengkapan pendidik juga terpenuhi di Sekolah Unggulan ini, untuk 12 rombel di kelas 1 – 6. Tak perlu dikuatirkan, karena upaya Inovasi pemenuhan selalu dilakukan Kasek Sunarko Prasetyo SPd, mulai Tenaga Guru ASN, PPPK, hingga Honorer. “Ini selalu kami terapkan agar pelayanan pendidikan di semua rombel di setiap tingkatan kelas, selalu terpenuhi,” tandas Sunarko.

Cantik potensi sebagaimusisi gitaris Band Arkasa Putri, Siswi Kelas VI yang terus bersinar dalam pengembangan diri bertekad akan menuntut ilmu di lembaga lebih tinggi (8/6)
Ibu Guru Agama Islam yang selalu berdedikasi yang mengutamakan budi pekerti demi kemajuan siswa-siswi SDN Kandangan 1 (8/6)
Kasek Sunarko Prasetyo SPd, dan Ketua Komite Puji Darmowiyono SE,selalu menyatu untuk memajukan SDN kandangan 1 demi kualitas diri para peserta didik (8/6)
Para peserta didik SDN Kandangan 1 selalu mengembangkan diri untuk berprestasi mengembangkan diri menggapai prestasi“Selalu maju pantang mundur” (8/2)

Potensi dan Prestasi

SDN Kandangan 1 terus berupaya menorehkan tinta emas di tengah asa yang penuh gelora, agar potensi diri setiap siswa tak pupus di tengah jalan untuk menggapai cita-cita. Maka itu, melalui berbagai kegiatan kreativitas, diharapkan anak mampu menjadi generasi penuh dedikasi dan berkualitas diri. Terbukti, kini berbagai prestasi diraihnya meski itu masih terus ditingkatkannya.

Pada maret 2024 ini mewakili Kandangan ke tingkat Kabupaten Kediri untuk cabor renang, Alleya Dzakiya Thalita Sakhi kelas 4 dan cabor pencak silat oleh Aqila salsabila Aulia Nasrullah juga siswi kelas 4. Pada Oktober 2023, Layla Fitria Kusumawati sebagai juara 3 Pildacil se Kandangan pada maulid Nabi SAW. Berbagai prestasi di tingkat Kabupaten juga pernah diraihnya, seperti Juara 1 Budaya Mutu Jenjang SD, Juara 2 Mendongeng Bahasa Jawa, Juara 1 – 2 Lomba Adzan Dies Natalies 39 SMPN 1 Kasembon. Dan masih bayak torehan prestasi lainnya. Di tingkat Kecamatan Kandangan, SDN Kandangan 1 selalu jadi pionir dalam berbagai lomba setiap tahunnya.

Alleya Dzakiya Thalita Sakhi kelas 4 SDN Kandangan 1 dalam cabor renang ke tingkat Kabupaten Kediri 2024 (8/6)
Aqila Salsabila Aulia Nasrullah, Kelas 4 SDN Kandangan 1 dalam Cabor Pencak Silat mewakili Kandangan di Kabupaten Kediri (8/6)
Karya seni lukis mural di tembok yang dilakukan dan dikembangkan Sunarko Prasetyo SPd kasek SDN Kandangan 1 (8/6)

Kasih pun deras mengalir di sela aktivitas SDN Kandangan 1 itu, kepedulian sesama juga terus ditingkatkannya, guna menyelimuti jiwa yang mengabdi pada Sang Pencipta. Seperti kegiatan amal dan kreativitas juli 2023 lalu, mempersembahkan bingkisan tas, alat tulis lengkap, dan berbagai hadiah lain kepada 141 siswa dari keluarga kurang mampu yang tersebar di semua kelas, serta diantaranya 13 Anak Difabel di SDN Kandangan 1.  “Bantuan itu dimaksudkan agar pemerataan pendidikan dapat langsung dirasakan kepada semua lapisan masyarakat. Terutama, bagi kalangan warga tidak mampu dan mendorong para anak penyandang idsabilitas, agar selalu bersemangat lebih giat lagi dalam belajar menuju anak yang pintar, cerdas dan berkepribadian baik demi menggapai cita-citanya kelak,” ujar Sunarko yang berhobi melukis dinding, seni lukis mural itu penuh dedikasi.

Kasek Sunarko Prasetyo SPd, Ketua Komite Puji Darmowiyono SE beserta para guru SDN Kandangan 1 sangat berkomitmen dan dedikatif demi kemajuan lembaga dan peserta didik (8/6)

SDN Kandangan 1 juga tak berpaling dari aktivitas peningkatan disiplin diri. Yang terakhir, seminggu lalu melakukan komunike bersama antara semua komponen lembaga dengan menggelar kesepakatan moralitas, Mencegah Kekerasan, melalui tanda tangan bersama guru, komite dan semua siswa yang diwakili kelas 4 – 6 dengan membubuhkan tanda tangan di banner dan dipasang di dinding atas luar ruangan Kasek. Nota kesepahaman itu berisi tentang menolak penggunaan obat-batan terlarang, menolak tindakan kekerasan, Bullying atau mengolok-olok, menolak menggunakan petasan, terutama di bulan suci ramadhan ini. 

Para siswa bersemangat untuk sehat dan pintar melalui Minum Obat Cacing (8/6)
Pawai Taaruh jelang bulan suci ramadhan sedang menyusuri perkampungan masuarakat di sekitar kampus SDN Kandangan 1 (9 Maret 2024)
Adik Pramuka Pi SDN Kandangan 1

Menurut Sunarko, apapun upaya selalu kita lakukan demi menciptakan ajang lembaga pendidikan yang berkreativitas, bermutu dan berprestasi. “Melalui persatuan, bergotong royong, bersinergi, saling mengisi antara sekolah, guru, orang tua melalui komite, Dinas, serta masyarakat umum, semua untuk kemajuan peserta didik,” tandasnya.

Kegiatan Happy Family Gathering Day 2023, juga ddiketengahkan dengan berbagai lomba menarik dan kreatif yang mampu membuat semua komponen lembaga berperan dan kompak, saling mengisi. Mulai Loma Bola Naga, Lomba Bola Estafet, Merias Wajah Mama oleh Anak dengan mata tertutup dilanjut Fashion Show hasil karya kreativitas Wali Murid, hingga Lomba Bazar UMKM. Semua tampak seru dan menginspirasi.

Cantik Elegan busana dan penampilan Fashion Show Ibu Walmur dalam Kegiatan Family Gatheraing SDN Kandangan 1 (8/6)
Lomba Merias Wajah Ibu Orang Tua oleh Anak yang ditutup matanya dalam acara Family Gathering Day SDN Kandangan 1
Bazar kelas 1A 1B Ceria dalam acara Family Gathering SDN Kandangan 1 (8/6)
Para Pemenang Lomba Tata Rias Wajah dan Fashion Show memperoleh Hadiah dari Sekolah dan Sponsor Kosmetik OMG
Guru Potensial SDN Kandangan 1 Happy Gathering Day
Fashion Show diperagakan kelas 1B dari baju hasil kreativitas

Rekreatif dan Penghargaan Siswa Prestasi

SDN Kandangan 1 juga melaksanakan Acara pelepasan atau penyerahan kembali siswa kelas VI tahun 2023/2024 berjumlah 67 siswa, 34 anak kelas 6A dan 33 anak kelas 6B, kepada orang tua wali siswa. Kegiatan rutinitas setiap tahun itu  menggelar potensi kemampuan diri oleh para peserta didik, mulsi seni Rebana Sholawat Banjari, Pencak Silat, Tari Merak Tradisi Jawa hingga Tampilan Band Putri Arkasa siswi-siswi cantik kelas VI yang menimbulkan decak kagum semua mata memandang. Luar biasa, Rekreatif, berkesan dan tak terlupakan.

Kamu adalah salah satu siswi terbaik kelas 6 tahun 2024 ini, pertahankan dan tingkatkan prestasimu ya adik (8/6)
Selamat ya Adik Cantik, siswi Prestasi kelas 6 tahun 2024, kamu sangat membanggakan karena prestasimu ditingkatkan lagi ya, (8/6)
Siswa-siswi kelas 6 tahun 2023/2024 SDN Kandngan 1 (8/6)
Peduli Prestasi oleh Pemdes Kandangan bagi siswa-siswi peringkat tertinggi kelas 6 tahun 2023/2024 (8/6)

Acara itu juga sangat edukatif dan inspiratif. Karena, sekolah selalu menghargai para siswa-siswi berprestasi yang kelak akan membangun negeri ini.  Beserta orangtuanya diatas panggung, menerima penghargaan dari Lembaga. “Tentu ini menunjukkan perhatian serius Lembaga dan pesan penting kepada para orangtua, untuk selalu bersama-sama mendorong anak-anak agar meningkatkan kemampuan belajar di setiap kesempatan agar berprestasi,” terang Sunarko menekankan keberhasilan anak adalah karena peran orangtua dan guru harus berpadu.

Para anak-anak berprestasi Gemilang kelas VI tahun 2024 bersama ortunya memperoleh penghargaan dari Lembaga SDN Kandangan 1 (8/6)

Para siswa-siswi prestasi di kelas VI tahun 2023/2024, sebagai rangking Kelas 6A adalah Nakla Tirta Mahanipuna nilai 92,10, disusul Keren Log Hapukh Irana 91,90, serta Billy Nila Hermawan nilai 91,62. Sedangkan Peringkat kelas 6B yaitu Naura Nadin Salsabela nilai 93,90, kemudian Ayudia Kayla Meysha 92,13 serta Syifa Mazaya Azzahra 91,75.

Para siswa-siwi kelas 6A tahun 2023-2024 SDN Kandangan 1 (8/6)
Para siswa-siswi kelas 6B SDN Kandangan 1 tahun 2023-2024 (8/6)

Acara Penyerahan Kembali siswa-siswi kelas 6 tahun 2023/2024 ini dihadiri Pengawas Korwil Kecamatan Kandangan, Pemdes Kandangan, Kasek Sunarko Prasetyo SPd, Ketua Komite Puji Darmowiyono SE, semua guru, pengurus paguyuban semua kelas, Kepala TK Baitul Gufron, Kepala TK ABA 1, Kepala TK Kusuma Mulya 2, dan Kepala TK Dharma Wanita Kandangan.

Program Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB

SDN Kandangan 1, kini membuka peluang putra-putri masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri sebagai Peserta Didik Baru tahun 2024/2025 (8/6)
Potensi siswi SDN Kandangan 1 yang diterus dikembangkan di ekstra Tari oleh para pendidik Gurunya (8/6)
Guru Bahasa Inggris SDN Kandangan 1 sedang membimbing anak-anak sebagai MC berbahasa Inggris. Amazing. Luar biasa (8/6)

Lembaga Pendidikan Dasar Favorit, SDN Kandangan 1, saat ini sudah siap memberi kesempatan kepada masyarakat Kandangan dan sekitarnya, agar mengirimkan anaknya untuk menikmati pendidikan berkualitas berbasis Kompetensi dan Teknologi Digital Berwawasan Global. Pendaftarannya cukup sederhana, diantaranya, berusia 6 tahun pada 1 juli 2024; Mengisi Formulir, disediakan sekolah, atau Pendaftaran Online; Pas Photo Warna 3×4 background merah di kertas Doff sebanyak 4 lembar; Copy Akte Kelahiran atau Surat kenal Lahir 3 lembar; Copy KK terbaru 3 lembar; Copy atas bawah KTP Ayah Ibu 3 lembar; Sertifikat TK (jika Ada) 3 lembar; Copy Kartu Indonesia Pintar / KIP (Jika punya). Atau lebih jelasnya, dapat langsung ke SDN Kandangan 1 di setiap hari kerja.

SDN Kandangan 1 berdedikasi tinggi mengembangkan potensi siswa-siswi meski tak peduli telah berprestasi, inovasi dan kreasi masih terus digali, untuk mendulang prestasi lebih menjulang. Semangat dan selalu berjuang. Bravo …. – (Ajie) –

Load More Related Articles
Load More By Aji Suharmaji
Load More In 01-Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Suci Kasih Sesama dan Toleransi dalam Dharma Shanti se Jatim di Chandra Wilwatikta Pandaan Pasuruan

Kediri (MPN) – Suci Bersinergi. Bernuansa suci dalam inti acara Dharma Shanti tahun …